V60 Hario – Alat Seduh Kopi Pour Over untuk Seduhan Kopi Terbaik

Metode pour over  merupakan metode dalam penyeduhan kopi yang sudah dikenal sejak lama. Metode ini memang tidak sulit namun juga tidak sederhana, karena dalam menyeduh kopi membutuhkan proses yang jeli agar dihasilkan seduhan kopi yang berkualitas dan nikmat. V60 Hario merupakan salah satu alat seduh kopi dengan metode pour over. Secara sekilas bentuk dari alat kopi ini menyerupai cangkir biasa yang digunakan untuk meminum teh. Tampilan seperti inilah yang menajadikan gelas tersebut banyak diperhatikan orang, bentuknya membuat orang penasaran karena meski mirip dengan cangkir biasa untuk teh tapi memang memiliki sisi yang tak biasa.

Hario V60 kini menjadi sangat identik dengan trend pour over yang biasa digunakan di kafe-kafe terkemuka di beberapa kota besar, salah satunya adalah kota Jakarta. Selain itu, alat ini juga sangat cocok digunakan untuk meyeduh kopi hitam di rumah karena memang bentuknya dan metode pour drip mudah diaplikasikan di mana saja, meskipun demikian alat ini membutuhkan proses yang sesuai agar dapat dihasilkan kopi dengan aroma yang kuat.

Alat untuk menyeduk kopi yang salah satunya adalah V60 Hario merupakan alat seduh kopi dengan bentuk kerucut pada bagian bawahnya. Selain berbahan dasar keramik, alat ini juga ada yang terbuat dari kaca, metal maupun plastik sehingga bentuknya persis seperti cangkir biasa yang digunakan untuk teh ataupun kopi itu sendiri. Jika dilihat pada bagian atas alat seduh kopi tersebut biasanya dilengkapi dengan motif spiral yang membuat alat ini tampak unik dan berkesan. Selain itu, alat seduh kopi dari Hario ini memiliki bentuk dan desain yang kokoh dan dapat menyimpan panas lebih lama.

Banyak yang menyatakan bahwa penyeduhan kopi menggunakan alat dengan metode pour over  salah satunya alat seduh Hario tersebut cenderung memiliki karakter kopi yang dapat memberikan kepuasan bagi yang meminumnya, seperti aroma lebih kuat, hasil kopi yang bersih dan menonjolkan karakter-karakter tertentu. Karakter-karakter inilah yang belum tentu didapatkan dengan menggunakn alat seduh dan metode lain selain Hario V60. Alat untuk menyeduh kopi ini memiliki desain yang unik, bagian dalam alat ini berbentuk sirkular yang berkelok. Bentuk inilah yang akan mendukung keterpusatan tekanan air, sehingga tekanan air lebih merata dan degadrasi suhunya bersamaan.

Alat untuk menyeduh kopi Hario dengan tipe V60 merupakan alat seduh kopi asal negeri Sakura, Jepang. Alat ini memang belum banyak dijual di Indonesia, namun yang memnggunakan alat tersebut kini berjumlah banyak. Tidak hanya kafe-kafe yang menjual dan menyajikan kopi saja yang menggunakan alat tersebut untuk menyeduh kopinya, tapi kini alat tersebut sudah banyak digunakan oleh para pecinta kopi untuk menyeduh kopi di rumahnya. Alat ini kini memiliki tempat tersendiri dan penggemar sendiri di kalangan pecinta kopi di Indonesia.

Cara Menyeduh Kopi dengan Hario V60

Alat seduh kopi Hario dengan metode pour over ini memerlukan proses yang tepat agar hasil seduhan kopinya memiliki citarasa dan aroma yang kuat. Berikut cara-cara menyeduh kopi dengan menggunakan alat Hario V60:

1.   Siapkan kertas filter yang akan digunakan, biasanya kertas filter ini dijual terpisah dengan alat seduh kopinya. Selain itu kertas filter di sini ada 2 jenis. Ada kertas filter yang berwaran putih (melalu proses bleaching) dan kertas filter yang berwarna kuning (tidak melalui proses bleaching).


Hario Paper Filter

2.   Lipat kertas filter yang akan digunakan, dan dibentuk kerucut, lalu letakkan kedalam V60.

3.   Kertas filter yang akan digunakan disiram terlebih dahulu menggunakan air panas. Hal ini bertujuan untuk menghindari aroma kertas yang bisa saja tercampur dengan seduhan kopi dan supaya alat V60 dan wadah tersebut panas.

4.   Air bekas yang digunakan untuk menyiram kertas filter sebaiknya langsung dbuang setelah filter itu dirasa bersih dan aromanya sudah hilang, hal ini untuk menjaga aroma kopi yang akan Anda seduh.

5.   Siapkan biji kopi yang akan diseduh, biasanya kami menggunakan 24 gram kopi (dengan ratio 1:15 , artinya kopi 1 gram dengan air 15ml), digiling medium, tidak terlalu halus.

6.   Setelah kertas filter tersebut dirasa bersih, hal selanjutnya adalah memasukan kopi ke dalamnya.

7.   Langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan air panas dari teko secara perlahan. Cara menuangkan airnya pun tidak sembarangan, Anda bisa menuangkan air dari bagian tengah kemudian berlanjut dengan gerakan melingkar.
Tuang air panas sebanyak 50-60 ml dan diamkan kira-kira 30-40 detik, proses ini bertujuan untuk membasahi kopi, biasanya kopi akan mengembang atau disebut dengan blooming (Kopi segar biasanya masih terkandung karbon dioksida didalamnya, sehingga dapat membuat kopi blooming).

8.   Agar hasil seduhannya maksimal, dalam setiap gerakan satu lingkaran Anda perlu mendiamkan sebentar hingga air yang dituangkan terserap hingga bagian dasar kopi. Langkah ini diulangi seterusnya hingga selesai. Durasi 3 menit sampai 4 menit.

Proses yang dilalui dalam proses penyeduhan kopi menggunakan V60 Hario memang tidak terlalu rumit namun perlu diperhatikan setiap prosesnya agar dihasilkan seduhan kopi yang sempurna, aroma yang kuat dan rasa yang nikmat. Untuk takaran tidak ada standar baku, hal tersebut tergantung pada selera masing-masing. Baik itu takaran jumlah kopi yang digunakan maupun air untuk menyeduh kopi tersebut. Anda dibebaskan untuk bereksperimen mengenai takaran yang menurut Anda paling pas.

Alat-alat yang kami gunakan dalam foto ini:

beli v60 hario

17,496 total views, 137 views today

5 Comments
  1. Selamat siang.
    Mohon info harga alat seduh kopi Hario V60 lengkap dengan ketel air dan kertas filter. Bagaimana cara belinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.