10 CARA MINUM ESPRESSO ALA ORANG ITALIA

Kenapa harus seperti orang Italia? Karena espresso –tentu saja– berasal dari Italia.

ORANG Italia memang sudah terkenal akan keseriusan (dan fanatisme) mereka akan budaya kopi. Setidaknya kami telah melihatnya sendiri melalui kunjungan Giandomenico Mercurio yang merupakan orang Italia tulen ke Otten Coffee beberapa waktu lalu.

Bagi sebagian penikmat kopi, mungkin tidak ada kaidah benar atau salah tentang bagaimana harus meminum espresso. Tapi tidak bagi orang Italia. Minum espresso ada aturannya, dan mereka punya patokan mutlak untuk minuman itu karena espresso bagi mereka seumpama agama (selain sepakbola tentu saja) sehingga ritual menikmatinya pun tidak boleh salah. Oh yes, they’re really that snob.

Kalau kamu juga salah satu pencinta espresso dan mungkin “berkiblat” kepada negara penemu espresso tersebut, berikut adalah 10 cara menikmati espresso ala orang Italia.

1. Mengerti dan memahami betul itu espresso.

perfect-espresso

Bagaimana cara kopi diseduh akan menentukan hasil berbeda dari kopi itu sendiri. Sebut saja seperti manual brew (pour over, cafe press, atau vacuum pot) atau espresso. Mesin espresso umumnya menggunakan tekanan 132 pon per persegi untuk mengekstraksi kopi, itulah yang membedakannya dari kopi yang diseduh manual/biasa. Satu cup espresso biasanya terdiri dari 7 gram (bubuk) kopi dan bagi orang Italia tidak dibuat lebih dari 25 detik. Seorang Italia tulen lain bernama Luca Di Pietro, yang merupakan pendiri café Tallucci e Vino yang terkenal di New York mengatakan, “espresso yang baik” bahkan seharusnya tidak terasa terlalu pahit dan tak membuat jantung kamu berdebar.

 

2. Be a snob

Orang Italia, sekali lagi, sangat serius dan cukup snob tentang kopi mereka. Maka, mungkin sebaiknya juga kamu. 😀

 

3. Dibuat dengan cepat

Secara etimologi, espresso berarti express, cepat dan memiliki makna tersembunyi bahwa espresso itu dibuat “khusus hanya untuk kamu”. Karenanya, espresso pun dibuat karena memang ada yang memesannya (secara khusus).

 

4. Pesanlah espresso di bar

Orang Italia umumnya memesan espresso langsung di depan bar. Dan meminumnya saat itu juga di bar. Mereka sangat jarang memesan espresso sambil duduk nyantai di kursi.

 

5. Minum dengan cepat

Espresso umumnya disajikan dalam 1 shot, yang biasanya hanya berkisar kira-kira 30-50 ml. Maka meminumnya pun harus dengan cepat dan sekali teguk pula. Menurut orang Italia, espresso idealnya dinikmati ketika crema masih utuh di atas kopi. Alasannya, crema adalah emulsi dari minyak kopi dan berfungsi untuk “membungkus” espresso dan menjaga agar aromanya tetap sempurna. Namun, crema juga bisa menghilang dengan cepat. Itulah sebabnya kenapa orang Italia yang perfeksionis itu harus meneguknya dengan cepat pula.

 

6. Jangan pernah meminum espresso yang tidak memiliki crema di atasnya

Sekali lagi, orang Italia adalah coffee purist yang cenderung detail untuk urusan kopi yang datang kepada mereka. Termasuk espresso. Mereka tidak akan menerima espresso yang tidak memiliki crema, karena crema dianggap sebagai salah satu indikasi kesegaran dari espresso yang mereka minum.

 

7. Nikmati “tradisi” di sekelilingnya

barista itali
“Pesan espresso di bar dan ngobrol lah dengan baristanya!” Foto oleh Stijn Nieuwendijk.

“Pesanlah espresso di bar, dan ngobrol dengan baristanya” adalah pesan penting yang rata-rata disampaikan orang Italia pecinta kopi. Karena itu adalah soal keramahan dan kehangatan antara kamu dan barista yang membuat espressomu.

 

8. Kamu bisa meminum espresso kapan saja, tapi jangan pernah memesan cappuccino setelah lewat dari waktu sarapan pagi

Di Italia, orang-orang akan mengerutkan kening dan memandang kamu dengan aneh jika kamu memesan cappuccino setelah lewat dari jam 11 pagi. (Sekali lagi, kami sudah membuktikannya sendiri ketika berkunjung ke kafe di Italia beberapa waktu lalu). Apalagi jika memesannya setelah makan malam, atau bersama-sama dengan makanan. Karena cappuccino sejatinya adalah minuman yang berbasis susu dan disajikan hanya untuk pagi hari dan sarapan.

 

9. Jangan pernah menambahkan susu

Karena kalau kamu menambahkan susu ke dalam espresso, maka itu jadinya adalah espresso macchiato. Bukan espresso lagi. :p

 

10. Espresso adalah sebuah gaya hidup, bukan untuk ‘acara khusus’

Karena di Italia memesan espresso di pagi hari bukan merupakan “special occasion”, tapi sudah menjadi gaya hidup. Jadi kamu nggak bisa memaksa barista untuk buru-buru membuat espresso untuk Anda sambil menggerutu.

 

So, selamat minum espresso seperti orang Italia!

 

mesin-espresso

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menggemari komik, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.