10 HAL YANG MEMBUAT SEBUAH COFFEE SHOP SUKSES

Seperti namanya, sebuah coffee shop sudah pasti menyajikan kopi. Tapi untuk meraih kesuksesan, ternyata kopi nikmat saja tidak cukup. Diperlukan beberapa hal agar sebuah coffee shop mampu meraih sukses.

shutterstock_119578489

SAYA sangat menikmati ‘tur’ dari satu coffee shop ke coffee shop lainnya. Selain untuk mencicipi kopi yang mereka jual, tentu juga menikmati suasana yang dikemas dengan cara unik yang beragam. Di era third wave coffee, telah banyak coffee shop lokal bermunculan dengan suasana, rasa, tema serta hal-hal lain yang dikemas dengan pemikiran penuh. Hal tersebutlah yang menyebabkan saya suka mencoba coffee shop baru meski mereka menjual hal yang sama: kopi. Saat traveling saya juga selalu menyempatkan bertandang ke kedai kopi. Dan berkat ‘coffee shop tour’ yang telah saya jalani inilah saya mengambil kesimpulan setidaknya ada 10 hal penting yang membuat coffee shop sukses menarik hati para pengunjungnya.

Kualitas Kopi

Namanya juga coffee shop sudah pasti kualitas kopinya harus diperhatikan. Sayangnya saya sering menemukan coffee shop yang interiornya keren tapi rasa kopinya sungguh mengecewakan. Bagian terpenting dari sebuah coffee shop adalah produk yang kamu jual. Pilih biji terbaik dan olah dengan baik pula.

Menu Kopi yang Lengkap

Coffee shop adalah tempat pelanggan minum kopi. Jadi di sini kopi menjadi inti. Ragam menu minuman kopi sangat diperlukan sedang makanan dan minuman jenis lain bukanlah prioritas. Lain halnya kalau kamu mengusung nama ‘café’ atau ‘restoran’. Jika kamu mengusung label ‘coffee shop’ maka menu dan jenis kopi harus beragam juga. Saya pernah ke sebuah (yang katanya) coffee shop tapi menu flat white dan macchiato saja tidak tersedia. Juga jangan lupa menyertakan cup-to-go karena kamu takkan pernah tahu pelanggan seperti apa yang datang.

shutterstock_187562447

Mengikuti Perkembangan dan Tren

Seperti fashion dan musik, industri kopi juga berkembang. Maka sebuah coffee shop yang baik haruslah aware mengenai hal ini. Seperti sekarang ketika era manual brewing methods telah mewabah, alangkah baiknya coffee shop melengkapi amunisi alat-alat manual brew dan mendidik para baristanya untuk menyajikan kopi dengan metode ini.

Harga

Sedikit banyak faktor harga adalah salah satu hal penting yang membuat sebuah coffee shop sukses. Tak ada orang yang mau datang untuk secangkir kopi yang harganya melewati standar harga. Dan harga yang terlalu murah akan menimbulkan tanda tanya apakah kopi yang dijual benar-benar berkualitas baik. Sebelum membuat daftar harga ada baiknya harus melakukan riset dan perhitungan yang tepat. Harga haruslah tak membobol kantong tapi juga tak merugikan coffee shop itu sendiri. Kalau rasa kopimu nikmat orang juga takkan peduli masalah harga yang sedikit mahal. Karena kepuasan terkadang tak mengenal rupiah. Asal jangan kelewatan.

Barista, Lebih dari Sekedar Pembuat Kopi

Untuk saya barista adalah kunci dari sebuah coffee shop. Mereka bukan hanya sekedar pekerja di balik coffee bar yang bertugas membuat kopi. Mereka lebih dari itu. Barista yang baik adalah barista yang mengenal para pelanggan, mereka tahu apa yang diinginkan pelanggan dan memiliki interaksi kepada siapa saja yang datang. Selain membuat kopi yang nikmat mereka juga harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada siapa saja yang datang. Barista yang mengurung diri di balik mesin espresso tanpa senyum dan sibuk sendiri menurut saya memiliki kesalahan yang fatal bagi kesuksesan sebuah coffee shop.

Product Knowledge

Ini sebenarnya pengalaman pribadi, tapi menurut saya sangat penting untuk dibagi. Suatu hari saya datang ke sebuah coffee shop ternama. Karena sangat ternama tentu ekspektasi saya sangat tinggi terhadap pengetahuan waitres-nya. Saya memesan kopi yang diseduh dengan manual brew method V60. Dan sayangnya waitres yang ada di situ kebingungan dengan apa yang saya pesan padahal jelas coffee shop ini menyediakan apa yang saya maksud. Karena kebingungan waitres tersebut harus memanggil supervisor-nya. Well, coffee shop yang baik haruslah mengajarkan semua pekerjanya tentang produk yang mereka jual. Jika tidak tentu pelanggan yang datang akan dikecewakan.

Kebersihan

Takkan ada orang yang betah datang ke coffee shop yang kotor dan berantakan. Jangan biarkan meja-meja penuh dengan cangkir-cangkir sisa pelanggan berserakan. Sebisa mungkin bersihkan segera meja dan lantai sesaat setelah tamu pulang. Asbak-asbak rokok harus dibuang abunya. Toilet yang bersih juga bisa menjadi nilai plus sebuah coffee shop. Jendela-jendela kaca dan rak-rak bersih juga harus diperhatikan. Pun tempat gula, tempat saus dan benda-benda lainnya harus dibersihkan setiap hari. Tisu dan tusuk gigi juga selalu di isi dan jangan dibiarkan kosong. Ingat, kamu takkan pernah tahu karena banyak orang yang menilai coffee shop-mu justru dari hal-hal kecil.

 

 

Lokasi

Meski tak melulu benar, faktor lokasi adalah salah satu hal yang menunjang suksesnya sebuah coffee shop. Lokasi yang susah dijangkau akan membuat orang malas datang meskipun jika coffee shop tersebut nikmat sejauh apapun akan dicari orang. But again, pilihlah lokasi strategis yang gampang dijangkau orang. Pilihah jalan yang ramai dilalui sehingga gampang terlihat dan membuat orang ingin singgah. Selain itu pilihlah lokasi di dekat pusat keramaian. Misalnya di dekat kampus atau lokasi yang menjadi pusat kuliner. Jika coffee shop kamu berada di mal, pilihlah lantai yang ramai dilalui orang bukan lorong sudut yang sepi pengunjung.

Kenyamanan

Nyaman yang dimaksud di sini mencakup kenyamanan interior, pencahayaan dan juga nyaman terhadap suasana yang dibangun para pekerja yang ada di coffee shop tersebut. Tidak lucu juga kalau sebuah coffee shop yang interiornya didesain ciamik tapi pelayannya jutek dan wajahnya tak bersahabat. Juga sebuah coffee shop harus menyediakan smoking area untuk mereka yang merokok agar asap rokok tak mengganggu mereka yang tidak merokok. Kursi-kursi juga harus diperhatikan apakah nyaman untuk penikmat kopi nongkrong berlama-lama di sana.

shutterstock_173453114

Musik

It’s a little thing but important. Saya sering mengagumi coffee shop yang playlist musiknya asik. Karena sedikit banyak musik membangun atmosfer menyenangkan dari sebuah coffee shop. Like some people said I judge place by its playlist. So do I. Musik yang asik membuat mereka yang datang betah untuk nongkrong berlama-lama. Lagu-lagu berisik akan membuat coffee shop kamu kehilangan sisi cozy-nya. Kalau bisa konsep coffee shop juga disesuaikan dengan playlist asik yang membuat penikmat kopi mau balik lagi balik lagi ke sana.

Ini 10 hal yang membuat coffee shop sukses, kalau versi kamu apa?

beli-kop

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.