News

10 KOMERSIAL KOPI MASA LALU

iklan-kopi-jadul


Kopi sepertinya telah menjad daya tarik tersendiri bagi pecintanya dari masa ke masa. Tak hanya sekarang, berdekade lalu ternyata kopi sudah dikomersialkan melalui iklan dalam kemasan menarik yang mewakili zamannya.

JAUH sebelum kita meneguk kopi seperti sekarang, industri telah menggeliat dengan begitu hebatnya. Mungkin kakek dan nenek kita memiliki cara mereka sendiri dalam menyeduh kopi yang mereka tiru dari iklan komersial yang tersebar di media (baik cetak maupun elektronik). Bahkan sebelum lahir dan merebaknya kekuatan internet, manusia pada zamannya telah bergiat mempromosikan kopi milik mereka dengan cara yang mewakili zaman pada masa itu. Sunguh menarik rasanya menilik kembali bagaimana iklan-iklan kopi yang beredar di masa jauh sebelum third wave era dikumandangkan. Mau tahu bagaimana kira-kira promosi iklan pada masa lampau? Berikut kami paparkan beberapa di antaranya.

iklan-kopi-jadul

Cafe du Monde

Poster iklan Café du Monde mungkin adalah salah satu produk iklan tertua di dunia kopi. Brand kopi ini ada pada 1862 dan iklan ini sendiri ditemukan pada 1899. Café du Monde adalah sebuah brand kopi ala New Orelands yang pengembangan metodenya terinspirasi dari Perancis selama Perang Sipil berlangsung di Amerika Serikat.

iklan-kopi-jadul

Syphon Otomatis Di Dunia

Jika kamu menganggap syphon adalah produk Third Wave Era yang diusung oleh brand kopi tersohor Blue Bottle? Maka kamu salah besar. Jauh sebelum itu semua ada, Sunbeam Otomatic Coffee Master telah menciptakan syphon otomatis mereka yang tak memerlukan kompor pemanas dan mampu menghasilkan 18 cangkir kopi. Wow! Hal ini terungkap dengan ditemukannya iklan ini pada salah satu halaman Life Magazine pada 1943.

iklan-kopi-jadul

Lion Coffee, Kemasan Berseni

Jika sekarang kedai kopi dan roastery artisan sungguh sangat peduli dengan kemasan dan logo dari produk mereka yang “hipster-ish”, maka jangan berbagga hati dulu karena hal ini sudah ada sejak dulu. Setidaknya sebuah brand kopi bernama Lion Coffee memberi sentuhan seni pada logo dan kemasannya yang terlihat sangat keren bahkan untuk masa sekarang.

iklan-kopi-jadul

Kopi Mampu ‘Menghangatkan’

Tampaknya sudah dari dulu kopi terlibat dalam urusan asmara dua hati yang sedang mabuk kepayang. Buktinya adalah satu halaman iklan yang terang-terangan menyebutkan “more coffee.. warmest words to wake up with”. Tentu dengan menyertakan sepasang manusia yang tampak bersemu karena jatuh cinta.

iklan-kopi-jadul

Chase & Sharbon Coffee

Pada 1900 memang sedang marak-maraknya tren advertising yang melibatkan isu seksis. Dan inilah yang sepertinya dimanfaatkan perusahaan kopi Chase & Sharbon Coffee dengan membuat poster iklan seorang suami yang sedang memukul bokong istrinya sendiri. Di masa sekarang mungkin poster ini akan dihujat habis-habisan oleh kaum feminis ya.

iklan-kopi-jadul

Wizard?

Yep! Sebuah iklan komersial yang eye-catching pada masanya dengan tagline “Bill, as a coffee maker, you’re a wizard”. Jelas menunjukkan betapa luar biasanya peracik kopi pada masa itu ya.

iklan-kopi-jadul

Silex, A Dream of Gift

Poster seorang perempuan cantik yang sedang tidur dan memimpikan alat-alat kopi modern ini menunjukkan bahwa perusahaan Silex telah menciptakan modern coffee maker jauh sebelum kita mampu menyeduh kopi kita sendiri. Hebatnya di sini dicantumkan harga sebuah automatic coffee maker yang hanya $13.95 saja. Murahnya.

iklan-kopi-jadul

Silex Coffee Filter

Alat pembuat kopi ini ditemukan pada 1917 dan gilanya tren alat kopi berputar layaknya tren pada fashion. Awalnya kita menggunakan filter, lalu kopi instan, lalu mesin espresso dan kemudian kembali ke kopi filter lagi seperti masa dulu. Setidaknya satu poster iklan dari Silex ini membuktikan perputaran tren itu.

iklan-kopi-jadul

Eropa Kopi Komersial

Eropa sepertinya masih dikenal sebagai salah satu pencipta gaya minum kopi tertua, ya sebut saja espresso dan turunan-turunannya. Pada komersial Coffee with Continental Charm berikut ini contohnya ketika kopi adalah seni dan ritual yang tak bisa dihilangkan dari budaya mereka.

iklan-kopi-jadul

Langkah-Langkah Membuat Kopi

Unik sekali rasanya melihat langkah-langkah membuat kopi dari petunjuk yang dibuat pada 1948 ini. Pada masa itu akurasi jumlah kopi dan temperatur serta waktu penyeduhan sudah sangat diperhatikan. Jadi siapa bilang jika coffee snob itu ada hanya pada masa sekarang?

iklan-kopi-jadul

Inilah beberapa komersial vintage yang bisa kamu sajikan untuk kamu semua. Semoga menghibur dan menambah pengetahuan kalian ya.

Disunting dari sprudge.com

 

cari-kopi

14,031 total views, 7 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply