10 MAKANAN DAN MINUMAN SELAIN KOPI YANG MENGANDUNG KAFEIN

Banyak yang mengira kopi adalah satu-satunya minuman yang mengandung kafein. Faktanya ternyata tidak.

BEBERAPA orang mungkin mengira bahwa kopi adalah satu-satunya sumber kafein. Padahal mereka tak tahu bahwa makanan dan minuman yang mungkin kelihatannya tak mengandung kafein ternyata mengandung zat yang sama seperti kopi. Hanya beberapa orang tidak sadar saja. Kafein sendiri sebenarnya aman dikonsumsi manusia dengan kadar 250 gram atau tiga cangkir kopi sehari. Jangan takut pada kafein karena zat yang satu ini memiliki kebaikan yang tak sedikit untuk tubuh. Nah jika kamu mengira kafein cuma ada pada kopi, berikut ada beberapa daftar makanan dan minuman yang juga mengandung kafein.

 

Minuman Bersoda

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa minuman bersoda yang mereka minum sehari-hari memiliki kafein yang terkandung dalam setiap botol atau kalengnya. Kadar kafein yang terdapat pada setiap minuman bersoda berbeda-beda tergantung kepada brand itu sendiri. Rata-rata 21 – 41 gram kafein terkandung di dalamnya.

 

Kopi Decaf

Bahkan kopi yang sudah dihilangkan kafeinnya pun tak kehilangan kafeinnya 100%. Decaf coffee tetap mengandung kafein meskipun kadar kafein di dalamnya sudah menurun.

Cokelat

Si manis yang disukai siapa saja ini pun memiliki kafein di dalamnya. Kokoa sebagai bahan dasar membuat cokelat dinyatakan memiliki kadar kafein. Dan cokelat semakin pahit dan hitam, maka akan semakin tinggi kadar kafeinnya. Nah, tahu kan sekarang bahwa kafein tak melulu ada pada yang pahit.

Es Krim

Jika ada kandungan cokelat, kopi dan soda pada es krimmu, maka sudah pasti akan ada kafein di dalamnya. Meski kadar kafeinnya tak banyak, setiap scoop pada es krim lezatmu juga mengandung kafein. Jika tak suka kopi tapi butuh kafein, sepertinya es krim bisa jadi pilihan yang tepat.

 

Pil Diet

Sudah diketahui bahwa kafein membantu menurunkan berat badan. Oleh karena itu, di dalam setiap pil diet terkandung kafein. Banyak dari mereka yang ingin menurunkan berat badan juga mengkonsumsi kopi untuk membantu mempercepat penurunan berat badannya.

Kuaci Bunga Matahari

Makanan ringan ini tak disangka-sangka memiliki kandungan kafein di dalamnya. Itu kenapa kuaci jenis ini juga menjadi bahan baku untuk minuman berenergi yang mampu memompa energi mereka yang mengkonsumsinya.

Teh

Peminum teh pasti tahu bahwa dalam setiap cangkir teh yang dikonsumsinya mengandung kafein. Jadi jika peminum teh menghindari mengkonsumsi kopi bukan berarti mereka menghindari kafein. Tapi mungkin hanya tak suka dengan rasanya.

Minuman Berenergi

Namanya juga minuman berenergi, tentulah dibutuhkan kandungan yang memompa energi. Yup, oleh karena itu pada setiap minuman berenergi sudah pasti mengandung kafein karena dipercaya membantu memberi energi.

Permen Penyegar Nafas

Mungkin tak pernah terpikir sebelumnya bahwa permen penyegar mulut ini mengandung kafein di dalamnya.

Pil Pereda Nyeri

Jika secangkir kopi membantu meredakan sakit kepala, maka kamu harus percaya bahwa kafein juga terdapat di dalam pil pereda rasa nyeri. Kafein dipercaya mengurangi rasa sakit nyeri bagi yang sedang menderita sakit.

Kira-kira apa lagi ya makanan dan minuman yang mengandung kafein? Drop your comment ya.

 

Disunting dari foxnews.com

Foto dari blogs.mcgill.ca

dolce-gusto

11,466 total views, 325 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.