10 PERANGKAT KEREN UNTUK PENGGILA KOPI

Ngopi memang ritual sederhana, tapi bukan berarti menikmatinya tidak bisa dibuat terlihat artistik.

SEREMONI menyesap kopi pun ritusnya kian hari kian meluas. Jika dulu penggemar kopi sudah merasa puas dengan minum kopi bersama kawan-kawan sekonco di kedai, kini penggemar yang naik level menjadi ‘penggila’ menganggap kalau ngopi bukan lagi sekedar kegiatan ngobrol-ngobrol tapi sudah lebih dari itu, ia adalah sebuah ritual penting. Sakral, bagi penganut agama manual brew. (Kegiatan) membuat kopi pun menjelma kesenangan sendiri dan menjadi obat bagi jiwa-jiwa yang mungkin rapuh. Lol.

Tidak heran jika belakangan kita juga menemukan semakin banyak produk-produk kopi yang tampil semakin stylish. Keren, istilahnya. Selain diharapkan bisa memuaskan kesenangan para penggemar kopi, produk-produk ini pun kadang sudah dianggap sebagai statement. Nah, dari antara sekian banyaknya produk kopi keren yang kini bermunculan, sepuluh daftar berikut ini adalah beberapa pilihannya. Silakan disimak, siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi Anda para coffee connoisseur. :p

 

1. Balancing Syphon

balancing syphon
Foto oleh Rios Enriquez

Manual brewer satu ini terlihat classy karena desainnya yang mewah, rasanya juga tidak berlebihan jika alat ini berkesan seperti aksesoris di dapurnya para raja. Sebagian besar bahan balancing syphon terbuat dari kaca yang anti panas sehingga bisa mengendalikan suhu pemanasan—suhu yang dihasilkan syphon ini berkisar antara 91-95°C yang merupakan suhu ideal untuk membuat kopi.

 

2. Dutch Lab

DUTCH LAB

Well, ‘ada harga, ada barang’. Sepertinya idiom itu juga berlaku untuk cold dripper kopi ini. Penampilannya mentereng dan rupawan. Bahkan, Dutch Lab pun semacam menjadi simbol prestise di dunia kopi. Ibaratnya, jika masuk ke sebuah kedai dan melongok ada Dutch Lab di sana—mau diakui atau tidak—setidaknya kita pasti menggumam ‘wow!’ meski sekilas. Sudahlah, jangan  bohong. Yang membuat Dutch Lab istimewa, tentu saja, adalah desainnya yang tak jamak. Bisa dibilang, Dutch Lab yang Anda miliki hampir dipastikan desainnya tak akan sama dengan punya orang lain. Pengerjaannya pun dilakukan handmade, dengan bahan-bahan kualitas nomor satu.

 

3. Bodum French Press Eileen

bodum eileen french press
Foto dari The Hive Mag

Plunger coffee keluaran Bodum ini memiliki desain yang hi-fashion dan edgy. Dan, ya, French press ini memang didesain sebagai bentuk penghormatan kepada desainer kenamaan Irlandia, Eileen French (1879-1976). Jadi sepertinya sah-sah saja jika ia disandingkan dengan produk-produk gaya kelas dunia. Selain ditujukan untuk memanjakan para penikmat kopi yang juga pecinta seni, French press ini pun diciptakan untuk mereka yang merindukan suasana classy ala café-café di Paris yang gaya.

 

4. Hario Buono Cooper

Hario Buono Cooper

Hario cooper kettle satu ini segera menarik perhatian sejak detik pertama melihatnya. Bentuknya stylish, desainnya memesona dengan moncong seperti leher angsa—desain ini sendiri diciptakan bukan tanpa alasan. Menurut para ahli kopi, pour over kettle dengan corong leher angsa bisa memudahkan pemakainya untuk mengatur aliran yang diinginkan ketika menuangkan air untuk menyeduh kopi, sekaligus bisa menentukan kecepatan dan penempatan air secara akurat. Kalau belum tahu, fase ini cukup penting untuk hasil akhir kopi yang diseduh.

 

5. Acaia Lunar

acaia lunar

Selain desainnya yang minimalis elegan, coffee scale ini termasuk produk yang (sangat) futuristik dan inovatif. Cocoklah untuk manusia-manusia abad digital yang semakin menginginkan kecanggihan di segala lini. Sekedar info saja, batere scale ini bisa di-charge ulang karena fitur rechargeable USB power supply yang dimilikinya plus two-way timer yang bisa disinkronisasikan dengan ponsel.

 

6. Goat Story

GOAT STORY

Coffee mug dari Goat Story ini memiliki desain yang sangat kekinian, bentuknya seolah ditujukan untuk para kaum urban yang juga penggila kopi. Bukan tanpa alasan sih, mengingat tim dibalik Goat Story sendiri adalah para desainer hipster asal Eropa Timur yang penampilannya tak jamak. Pun tagline mereka saja sepertinya sudah cukup untuk menjelaskan kekerenan produk ini: “Bringing style to coffee drinking.”

 

7. Zasenhaus Lima Coffee Mill

ZASSENHAUS lima

Zassenhaus Lima Coffee Mill adalah manual grinder cantik yang terbuat dari stainless steel terbaik dan acrylic kualitas tinggi. Desain futuristik dan simpelnya menjadikan manual grinder ini disukai. Dilengkapi wadah bagian atas dan bagian bawah yang transparan memungkinkan penggunanya melihat biji kopi sebelum digiling maupun hasil gilingan kopi tanpa membuka penutupnya. Kemudahan lain dilihat dari handle-nya yang dibuat mengikuti bentuk genggaman tangan sehingga memudahkan proses penggilingan.

 

8. Ceroffee

CEROFFEE

Siapa bilang coffee roaster tidak bisa dibikin keren? Nih, Ceroffee ini buktinya. Proses roasting kopi pun bisa dibikin ultramodern dengan perangkat-perangkat internal canggih yang dimilikinya. Ceroffee memiliki plate type ceramic heater, yang disebut-sebut sebagai yang pertama di dunia karena ia menghadirkan infra-red ray sebagai pemanasnya. Fitur ini membuat proses roasting menjadi direct-heated dan homogenous, artinya biji kopi “digongseng” secara langsung dan membuatnya bukan hanya akan matang di luar saja, tapi juga di dalam.

 

9. Kinto Bottlit

kinto bottlit

Ketika sebuah produk datang dari brand bernama Kinto, maka sedikit banyaknya yang langsung terpikirkan di kepala adalah desainnya yang unik. Bukan tanpa alasan, mengingat brand Jepang yang sudah berdiri sejak 1972 ini memang memiliki satu divisi khusus desainer yang bertugas mendesain semua produk mereka. Bottlit sendiri merupakan wadah penyimpanan biji atau bubuk kopi yang terbuat dari kaca yang tahan panas. Karena kacanya juga transparan dan bening, Kinto Bottlit ini pun bisa menjadi dekorasi cantik yang memberi aksen menarik di sudut rumah, bar atau café.

 

10. Espro Toroid pitcher

Foto dari Espro official
Foto dari Espro official

Simpel tapi elegan, membuat milk jug/milk pitcher ini terlihat mewah dengan tak perlu neko-neko. Siapa pun yang melihatnya pertama kali setidaknya bisa dipastikan akan meluangkan perhatian entah semenit-dua menit mengagumi desainnya yang menawan.

 

Sekali lagi, produk-produk ini hanyalah sekian dari sebegitu banyaknya alat-alat kopi keren yang makin memenuhi pasar kopi. Dan dari berbagai pilihan ini, mana yang sekiranya paling ingin Anda miliki?

majalah-banner1

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.