11 MINUMAN YANG KOMPOSISINYA HANYA AIR DAN KOPI SAJA

Komposisinya mungkin hanya kopi dan air saja. Tapi secara ajaib kedua unsur ini bisa menjadi beragam minuman yang berbeda rasa dan sensasinya. 

BAGAIMANA mungkin kopi dan air bisa menghasilkan rasa dan sensasi berbeda? Oh tentu bisa. Jika tak percaya sila simak beberapa menu kopi yang meski hanya dari air dan kopi tetapi beda rupa, rasa dan kenikmatannya.

Espresso

Sudah diketahui bahwa espresso adalah komposisi air dan kopi yang mengalami proses ekstraksi tekanan tinggi dari mesin espresso atau espresso maker manual. Espresso terdiri dari one shot dan double shots atau familiar disebut dengan doppio. 

Ristretto

Yang satu ini hampir mirip dengan espresso tapi ristretto ini hanya setengah dari espresso saja. Biasanya ekstraksi yang dilakukan hanya kira-kira 15 detik saja dengan hasil mungkin sekitar 15 ml. Rasa yang ‘dipotong’ dari espresso ini biasanya membuat orang kurang puas maka di kedai kopi banyak yang memesan dengan double ristretto. Setengah espresso dikali dua. Begitulah. Sedikit berbeda meski sama-sama air dan kopi saja.

Lungo

Kebalikan dari ristreto dan masih saudaraan dengan espresso. Jika ristretto membutuhkan waktu ekstraksi yang singkat maka lungo membutuhkan waktu esktraksi yang panjang. Mungkin sampai satu menitan dengan hasil minuman 130 ml atau lebih.

Cold Brew

Kopi seduh dingin ini hanya terdiri dari kopi yang digiling menjadi bubuk kemudian diseduh dengan suhu ruang. Lalu didiamkan di dalam kulkas selama kira-kira 7 – 9 jam sesusai selera dan kepentingannya. Ajaibnya meski hanya air dan kopi, cold brew bisa memberikan rasa yang rupa-rupa.

Cold Drip

Tetes seduh dingin sedikit berbeda dengan saudaranya cold brew. Cold drip menggunakan alat cold dripper yang berfungsing meneteskan air pada kopi pada waktu yang panjang. Air yang digunakan adalah air suhu ruang dan biasanya menghasilkan kopi yang intens dan berbentuk konsentrat. Lagi-lagi, menu kopi yang satu ini hanya menggunakan kopi dan air saja. Ya, paling-paling orang sering menggunakan potongan lemon agar rasanya lebih asyik.

Cafe con Hielo

Nah yang satu ini adalah espresso yang ditambah dengan batu es. Cafe con hielo biasa dikenal dengan espresso on the rocks. Jadi espresso yang panas itu langsung dituang di atas batu es dan diminum dengan nikmat. Meski hanya terbuat dari kopi dan air, penyajian dan sensasi dingin dan panasnya membuat para peminumnya menagih bahagia.

Filter Coffee

Segala sesuatu yang menggunakan coffee filter dengan metode seduh manual sudah pasti hanya menggunakan air dan kopi, titik tanpa aneh-aneh. Filter coffee bisa termasuk kopi yang diseduh dengan paper filter, cloth filter maupun metal filter.

Japanese Iced Coffee

Dengan kata lain minuman ini adalah filter coffee ditambah batu es. Batu es sudah diletakkan terlebih dahulu pada server sembali kamu menyeduh kopi dengan metode pour over. Rasanya? Tergantung single origin yang kamu gunakan tapi umumnya japanese iced coffee menghasilkan sedap yang manja.

credit: handground

Americano 

Atau biasa disebut dengan kopi hitam. Americano adalah espresso yang ditambah air panas. Saudara kembarnya long black adalah air panas yang ditambah espresso. Ya kira-kira dibolak-baik sajalah dua minuman yang sama-sama hanya berkomposisikan air dan kopi ini.

Iced Americano

Seperti namanya ini adalah Americano yang ditambahi batu es. Sesederhana itu.

Coffee Cubes

Yang satu ini adalah kopi yang dibekukan. Jadi kamu hanya menyeduh kopi hitam seperti biasa kemudian dituang ke dalam cetakan batu es dan disimpan di kulkas hingga beku. Biasanya coffee cubes dinikmati bersama susu dan campuran minuman lainnya.

Sejauh ini hanya ini menu minuman yang hanya terdiri dari kopi dan air saja. Jika kalian menemukan menu lainnya, sila bantu kami menambahkan info di kolom komentar ya!

Foto utama dari regmedia.co.uk

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

5 Comments
  1. Klo di jawa timur kopi tubruk lebih di suka i di giling halus (turkish). Beri gula & air panas, sajikan 🙂 Kadang sisa ampas halus di oleskan ke batang rokok (cethe)

  2. Türk kahvesi (Turkish coffee) alias kopi Turki. Hanya bubuk kopi digiling extra fine & air (plus gula & rempah, sesuai selera), lalu direbus di cezve/ibrik (Turkish coffee pot). Cara seduh kopi tertua di dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published.