15 VARIETAS KOPI DI DUNIA

Kopinya boleh sama hitam. Tapi siapa yang tahu bahwa biji kecil yang nikmat ini berasal dari varietas yang berbeda-beda.

shutterstock_110340128

Ada banyak sekali jenis kopi yang tersebar di seluruh dunia. Kopi-kopi ini dengan ajaibnya tumbuh dan berkembang dengan subur menjadi biji-biji yang memiliki ciri dan cita rasa yang berbeda-beda. Kopi ternyata tak sesederhana meneguk kenikmatannya dalam cangkir. Dan dalam artikel kali ini, Otten Coffee akan memaparkan beberapa varietas atau jenis-jenis kopi yang ada di seluruh dunia.

Bourbon

Jenis kopi ini memberikan cita rasa yang manis, kompleks serta kehalusan yang menarik. This is a pinot noir of coffee. Tanaman jenis itu begitu rapuh dan tidak menghasilkan buah kopi sebanyak jenis kopi yang lain. Kopi Bourbon akan menghasilkan secangkir kenikmatan yang subur dan klasik. Bourbon juga sering disebut sebagai “kopinya kopi”. Sebuah inti sari dari kenikmatan dari tanaman bernama kopi dengan keunggulan jenis varietas yang langka.

shutterstock_174353867

Catimor

Jenis kopi yang satu ini mengambil unsur Robusta yang ada pada kopi-kopi dari daerah Timor. Keasaman kopinya sangat rendah sedangkan bitterness yang ada padanya terkandung begitu tinggi. Jika diproses dengan baik dan benar Catimor akan memberikan after taste herbal yang mengasyikkan. Oh iya, juga sentuhan fruity pada after taste-nya.

Catuai

Sama seperti Catimor, Catuai juga mengandung unsur kopi Robusta pada bijinya. Hal tersebut menyebabkan acidity yang ada padanya sangat rendah sedangkan bitterness terasa begitu kuat. Catuai tumbuh di daerah Timor dan bagian Timur Indonesia. Meskipun pahit, Catuai memberi after taste fruity and herbal flavor pada tiap seduhannya.

Jember

Pada varietas ini ditemukan sugar-browning notes dari karamel, sirup maple dan gula merah. Jember seperti namanya tumbuh di Jawa Timur Indonesia dan melakukan perjalanan melalui India, Yamah hingga ke Ethiopia.

shutterstock_173816543

Caturra

Jenis kopi ini dbedakan dengan bright acidity dan low-to-medium body. Jenis kopi ini pertama kali dikembangkan di Brazil. Tetapi pertama kali ditemukan di Kolombia, Kosta Rika dan Nikaragua. Jenis kopi ini memiliki pohon kopi yang kecil-kecil dan tidak terlalu besar. Biasanya tumbuh di daerah Amerika Selatan sekitarnya.

Colombia

Jenis kopi yang dikenal juga dengan nama Variedad Colombia. Pada kopi ini kamu akan merasakan classic caramel dan aroma cokelat yang dibawa dari sweet, bright dan full-bodied yang dihasilkan bijinya. Tanaman kopi jenis ini menghasikan banyak sekali buah kopi (cherry) dan sangat tahan terhadap penyakit tanaman. Variedad Colombia juga banyak dikelola oleh perkebunan-perkebunan yang tidak terlalu besar.

Gesha

Kopi ini adalah varietas kopi ajaib yang seperti datang dari dimensi alternatif. It’s like a Szechuan peppercorn or the Sun Ra Arkestra, begitu kompleks dari dunia lain. Gesha adalah jenis kopi yang sangat pemilih. Tak ada yang tahu kapan dia tumbuh, di mana dia akan tumbuh dan bagaimana dia tumbuh. Dia memilih sendiri di mana, kapan dan bagaimana dia berkembang. Dia adalah sebuah varietas mengagumkan dengan a delicate, black-tea body dengan a zest of bergamot. Gesha biasanya hanya menghasilkan sedikit cherry, itu juga yang membuatnya eksluksif dan langka. Gesha tumbuh di Amerika Tengah.

shutterstock_171552521

Pacamara

Varietas yang memiliki flavor profile luar biasa dengan sweet citrus notes, balance yang mengagumkan serta floral aromas yang nikmat. Pacarama adalah varietas kopi unik dengan kualitas dan salah satu kopi yang menghasilkan after tastes paling kompleks dari yang pernah ada.

SL28

Scott Laboratories (SL) adalah sebuah perusahaan yang dipekerjakan pemerintah Kenya pada 1930-an untuk mengembangkan varietas kopi yang kuat serta tahan akan kekeringan. SL gagal mengembangkan varietas kopi yang diinginkan pemerintah Kenya tapi berhasil menciptakan biji kopi nikmat dengan rasa sitrat yang intens, manis, seimbang serta kompleks.

SL34

Juga dikembangkan oleh Scott Laboratories. Varietas kopi yang satu ini benar-benar unggul pada medium-to-high altitudes. SL34 memiliki karakteristik yang kompleks dengan keasaman sitrat, heavy moutfeel, clean serta sweetness di after taste-nya.

shutterstock_161919842Tekisic

Varietas yang merupakan cabang dari Bourbon. Tekisic menghasilkan rasa yang luar biasa dengan keasaman berlapis dan heavy mouthfeel. Jenis kopi ini membawa rasa manis yang sangat intens. Rasa yang dibawanya lebih mengarah ke aroma karamel dan gula merah.

Typica

Varietas kopi yang satu ini adalah sesepuh dari semua varietas kopi. Kopi Arabika Typica telah tumbuh, dihibridisasi dan disempurnakan selama berabad-abad. Kualitas disetiap cangkirnya umumnya sangat baik. Typica merujuk pada rasa manis yang luar biasa dengan cleanliness dan body sama baiknya.

Ethiopia Heirloom

Kopi yang satu ini memiliki keindahan yang misterius. Ethiopia Heirloom adalah termasuk ke daalam varietas wildflower yang diturunkan dari hutan alami penuh kopi di bagian Barat Daya Ethiopia. Setiap desa di di daerah ini memiliki jenis-jenis kopi mereka sendiri yang secara turun temurun berabad-abad silam dibentuk oleh tanah, ketinggian dan cuaca.

shutterstock_38609656Villa Sarchi

Jenis kopi ini adalah mutasi dari Bourbon yang memiliki acidity elegan, fruit tones yang intens serta sweetness yang mengagumkan. Pertama kali ditemukan umbuh di di Sarchi, sebuah kota di Kosta Rika. Pohon kopi jenis ini sangat kokoh, sehat dan menjadi pilihan utama bagi perkebunan organik.

Villalobos

Varietas ini adalah cabang dari keluarga Typica yang halus, floral dan kadang-kadang memiliki rasa citrus yang segar. Varietas ini dibawa ke Indonesia pada akhir 1600-an oleh pedagang asal Belanda. Varietas ini memberikan nuances and high fine acidity yang digemari penikmat kopi. Villalobos juga dikenal luas karena memiliki rasa yang kuat dari buah-buahan seperti apricot, persik dan plum.

Di atas adalah beberapa varietas kopi yang berhasil kami rangkum secara singkat dan sederhana. Jika kamu menemukan varietas kopi lain, silakan tambahkan pada kolom komentar dibawah ini ya. Selamat membaca!

beli-kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

14 Comments
  1. Saya pernah mendengar varietas kopi : maragogype, abbesynia….termasuk golongan mana ? Mohon referensi untuk hal itu. Tmsk adakah varietas Tanaman kopi Blue Mountain yg terkenal itu ?

    1. Kopi Maragogype termasuk jenis kopi arabika. yang memiliki ukuran bentuk lebih besar dibandingkan kopi Arabica pada umumnya, karena ukuran biji yang lebih besar inilah kopi ini lebih dikenal dengan nama kopi gajah.
      Kopi ini hanya tumbuh di daerah pegunungan Ijen Jawa Timur dengan ketinggian 1000-1500 m Dpl sehingga dapat dipastikan akan memberikan nilai citarasa lebih diantara jenis kopi yang lain. Bisa kunjungi http://www.rollaas.co.id/rolaspedia/

  2. Maragogype gak cuma tumbuh di jawa timur, di takengon pun ada maragogype. Maragogype ukurannya besar, atau biasa di sebut dgn kopi gajah. Agak sedikit mirip dgn longberry. Rasanya balance, tetapi flat ketika di seduh. Abbesynia juga ada di aceh gayo takengon. Bentuknya seperti perahu, varietas kopi yang menghasilkan rasa yang “enak”.

  3. @kinzio,klo prgi ke Takengon anda akan lngsung melihat kopi Arabica disana,karna disana adalah kotanya kopi,bnyk skali kopi kopi di takengon atau bener meriah

  4. sekedar ingin tahu saja, kalau kopi dengan varietas yang sama tapi di tanam ditempat yang berbeda wilayah, apa akan memiliki rasa atau notes yang sama, atau mungkin mirip atau berbeda sama sekali? dan jika harus mebedakan bagian yang dibedakan itu di masukan dalam konteks apa? terimakasih

    1. Sigararutang lintong sama ciwidey mirip meski tak sama. Typica puntang sama miallo mirip meski tak sama. Itu pengalaman saya meroasting dan merasakannya.

  5. maaf bung…. kalau ingin beli bibit biji kopinya jenis jenis yg tersebut diatas dimana yach…. artinya skala kecil untuk percobaan

  6. Dear redaksi, bolehkah saya menyadur seluruh artikel ini ke majalah kami? dengan menyebutkan asal muasal….

    majalah kami inflight magz

  7. Ilmu yg sangat bermanfaat bagi kami yg awam, yg ingin lebih mengenal kopi, agar bisa lebih faham tentang banyak nya varietas kopi 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published.