17 ISTILAH YANG PERLU DIKETAHUI SAAT MEMESAN KOPI

Dulu sebelum menjadi peminum kopi aktif seperti sekarang saya suka bingung dengan beragam istilah kopi yang saya dengar saat memesan kopi di bar.

MUNGKIN apa yang saya alami di masa lalu juga pernah dialami oleh peminum kopi pemula. Ada beberapa istilah membingungkan yang kerap didengar dan terkadang agak segan bertanya apa maksudnya kepada barista. Kejadian ini semakin sering terjadi saat saya traveling ke luar negeri. Istilah-istilah kopi ternyata ada banyak sekali. Buat kalian yang peminum kopi pemula dan mungkin sering bingung juga. Bolehlah mengintip setidaknya 17 istilah kopi yang sering digunakan saat memesan kopi.

Cap

Singkatan untuk cappuccino atau hot cappuccino. Jika kamu mendengar seseorang memesan cap itu sudah pasti merujuk minuman yang satu ini.

Decaf

Seperti diketahui decaf berasal dari kata decaffeinated yang berarti kopi yang sudah dihilangkan kafeinnya kira-kira sebanyak 95% – 97%. Kopi jenis ini biasanya dipesan mereka yang tidak bisa mengkonsumsi kafein tetapi suka dengan rasa kopi.

Credit : huffingtonpost.co.uk

 

Double

Kata “double” bisa merujuk beberapa hal. Bisa berarti double shot, dua jenis sirup yang dipesan untuk kopi dingin atau blended atau bisa juga double susunya. Double memiliki banyak arti sesuai dengan pesanan para pelanggan.

Dry

Seperti artinya ‘dry’ berarti kering. Ini merujuk pada minuman kopi dengan froathed milk saja. Jadi kopinya tidak mengandung susu melainkan hanya busa (foam) susu saja.

 

Extra

Namanya juga “extra” sudah pasti ada yang ditambah. Semisal ekstra gula, ekstra susu atau ekstra whipped cream dan sirup.

House

Istilah ini adalah singkatan dari house blend atau espresso blend yang ada di kedai kopi. Jadi jika kamu mendengar ada yang bertanya “house-nya apa?” itu tandanya dia bertanya tentang kopi spesial dari sebuah kedai kopi yang biasanya cuma kedai kopi itu saja yang punya. House blend ini umumnya dijadikan minuman espresso blend. 

Credit : huffingtonpost.co.uk
Regular

Seperti namanya regular berarti kopi biasa atau bukan decaf kopi.

 

Quad

Meksi mungkin jarang dijumpai di Indonesia, quad berarti four shots espresso. Biasanya juga dikenal dengan nama double-double di Amerika Serikat.

Skinny

Term ini dipakai untuk memesan minuman yang dibuat dari susu tanpa lemak. Bukan susu biasa.

Shot

Tak hanya berarti single shot espresso tetapi juga terkadang berarti espresso dengan sirup perasa.

Single

Sudah pasti single hot espresso yang langsung teguk.

credit: pinterest

Solo

Minuman yang sudah pasti hanya terdiri dari one shot espresso saja.

Soy

Singkatan dari soya milk atau susu kedelai. Biasanya orang yang memesan ini mungkin tidak bisa mengonsumsi dairy product, vegan atau sedang menjaga kesehatan. Ah kadang-kadang juga bisa karena suka saja, ya?

Sugar-Free

Minuman tanpa gula atau mungkin menggunakan gula rendah kalori. Atau juga bisa diperuntukkan saat memesan minuman yang kadar gulanya dikurangi.

Triple

Berarti three shots espresso. Atau bisa juga minuman yang menggunakan three shots espresso sebagai campurannya.

Wet

Kalau istilah yang ini adalah kebalikan dari dry tadi. Minuman tanpa foam dan memiliki jumlah susu yang banyak sekali. Biasanya istilah ini jarang dipakai kecuali kamu memang menginginkan ekstra susu pada kopimu.

Whip

Sudah pasti yang dimaksud adalah whipped cream ya.

 

Artikel disunting dari thespruce.com

1,664 total views, 14 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.