3 ALASAN KENAPA HARUS BELI ESPRESSO MAKER MANUAL

Manual brewing memang sedang ‘naik daun’. Tapi espresso maker manual pun tampaknya mendadak jadi primadona juga. Mungkin segala yang manual sedang jaya-jayanya.

MESKI alat kopi yang manual sedang mencuri hati banyak penikmat dan pebisnis kedai kopi, namun masih ada saja yang meragukan keasyikan alat kopi ini. Terutama di ranah espresso dan teman-temannya. Padahal, lahirnya espresso maker manual adalah sebuah penciptaan yang keren mengingat bisa dijadikan alternatif bagi mereka yang ingin memiliki espresso maker dengan harga ekonomis. Jangan kira espresso maker manual tak bisa menciptakan kopi enak. Saya saja sempat takjub melihat banyaknya kedai kopi yang cukup berani mengandalkan espresso maker manual. Dari mereka akhirnya saya berani membuat artikel ini dan kenapa akhirnya kalian yang ragu-ragu dengan espresso maker manual harus mengikuti jejak mereka. Berikut tiga alasannya.

Ekonomis

Salah satu espresso maker manual yang paling digemari dan bahkan menjadi senjata kedai kopi budget Rok Presso. Kenapa Rok Presso? Tentu karena harganya yang ekonomis. Untuk harga yang cukup terjangkau Rok Presso mampu bekerja stabil dengan stamina yang lumayan oke. “Satu hari Rok Presso di kedai kopi saya mampu menghasilkan 50 sampai 65 cangkir kopi,” kata salah satu pemilik kedai kopi di Padang. Harga yang murah dan sparepart yang juga murah dan mudah didapat menjadikan espresso maker manual seperti Rok Presso layak untuk dimiliki.

rokpresso

Portable

Ini adalah poin paling penting dari espresso maker manual dan tak bisa dimiliki mesin espresso otomatis lainnya. Alat pembuat kopi ini mudah dibawa kemana-mana dan sama sekali tidak tergantung pada daya listrik. Coba sebut nama-nama semacam Rok Presso, Flair Espresso Maker, Nomad Espresso Maker dan Bellman Stove Top. Semua alat-alat ini sama sekali tidak memerlukan bantuan listrik dalam mengoperasikannya. Belum lagi jenis espresso maker manual yang diciptakan khusus untuk perjalanan jauh seperti Handpresso, Minipresso dan Starresso yang sudah pasti ringan dan gampang dibawa-bawa. Portable adalah kemenangan espresso maker manual yang tak bisa dilawan oleh mesin espresso otomatis lainnya.

Mudah Dioperasikan

Jika mesin espresso otomatis biasanya ribet dan harus memiliki keahlian tertentu dalam menghasilkan espresso, maka espresso maker manual mungkin sedikit lebih mudah mengoperasikannya. Hasil espressonya juga tak bisa dipandang sebelah mata karena rata-rata juga menghasilkan krema tebal yang tak kalah nikmat seperti mesin espresso pada umumnya. Saya sendiri sudah mencoba hampir seluruh espresso maker manual dan setuju bahwa alat-alat ini bisa diandalkan untuk menghadirkan kopi enak setiap hari.

Espresso tanpa listrik - BARU

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.