3 ALAT CANGGIH DI DUNIA KOPI YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Dunia kopi adalah industri yang berkembang pesat tak kenal kendali. Satu per satu alat bermunculan untuk mewujudkan satu hal: kenikmatan tanpa batas.

UNTUK memuaskan para penikmat kopi dalam mencari rasa yang pas bagi selera, maka diperlukan inovasi demi inovasi. Alat-alat kopi bermunculan tiada henti. Jika selama ini kita hanya familiar dengan alat-alat semacam espresso machine, automatic coffee grinder, manual brew tools dan roasting macine, maka alat-alat kopi yang akan Otten Coffee paparkan ini akan sedikit membuka cakrawala kita terhadap industri kopi bahwa kecanggihan demi kecanggihan juga telah mencemari industri yang kita cintai ini. Sebagai penikmat kopi sejati, sudah selayaknya kita mengetahui apa-apa saja alat kopi yang hadirnya telah berperan banyak dalam mencipta kebahagiaan di cangkir kopi kita. Apa saja alat kopi tersebut? Berikut tiga alat kopi canggih dengan high technology yang wajib kamu ketahui. Selamat membaca!

Credit: frugalfrolicker.com
Credit: frugalfrolicker.com

VST LAB Refractometer

Alat kopi yang satu ini merupakan instrumen handy generasi keempat yang telah dikembangkan dan diciptakan untuk menghadirkan hitungan laboratory secara tepat dan presisi ke dalam genggaman. Perhitungan refractometer kopi VST Lab yang akurat dan presisi ini bahkan disamakan dengan dehradration oven yang adalah sebuah karya seni. Refractometer berfungsi untuk mengukur TDS, alias Total Dissolved Solids, alias tingkat kelarutan konsentrasi pada kopi. Dengan mengetahui TDS ini, barista atau penyeduh kopi pun bisa mengetahui apakah kopi tersebut sudah terekstraksi dengan maksimal atau tidak, sehingga baik untuk menjaga konsistensi kualitas kopi yang disuguhkan. VST LAB Refractometer didesain untuk menghitung konsentrasi kopi dengan lebih cepat dan akurat. Alat ini akan secara otomatis mengoreksi temperatur dalam rentang suhu 15-40°C. Jika digunakan dan dirawat dengan baik, refractometer bisa bertahan selama bertahun-tahun tanpa adanya masalah/kendala teknis.

Flickr credit kepada Keith O'Sullivan & mojocoffee.
Flickr credit kepada Keith O’Sullivan & mojocoffee.

Lighttels Coffee Roast Degree Analyzer

Diberkatilah kehadiran alat canggih yang satu karena dirasa sangat membantu para roaster dalam menjaga konsistensitas hasil kopi yang disangrainya. Lighttells Coffee Roast Degree Analyzer ini dengan bantuan NIR Photometer yang tertanam di dalamnya mampu mendeteksi dan memberi tahu para penggunanya proses karamelisasi dari biji kopi (dan bubuk kopi) yang telah disangrai. Jadi secara ajaib alat ini mampu memberi tahu ‘kadar’ tiap biji kopi yang telah disangrai. Sehingga kopi yang telah disangrai akan menghasilkan konsistensitas karena telah dites langsung dengan menggunakan alat ini. Kehadirannya tentu meminimalisir hasil tidak konsisten yang biasa terjadi dalam proses penyangraian. Alat ini mampu menganalisa hasil sangrai dan menerjemahkannya ke dalam angka-angka. Lighttells Coffee Roast Degree Analyzer ini adalah salah satu penemuan canggih yang wajib dimiliki para coffee roasters.

LIGHTTELLS

Portafilter Scace 2

Portafilter yang dilengkapi dengan fitur Scace 2 Thermofilter ini merupakan alat kopi yang akan sangat berguna bagi para barista. Scace 2 thermofilter yang dimilikinya bisa memberikan “informasi” dan gambaran baik tentang temperatur dan tekanan langsung dari mesin espresso. Portafilter ini juga sangat ideal untuk mengukur temperatur dalam 10 level. Thermocouple tipe “T” sangat cepat dan akurat ketika dihubungkan dengan termometer digital.

Credit : bukalapak.com
Credit : bukalapak.com

Sebagaimana sudah diketahui, tekanan adalah salah satu faktor fluktuasi lain yang dianggap penting dalam menjaga stabilitas mesin espresso. Mengetahui berapa tekanan sama pentingnya dengan mengetahui tekanan temperatur/suhu, karena itulah portafilter ini didesain dengan kelengkapan 2 fitur itu sekaligus. Karena kopi bisa terasa berbeda jika disajikan dalam tekanan yang berbeda pula. Thermofilter Scace 2 pada portafilter ini memiliki pressure gauge terintegrasi (dan berisi gliserin) yang akan memberi performa tekanan akurat pada proses ekstraksi. Juga alat ini mampu mengetahui temperatur dan tekanan pada mesin espresso yang tentunya akan memengaruhi espresso yang dihasilkan.

Foto utama dari belaromacoffee.com.au

Lighttells coffee roaster analyzer

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.