3 ALAT KOPI YANG ‘BERSINAR’ DI 2016

2016 akan segera pamit dalam beberapa hari. Sebelum tahun indah ini benar-benar usai, mari sedikit kita flashback membicarakan tiga alat kopi yang ‘bersinar’.

INDUSTRI kopi kian hari kian berkembang. Pun dengan banyaknya kemunculan alat-alat kopi serba canggih dan dibuat untuk memuaskan ritual minum kopi para pencandunya. Setiap alat kopi dan alat seduh kopi yang canggih ini banyak yang berhasil merebut hati pasar dan banyak juga yang sepertinya gagal di pasaran. Tak sedikit memang diciptakan alat-alat kopi, mulai dari mesin hingga dari alat seduh manual. Mulai dari mesin sangrai, mesin penggiling hingga mesin pembuat kopi.

Lalu alat kopi apa yang sebenarnya cukup mencari perhatian sepanjang 2016 ini? Berdasarkan pengamatan Otten Coffee berikut tiga alat kopi yang ‘bersinar’ di 2016. Selamat membaca.

Credit : joshua-s.com
Credit : joshua-s.com

Cafflano Kompact

Setelah kesuksesan Cafflano Klassic yang merebak di seluruh dunia dengan mengusung 4 in 1 konsep, Cafflano kembali memunculkan alat kopi terbaiknya Cafflano Kompact. Mengambil konsep ngopi di mana saja, Cafflano Kompact ini cukup menarik perhatian karena sangat mudah dipakai dan dibawa kemana saja.

Diciptakan tahun 2016, baru-baru ini, oleh Cafflano perusahaan asal Korea yang sebelumnya telah menghasilkan Cafflano Klassic All in One Coffee Maker. Proses produksi Cafflano Kompact juga telah melibatkan banyak sekali prototypes dan percobaan selama bertahun-tahun sebelum disempurnakan seperti bentuk seperti sekarang. Cafflano Kompact terdiri dari beberapa bagian yang cukup ringkas, yaitu airlock cap, etched stainless micro-filter, filter stainless dan brewer Kompact itu sendiri.

Bahannya terbuat dari food grade silicone (di bagian dalam brewer) yang memiliki titik lebur 220°C. Juga dilengkapi dengan pouch yang simpel dan ringkas. Fungsional, ringan dan desain cantik inilah yang membuat Cafflano Kompact unggul dan disebut-sebut sebagai alat kopi mutakhir yang mampu memuaskan para penikmat kopi, khususnya mereka yang sedang melakukan perjalanan.

Trinity One Coffee Brewer

Alat kopi yang ini adalah brewing revolution untuk kopi-kopi specialty. Teknik ini memadukan sejumlah metode brewing yang sudah familiar seperti pour over, sistem tekanan udara dan cold brew. Alat seduh ini mampu mengurangi risiko kekacauan yang mungkin terjadi, cara kerjanya juga fungsional sekaligus memberikan sensasi menyeduh yang menyenangkan.

Tampilan Trinity ONE pun terlihat classy dengan material berkualitas tinggi. Stand dari metal yang menjadi penyangganya terlihat ramping, ditambah dengan sentuhan aksen kayu yang artsy seolah semakin menegaskan kesan bahwa alat seduh ini seolah diciptakan untuk mereka yang benar-benar fanatik akan kopi.

Alat seduh kopi ini semakin terasa bersinar dengan fungsi 3 in 1 yang belum tentu mampu dilakukan oleh alat-alat seduh manual pendahulunya. Pun dengan bentuk dan desain yang begitu ‘kelas’ menjadikannya istimewa bagi mereka yang gemar ngopi dengan style berbeda.

Alto Air

Dari kelas pour over, mungkin kehadiran coffee dripper bernama Alto Air ini adalah yang paling mencuri perhatian. Dripper dengan desain terbaru yang didesain dan dirakit di Inggris ini benar-benar segera menarik perhatian sejak dimunculkan di awal 2016 lalu. Jika umumnya dripper menggunakan lapisan/dinding penyangga untuk filter, maka dripper Alto Air justru menghilangkan fungsi wall tersebut. Karenanya, dripper ini bisa menyokong filter dengan struktur minimalis dan mengelilingi keseluruhan rangkaian proses dripping dengan udara.

Desain Alto Air yang cantik dan stylish ini sudah dipatenkan, bentuk desainnya yang demikian dipercaya membuat aliran air juga tidak terbatasi sehingga bisa menghasilkan ekstraksi yang konsisten. Dripper Alto Air tersedia dalam 4 pilihan warna dan material yang bisa dipilih sesuai keinginan. Dripper Alto Air tidak didesain untuk dilipat dan tidak berfungsi seperti pegas. Well, sebuah penciptaan menarik, unik dan pastinya menambah kekayaan alat seduh untuk penikmat kopi.

 

Foto utama dari metrouk2.files.wordpress.com

 

cari-kopi

 

 

 

 

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.