3 ALAT SEDUH MANUAL YANG (MUNGKIN) BELUM KAMU KENAL

Alat seduh manual memang terdiri dari banyak bentuk dan ragam. Sangkin banyaknya kadang kita luput memerhatikan ada banyak manual brewing methods lain yang layak untuk dicoba hasil seduhnya.

SAYA sendiri sempat takjub dengan banyaknya alat seduh manual yang beredar di industri kopi dunia. Tak cukup dengan nama-nama familiar seperti pour over V60, Kalita Wave, Chemex, Walkure, Aeropress, French Press, Vietnam Drip dan Turkish Coffee dengan ibrik dan cehve-nya, ternyata dari hari ke hari bermunculan saja beragam alat seduh manual yang tak kalah menarik. Tak hanya alat seduh yang saya sebut lagi, di dunia ini masih banyak lagi alat seduh yang namanya luput dari perhatian kita tapi ternyata mampu memberi hasil seduh yang tak kalah nikmatnya. Oleh karena itu, kali ini saya ingin berbagi informasi seputar alat-alat seduh kopi yang mungkin belum pernah kamu dengar namanya. Ya, mana tahu suatu hari nanti terinspirasi untuk memilikinya.

Kinto Faro

Credit by shopgrosche.com
Credit by shopgrosche.com

Alat seduh buatan Jepang ini memang bentuknya sekilas seperti Walkure. Tapi mari lihat lebih dekat lagi. Kinto Faro sama sekali berbeda dengan Walkure meski memiliki bentuk dua wadah yang bertumpuk. Kinto Faro dilengkapi oleh sebuah filter terbuat dari metal yang dilengkapi dengan lubang mikroskopik. Filter ini diletakkan di dalam wadah porselain yang memiliki satu lubang di bagian bawahnya. Nah, jika Walkure memiliki banyak lubang pada sisinya dan tak dilengkapi filter, maka Kinto Faro kebalikannya. Terjadi dua penyaringan pada alat seduh yang berarti “mercusuar” ini. Hasil seduhannya biasanya full bodied dengan clean finished. Yang membuat Kinto Faro dan Walkure identik adalah warna putih, desain dan material yang terbuat dari high-quality porcelain. 

Bodum Pour Over

bodum-pour-over

Di kelas manual brew pour over mungkin kamu sudah familiar dengan nama alat kopi seperti Hario V60, Kalita, bahkan Chemex. Tapi pernahkah kamu mendengar ada alat seduh pour over bernama Bodum Pour Over? Jika belum mari berkenalan dengan pour over keren keluaran Bodum ini. Desainnya memang sekilas seperti Chemex dengan signature shape “jam pasirnya” itu. Tapi Bodum Pour Over ini tidak membutuhkan paper filter karena sudah dilengkapi dengan metal filter khusus dan bersekat. Berbeda dengan metal filter dari brand Able Kone, Bodum Pour Over memiliki bentuk lubang mikroskopik yang lain. Penemunya percaya filter ini mampu mengeluarkan cita rasa yang maksimal dan aroma yang dahsyat saat dinikmati. Tersedia dengan 5 varian warna yaitu merah, biru, hijau, putih dan hitam menjadikan Bodum Pour Over percaya diri untuk bersaing di pasaran.

Balancing Syphon

Syphon adalah alat seduh manual yang sudah begitu beken terdengar di telinga. Setiap orang pun mungkin pernah ngopi dari alat seduh kece ini. Tapi, sudah pernahkah ngopi dengan menggunakan Balancing Syphon Coffee Maker? Alat seduh kopi yang didesain mewah khas bangsawan Eropa ini memang sungguh unik. Tak hanya desainnya yang fancy tapi juga cara kerjanya yang berbeda dari syphon biasa. Didesain menyerupai timbangan dengan dua area wadah berbeda. Di sebelah kiri adalah tempat hasil kopi, sebelah kanan adalah water chamber sekaligus menjelma teko. Jadi air dimasukkan pada water chamber sedang kopi dimasukkan pada wadah sebelahnya. Nyalakan kompor yang ada di bawahnya lalu air akan dipanaskan dan berpindah pada wadah kopi. Setelah selesai kompor akan mati secara otomatis dan kopi tadi berpindah pada water chamber lagi. Karena dilengkapi dengan kran kamu bisa langsung memutar krannya dan menikmat kopi dari sana. Keren bukan?

Foto utama dari  bevcoservice.net

manual brew

 

 

3,309 total views, 8 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.