Recipe Tips

3 CARA MENYEDUH DENGAN SENSASI BERBEDA

pourover


Kopi adalah benda kecil yang berefek besar bagi para penikmatnya. Beragam percobaan dan penemuan terus terjadi dalam dunia seduh menyeduh. Tak pernah habis, tak pernah terkikis.

IDE terus mengalir dan berdatanan silih berganti demi menciptakan dan menemukan sensasi ajaib dalam menikmati kopi. Tak hanya bermain dengan beragam alat seduh manual dan prosesnya, para penikmat kopi juga bermain dengan beragam unsur makanan lain yang bisa memberikan kenikmatan baru yang layak dicoba. Terinspirasi dari eksperimen yang dilakukan seorang rekan kerja di kantor, maka saya pun melakukan beragam ‘campuran’ menarik yang mungkin bisa ikutan kamu coba jika penasaran. Jangan khawatir dan memperdebatkan soal kaidah menyeduh yang benar, karena pada akhirnya kopi adalah soal rasa, bukan cara. Selamat mencoba, kawan.

Credit : grosche.ca

barista in blue uniform driping coffee in coffee shop,

Menyeduh Kopi dengan Kayu Manis
Bukan, ini bukan bubuk kayu manis yang ditaburkan di atas cappuccino atau minuman kopi yang telah siap saji. Tapi kayu manis di sini dicampurkan pada air yang akan digunakan untuk menyeduh. Ya, siapkan air seperti biasa. Lalu ambil beberapa potong kayu manis dan masukkan ke dalam air yang hendak didihkan. Gunakan temperatur 88’C (atau sesuai selera). Masukkan kayu manis bersama air hingga dia mencapai suhu yang diinginkan. Setelah siap, gunakan air panas yang beraroma kayu manis tersebut untuk menyeduh kopi seperti biasa. Kamu bisa menggunakan pour over V60, Chemex atau Kalita Wave. Pilih single origin yang notes-nya rempah. Voila! Sensasi minum kopi beraroma kayu manis nan kaya bisa kamu nikmati selagi hangat.

Credit : 7-themes.com

Credit : 7-themes.com

Menyeduh Kopi dengan Daun Mint
Pasti sudah tak asing dengan aroma daun mint yang khasnya menyegarkan bukan? Yup, daun mint juga bisa menjadi pilihan asik untuk dipakai menyeduh kopi dengan metode seduh manual. Sediakan french press kesayanganmu dan pilih single origin dengan notes or flavor fruity seperti lemon dan jeruk. Panaskan air kira-kira di suhu 89’C. Cuci bersih daun mint lalu tempatkan di dasar french press. Masukkan kopi dan seduhlah kopi seperti biasa. Aroma daun mint akan memberikan kesegaran yang menyenangkan apalagi di cuaca dingin berhujan. Ah, nikmat benar!

Credit : 3.bp.blogspot.com

Credit : 3.bp.blogspot.com

Menyeduh Kopi dengan Perasan Lemon
Jika biasanya menggunakan potongan lemon saat menyajikan kopi seduh dingin atau cold brew, maka kali ini air perasan lemon digunakan untuk menyeduh kopi yang panas. Saya menggunakan syphon di resep kali ini. Siapkan alat dan bahan seperti biasa. Seduh dengan proses yang biasa pula. Pada saat air naik ke tabung atas dan kopi dimasukkan, masukkan juga perasan lemon ke dalamnya. Aduk sebentar lalu sajikan. Segarnya lemon menyamarkan rasa pahit apalagi jika kamu menggunakan single origin yang body dan roasting profile-nya medium. Sebuah kenikmatan tersendiri dengan segarnya lemon, nikmatnya kopi, disajikan dalam kebersamaan yang tak pernah pergi.

Tiga resep seduh di atas adalah cara seduh eksperimental. Jika kamu ingin bereksperimen juga, boleh dicontek cara seduh di atas dan bagi pengalaman kalian di kolom komentar ya!

Foto utama dari gourmetretailer.com

pour-over

9,658 total views, 5 views today

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply
    dwi.jaya
    August 10, 2016 at 11:18 am

    Share pengalaman menyeduh dengan kayu manis & vietnam drip (phin) : Siapkan phin, bubuk kopi, & bubuk kayu manis. Masukkan kopi ke dalam phin seperti umumnya, ratakan dan taburi bubuk kayumanis baru di”tamp” selanjutnya masukkan air panas sesuai takaran kopi..urusan rasa kembali ke selera masing2. 😀

  • Leave a Reply