3 ESPRESSO MAKER PORTABLE EKONOMIS TERBARU

Penciptaan demi penciptaan alat kopi memang takkan pernah berhenti. Di ranah espresso maker manual sendiri kini lahir tiga alat pembuat espresso keren yang ramah untuk kantong kamu.

FAMILIAR dengan espresso maker portable seperti Minipresso, Handpresso, Bellman Stove Top, Rok Presso, Nomad Espresso atau Flair Espresso? Well, kini tak hanya mereka saja yang berjaya mengisi hari-hari para penikmat kopi. Karena sekarang telah lahir tiga alat pembuat espresso portable yang lebih ringan, lebih praktis dan tentunya lebih ekonomis. Nanopresso, Starresso dan Prexo Espresso Maker digadang-gadang akan memudahkan dan mungkin menyingkirkan espresso maker yang sebelumnya telah merebut hati pasar di industri kopi.

Nanopresso 

IDR. 1.200.000

Nanopresso merupakan espresso maker portable dari Wacaco Company yang sebelumnya popular dan sukses dengan keluaran terdahulunya Minipresso. Nanopresso lahir dengan segala kelebihan unggul dan juga merupakan espresso maker manual terbaik di kelasnya.

Adapun kelebihan dari Nanopresso adalah:

  • Power yang besar. Dengan pumping system terbaru yang telah dipaten, Nanopresso bisa mencapai hingga tekanan maksimal 18 bar (261 PSI) untuk menghasilkan kualitas ekstraksi espresso terbaik. Penggunaannya juga sangat mudah dan simpel.
  • Bentuk yang lebih compact dan handy. Nanopresso memiliki desain ergonomis dan lebih pendek sehingga membuatnya lebih compact untuk dibawa saat bepergian. Mudah digenggam dan lebih mudah dikemas. Panjang keseluruhan: 6.14 inchi atau 15.6 cm.
  • Ringan. Dengan berat yang hanya berkisar 336 gram, alat pembuat espresso ini benar-benar sangat ringan. Dan karena didesain untuk dibawa bepergian sebagai travel companion, alat ini juga memiliki konstruksi yang sangat solid.Kapasitas air yang lebih banyak. Tangki air pada Nanopresso bisa menampung hingga sekitar 80 ml air. Bagian tepinya dilapisi dan dilindungi oleh cangkir yang bisa dilepas. Masing-masing bagiannya memiliki heatsink pattern yang bisa menyerap dan melindungi tangan dari panas.
Credit: wacaco.com
  • Semakin lebih mudah digunakan. Idealnya, Nanopresso digunakan bersama dengan bubuk kopi berukuran halus. Alat ini juga 15% lebih mudah digunakan dibandingkan dengan model sebelumnya. Dengan Nanopresso, kekuatan untuk mengekstraksi berada di komponen dalam mesin, bukan di tangan Anda.
  • Desain portafilter yang baru. Proses untuk membersihkan Nanopresso pun sangat mudah. Masing-masing komponen dari portafilter bisa dilepas pasang dengan mudah untuk pembersihan yang lebih menyeluruh.
  • Perlindungan dari goresan. Nanopresso case terbuat dari EVA material dan soft fabric interior lining yang didesain khusus agar fit dengan bentuk/desain Nanopresso sekaligus membantu melindunginya.

Staresso

IDR. 715.000

Starresso adalah espresso maker manual yang berdesain fashionable yang diperuntukkan untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Staresso didirkan pada 2011 oleh coffee fanatics dari China. Mereka melakukan riset yang panjang sebelum membuat Staresso dan mulai dipasarkan pada 2015-2016. Staresso secara mengejutkan menjadi Produk Terbaru Terlaris No. 1 di Amazon dan pada 2016 memenangkan REDDOT Award di Jerman yang merupakan ajang penghargaan desain bergengsi di dunia.

  • Desain modern dan futuristik. Staresso merupakan pionir dari alat pembuat kopi portabel yang memakai sistem manual hydraulic pumpingpada alatnya. Sistem ini mampu memberi tekanan optimal yang membantu penggunanya untuk mendapatkan hasil “espresso professional” seperti lazimnya buatan barista.
  • Working pressure, atau tekanan normal yang optimal. Pada saat membuat espresso, Staresso mampu mencapai tekanan yang umumnya di atas espresso maker portabel rata-rata, yaitu 15-20 bar. (Tekanan bisa lebih tinggi jika Anda menggunakan bubuk kopi yang semakin lebih halus/fine).
  • Sistem yang telah dipatenkan. Staresso memiliki detachable pressure holding system yang telah dipatenkan. Sistem ini menjamin proses tekananwater-brewing yang lebih stabil, juga menstabilkan tekanan jika berada di atas level 15 bar. Pada akhirnya sistem ini membuat siapapun bisa membuat espresso dengan lebih mudah.
Credit: staresso.com
  • Kapasitas bubuk kopi: 5-10 gram
  • Material utama pembuat Staresso aman bagi kesehatan.
    • Tanki air: terbuat dari material PCTG
    • tanpa Bisphenol A, dan silikon untuk menginsulasi tanki air dari panas.
    • Bagian cover dan botton: terbuat dari food graded SUS304 stainless steel
    • Filter: terbuat dari food graded SUS304 stainless steel
    • Cangkir: kaca double-wall vacuum yang tahan panas dan dari high boron silicon, plus case untuk perlindungan dari SUS304
  • Dilengkapi sistem frothing susu. Jika kebanyakan alat pembuat kopi portabel kebanyakan hanya berfungsi untuk membuat kopi atau espresso saja, maka Staresso juga bisa digunakan untuk frothing susu. Staresso memakai sistem tekanan udara untuk proses frothing susu (untuk detail bisa dilihat di video di bawah). Sistem ini memungkinkan susu tidak terkena kontak dengan air (yang umumnya dihasilkan dari uap air) membuatnya tetap segar dan terasa enak.
  • Mudah dibersihkan. Staresso dirakit dengan menggunakan bagian-bagian yang mudah dibongkar pasang sehingga mudah dibersihkan pula.

PREXO Espresso Maker

IDR. 895.000

PREXO adalah alat membuat espresso manual yang kini semakin melengkapi alat-alat pembuat espresso portabel berkualitas tinggi. Alat ini juga memungkinkan Anda untuk membuat espresso berkualitas tinggi dimana saja, kapan saja, hanya dengan membutuhkan air panas dan (bubuk) kopi. Bentuknya yang kecil membuatnya sangat mudah digunakan, karena sistemnya yang mengutamakan prinsip simpel yang lebih mudah.

  • DesainPrexo merupakan sebuah alat pembuat espresso manual yang sangat praktis sekaligus mudah digunakan. Ukurannya pun cukup compact, dengan tinggi 11 cm, diameter 8.5cm, dan berat sekitar 380 gram. Alat pembuat espresso ini memiliki desain low profile dan ultra portable sehingga mudah disimpan dan diletakkan di dalam tas Anda pada saat bepergian, atau melakukan kegiatan outdoor.
  • Material BPA Free, non toxic plastic, dan no phthalates. Prexo terbuat dari material yang tahan panas, antara lain:
    • PES (Polyethersulfone) 200°C, material dari bagian chamber, piston dan retainer. (PES adalah material yang aman sekaligus kokoh yang biasanya digunakan untuk produk-produk botol bayi).
    • PP (polypropylene) 100°C, material dari temper dan filter basket
    • Silicon 200°C, material dari holder dan seal
    • Stainless steel—semua bagian metal yang ada pada Prexo terbuat dari stainless steel. Bagian shaft, washer bearing ball, nut, dan handleterbuat dari stainless steel.
Credit: youtube.com
  • Fitur Fungsional. Alat pembuat espresso ini terdiri dari 5 bagian esensial, termasuk: chamber, filter basket, shaft&piston, dan handle (pegangan) yang bisa dilepas pasang.
    • Filter basket berukuran 60mm yang ideal menampung sekitar 14 gram bubuk kopi (sebaiknya tidak diisi lebih dari 15 gram). Filter basket ini juga bisa digunakan bersama dengan tamper komersil ukuran standar.
    • Kapasitas bagian chamber bisa memuat hingga sekitar 90 ml air panas.
    • Menggunakan tekanan ekstraksi espresso yang stabil, yaitu 5-7 bar. Banyak mesin-mesin lever komersil dioperasikan pada tekanan 5-7 bar. Tekanan yang rendah dianggap mampu menciptakan slow flow rate (aliran ekstraksi yang lebih slow) sehingga memastikan ekstraksi yang stabil pula karena menyeimbangkan berbagai variabel, seperti ukuran partikel bubuk kopi yang tidak sama, pendistribusian bubuk kopi yang tidak seimbang, dan sebagainya.
  • Peringatan:
    • Jangan mengisi air panas ke bagian chamber hingga penuh, sebaiknya isi kurang dari 90%.
    • Untuk memulai ekstraksi, sebaiknya putar handle dengan cepat sebanyak 15 kali rotasi, lalu tunggu hingga 7 detik agar kopi bisa dilembabkan secara lebih merata.
    • Stop ekstraksi setelah mencapai sekitar 25 kali rotasi. Jangan memaksa memutarnya hingga kandas. Jika Anda memaksa memutar/memeras bubuk kopi setelah ekstraksi selesai, produk (bagian bawah chamber) bisa berubah bentuk atau rusak.

Foto utama dari wacaco.com

3,869 total views, 63 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.