Tips

3 FUNGSI KEDAI KOPI SEBENARNYA

ristretto-roasters-20150312141909


Selama ini orang mengira kedai kopi berfungsi sekedar menjadi tempat minum kopi. Padahal, fungsi dasarnya tak sesederhana itu.

KEDAI kopi dibangun dengan motivasi yang berbeda-beda. Para pemilik bisnis kedai kopi membangun kedai kopinya sebagai lahan bisnis, ada juga sebagai hobi meski tak jarang sebagai passion yang membuat jatuh cinta. Untuk peminum kopi, fungsi kedai kopi adalah sebagai tempat minum kopi. Tempat meleburkan rindu terhadap cangkir-cangkir kopi berisi kopi nikmat. Sedang untuk barista, kedai kopi berfungsi sebagai lahan pekerjaan, lahan kebahagiaan dan juga lahan kegemaran. Ada begitu banyak fungsi sebuah kedai kopi, tapi sebenarnya hanya ada tiga fungsi dasar sederhana yang tersirat. Apa sajakah fungsinya itu? Berikut tiga jawabannya.

Credit : sprudge.com

Credit : sprudge.com

Sebagai Tempat Untuk ‘Saling Membantu’

Saling membantu di sini tentu bermakna lebih dari satu. Kedai kopi yang baik adalah kedai kopi yang tak hanya memberi kenikmatan dari tiap teguk, tapi juga pengetahuan sebagai oleh-oleh dan bonus bagi siapa saja yang mampir ke sana. ‘Saling membantu’ berarti penikmat dibantu mengetahui beragam ilmu yang diberikan oleh baristanya. Sedangkan untuk barista, ‘saling membantu’ berarti bertemu beragam manusia baru dan sekaligus menjadi sumber rezeki. Kedai kopi yang baik bukanlah kedai kopi yang menjaga jarak dari konsumen. Tetapi mendampingi mereka dengan beragam keseruan, pengetahuan, pembelajaran dan tentunya ragam edukasi tentang kopi yang mungkin tak bisa didapatkan di tempat lain selain kedai kopi.

Credit : medium.com

Credit : medium.com

Sebagai Lahan Untuk Menjalin Pertemanan

Sebenar-benarnya kedai kopi memiliki fungsi mulia yaitu tempat pertemuan banyak kepala dan berujung pertemanan di antara mereka. Kedai kopi adalah semesta kecil tempat orang-orang asing bertemu dan menjalin obrolan seru yang dipertemukan kopi. Inilah asiknya kedai kopi, segala perbedaan dari ragam manusia bisa berbaur menjadi satu melalui si hitam yang nikmat ini. Ada berapa banyak percakapan yang lahir di kedai kopi? Ada berapa banyak keseruan yang tiba-tiba tercipta? Dan ada berapa banyak persahabatan justru terjalin di sini? Jika kamu belum pernah mendapatkan teman baru di kedai kopi, mungkin kamu kurang lama ngopi di kedai atau memang ngopi di tempat yang salah.

635970608044107061-368620822_maxresdefault

Sebagai ‘Rumah’ Untuk Bersenang-Senang

Satu hal yang tak boleh dimiliki kedai kopi adalah kekakuan. Kedai kopi memiliki salah satu fungsi yaitu sebagai ‘rumah nan nyaman’ tempat manusia di dalamnya bersenang-senang. Tak hanya pelanggan yang datang dan bersenang-senang, para barista dan pekerja juga harus bersenang-senang melakukan apa yang dilakukannya. Jika kamu datang ke kedai kopi dan tidak mampu menemukan kesenangan di sana, berarti kamu salah dalam memilih atau justru kamu tak tahu caranya bersenang-senang. Karena tak mungkin rasanya sebuah kedai kopi keren tak menularkan kesenangan yang tak terkira bagi siapa saja yang mampir ke sana.

Foto utama dari trottermag.com

PAKET CAFE

 

 

3,213 total views, 175 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply