3 HAL KECIL YANG BISA DILAKUKAN SAAT MAIN KE COFFEE SHOP

Setiap orang pasti pernah ke kedai kopi. Tapi pernahkah sesekali mencoba ‘tes’ kecil-kecilan ini untuk kedai kopi yang kamu kunjungi?

KALAU saya orangnya memang suka melakukan riset dan tes kecil-kecilan terhadap kedai kopi yang saya singgahi, apalagi jika kedai kopinya baru. Menurut saya ada tiga hal kecil yang bisa dilakukan sebelum memutuskan kedai kopi ini bakalan jadi tempat favorit atau hanya menjadi tempat singgah lalu terlupakan. Yang mau tahu bagaimana saya melakukan tes kecil-kecilan dan ingin mencobanya juga, berikut ada tiga tipsnya.

Coba Espresso & Coffee Filter-nya

Kenapa harus coba dua-duanya? Karena agar kamu bisa membandingkan apakah kedai kopi ini benar-benar konsisten dalam kenikmatan apapun jenis menu kopi yang disajikan. Jika espresso-nya enak, maka mungkin saja kedai kopi yang kamu datangi ini lihai memilih house blend yang dipakai di kedainya. Dan jika espresso-nya bisa kamu nikmati, bisa jadi menu espresso base lainnya seperti cafe latte, cappuccino dan lain-lain bisa enak juga. Dan kenapa harus coba coffee filter? Ya berbeda dengan espresso, manual brew coffee memerlukan keahlian menyeduh. Juga jika kedai kopi ini memiliki roastery sendiri, kamu kan jadi tahu bagaimana kualitas single origin mereka. Ya siapa tahu kamu juga ingin mengoleh-olehin diri sendiri dengan biji kopi ‘kan?

Credit : shopify.com
Credit : shopify.com

Perhatikan ‘Hal-Hal Kecil’

Hal-hal kecil maksudnya adalah hal lain dari masalah rasa pada kopinya. Misalnya kebersihan kedai kopinya. Apakah coffee bar-nya bersih, meja-meja bebas dari debu dan tanaman yang setiap hari disiram. Atau memerhatikan apakan baristanya selalu tersenyum menyambut yang datang. Apakah baristanya helpful dan informatif? Atau bisa juga apakah playlist kedainya asik, kursi-kursi nyaman, menu yang ada di sana lengkap hingga hal lain seperti tempat parkir yang luas dan aman. Hal-hal kecil ini begitu penting karena menyangkut kenyamanan para pelanggan seperti kamu.

Berapa Lama Bisa Duduk di Coffee Bar?

Pernah mencoba duduk di coffee bar saat ngopi sendirian? Jika belum, cobalah sesekali. Saya percaya jika kamu betah duduk di coffee bar sendirian maka kedai kopi itu adalah kedai kopi yang asik. Jika kamu duduk di coffee bar sendirian sambil kerja dan membaca lalu asik diam di sana berjam-jam maka kedai kopi itu adalah kedai kopi yang nyaman. Dan jika kamu mampu duduk berjam-jam di coffee bar sambil ngobrol asik dengan baristanya, maka kedai kopi itu lebih nyaman dan mendapat nilai plus di hati saya. Barista yang baik adalah barista yang bisa membuat pelanggan merasa nyaman. Dan kedai kopi yang baik harusnya memiliki jenis barista seperti itu.

Foto utama dari cdn-images-1.medium.com

PAKET CAFE

1,122 total views, 6 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.