3 PRIORITAS YANG HARUS DIMILIKI PEMINUM KOPI PEMULA

Sebagai peminum kopi pemula, pasti begitu banyak hal yang membingungkan dalam urusan ngopi. Untuk itu di sini Otten Coffee akan berbagi!

BANYAK peminum kopi pemula yang sama sekali tidak mengerti soal kopi namun mau belajar bertanya kepada tim Otten Coffee. Apa yang harus mereka miliki agar ritual seduh berjalan semestinya. Mereka ingin menyeduh di rumah dengan rasa yang nikmat tapi banyak yang bingung apa saja yang harus diprioritaskan. Belum lagi jika menyangkut budget. Oleh karena itu, secara sederhana kami akan memberi tahu 3 prioritas yang harus dimiliki para peminum kopi pemula.

credit fivesenses

Kopi

Jika kamu ingin menyeduh kopi, sudah pasti membutuhkan kopi. Tanpa kopi apa yang akan kamu seduh? Jika kamu tidak memiliki satu alat kopi pun di rumah, maka saat membeli kopi kamu harus membeli dalam bentuk bubuk. Kenapa? Alasannya sederhana karena kamu tidak memiliki penggiling kopi di rumah. Belilah dalam bentuk bubuk dan disarankan digiling fine to medium saja (halus ke sedang). Dengan adanya kopi kamu bisa membuat kopi tubruk yang tak membutuhkan alat kopi apapun selain air panas dan cangkir. Jangan salah, kopi tubruk juga bisa nikmat kok!

Penggiling Kopi

Sudah punya kopi untuk diseduh dan punya sedikit rupiah untuk membeli sesuatu demi meningkatkan kualitas ngopimu setiap hari di rumah. Maka yang selanjutnya harus kamu beli adalah penggiling kopi manual. Kenapa penggiling kopi lebih penting dari alat seduh kopi? Karena dengan memiliki manual grinder kamu bisa mendapatkan kopi yang segar setiap hari. Kamu bisa membeli biji kopi dan menggilingnya ketika ingin diseduh saja. Lebih efektif ketimbang membeli dalam bentuk bubuk yang sudah pasti mampu menghilangkan sisi rasa dan kesegarannya. Meski belum ada alat seduh, setidaknya kopi tubrukmu bisa dua kali lipat lebih sedap rasanya karena kualitas kopinya benar terjaga.

Credit : wallpaperscraft.com

Alat Seduh Kopi

Bagian selanjutnya yang harus kamu miliki tentunya adalah alat seduh kopi. Alat seduh kopi tentu banyak jenis dan ragamnya. Sebelum memutuskan kamu harus menentukan kamu suka kopi yang jenis apa espresso base atau filter coffee? Jika sudah menentukan mau yang mana barulah memutuskan membeli sesuai budget dan selera. Jika suka seduh manual alat-alat seperti Hario V60, Kalita Wave, Chemex, Aeropress dan French Press bisa jadi pilihan. Sedangkan jika mau espresso maker manual, nama-nama semacam Minipresso, Handpresso, Prexo, Staresso bisa jadi pilihan.

Semoga setelah membaca ini para peminum kopi pemula yang ingin menentukan prioritas dalam membeli jadi terbantu ya. Salam kopi!

490 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.