Coffee Tips

3 HAL SEDERHANA YANG BISA DIPELAJARI DARI STARBUCKS

Credit : cdn.abclocal.go.com


Bicara tentang Starbucks pastilah bicara soal kesuksesan. Untuk itu bolehlah sedikit kita curi ilmu dari kedai kopi asal Seattle Amerika Serikat ini.

JIKA saya ingin membuka sebuah kedai kopi, maka saya akan mencuri setidaknya tiga hal sederhana dari Starbucks. Apapun kata orang tentang gerai kopi terbanyak di dunia ini, buat saya Starbucks layak menjadi panutan dalam berbisnis di bidang kopi. Mari sama-sama kita simak 3 hal yang bisa kita ambil dari perusahaan kopi keren ini. Semoga menginspirasi.

Konsistensi

Apapun ceritanya, Starbucks adalah salah satu kedai kopi paling konsisten di semesta raya. Konsistensi mengenai kualitas, konsistensi tentang ‘memanjakan’ kostumer, konsistensi meningkatkan pelayanan dan konsistensi terhadap pekanya tren kopi dan perubahan. Sejauh ini Starbucks memang membuktikan bahwa mereka adalah perusahaan kopi terkuat dan sangat awas terhadap perkembangan di industri ini. Saat tren manual brew merebak, Starbucks pun ikut serta berlaku sama. Saat tren cold brew muncul, Starbucks tak ketinggalan juga. Bahkan saat seluruh coffee shop third wave era berdandan dengan desain yang khas sepaket dengan communal table-nya, Starbucks pun sesegera mungkin mengubah desain interior gerai mereka. Hal seperti ini yang membuat Starbucks hingga kini tak pernah kalah.

Credit : cbsistatic.com

Credit : cbsistatic.com

Strategi Marketing yang Mumpuni

Tak akan ada perusahaan yang benar-benar sukses maksimal jika strategi marketingnya kurang dan dangkal. Starbucks memiliki tim marketing yang memikirkan apa saja trik agar produk mereka tetap laris dan dibicarakan. Meski telah sukses luar biasa dan tersebar di seluruh dunia, Starbucks tidak berpuas diri. Dari hari ke hari taktik marketing mereka semakin dahsyat. Mulai dari mengangkat isu lingkungan, membuat sensasi dengan menu kopi ajaib seperti Unicorn dan teman-temannya, hingga sengaja menulis nama yang salah pada paper cup para pelanggannya. Intinya untuk meraup sukses sisi marketing harus diperkuat. Karena itulah salah satu faktor agar kamu selalu ada, dicari dan tentunya diingat.

Credit : timedotcom.files.wordpress.com

Credit : timedotcom.files.wordpress.com

Servis

Kalau poin yang ini pasti semua yang pernah datang ke Starbucks juga tahu. Servis para baristanya memang layak diacungi jempol. Starbucks tak hanya peduli soal kenyamanan coffee shop-nya, kenikmatan rasa kopinya, tetapi juga servis baristanya yang untuk saya selalu mengesankan. Para pekerja di sini dilatih sedemikian rupa sehingga mampu membuat pelanggannya merasa akrab dan dekat dengan mereka. Hal ini penting sekali karena jika pelanggan sudah merasa dekat dengan orang-orang yang bekerja di kedai kopi, bagaimana pun mereka akan kerap datang kembali. Dan enggan pergi ke kedai kopi lain. Kedai kopi yang sukses adalah kedai kopi yang mampu mencuri hati para penikmatnya.

Foto utama dari cdn.abclocal.go.com

cari-kopi

 

4,230 total views, 1 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply