3 HAL YANG HARUS DILAKUKAN PENIKMAT KOPI SAAT DI TEMANGGUNG

Ngopi di tempat baru selalu menyenangkan. Kalau kamu belum pernah ke Temanggung, cobalah ke sana, lalu ngopi senikmatnya.

TEMANGGUNG adalah salah satu kota produsen kopi terbesar di Indonesia. Letaknya yang bersebelahan dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, membuat letaknya secara geografis cocok dengan perkebunan kopi arabika maupun robusta.

Di kancah lokal, kopi Temanggung dikenal sebagai kopi yang identik dengan aroma tembakau karena memang perkebunan tembakau juga tidak sedikit di sana. Di kancah internasional, kopi Temanggung sudah pernah memenangi kompetisi di Swedia dan Amerika. Tapi bukan itu yang terpenting. Yang paling penting adalah bagaimana daya tarik kopi Temanggung bagi setiap penikmatnya.

Kalau kamu sedang di Temanggung, ada tiga hal yang harus kamu lakukan.

Keliling Kedai Kopi

Ngopi di Temanggung tak ada habisnya. Tidak sedikit kedai kopi di pusat kota dan pinggirannya. Tentu ini bukan hal yang luar biasa. Di kota lain pun barangkali seperti itu. Namun, yang membedakan kedai kopi di Temanggung dengan tempat lain adalah kopi yang disajikan. Di sini mereka menyediakan kopi-kopi lokal perkebunan Temanggung. Mulai dari yang arabika, robusta, excelsa, hingga liberica. Dari yang elit sampai yang tradisional. Semuanya wajib dijajal, selama itu produk lokal.

Credit : tani-temanggung.blogspot.co.id
Credit : tani-temanggung.blogspot.co.id

Kunjungi petani

Letak geografis Temanggung yang rata-rata dataran tinggi dan pegunungan, tentu menunjang pertumbuhan kopinya. Menjadi hal yang pasti juga, banyak petani kopi di sana. Saya sendiri pernah mendatangi petani kopi di Dusun Jambon, Desa Gandurejo, bernama Mukidi.

Asyiknya, mereka cukup terbuka terhadap orang baru yang ingin tahu soal kopi atau sekedar icip-icip kopi. Beberapa petani selain Mukidi, sudah memiliki rumah produksi sendiri juga. Yang jelas, jika bertandang ke rumah petani, kamu bisa belajar langsung soal perkebunan kopi. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang sudah punya merk kopinya sendiri.

Wisata Alam

Pertama kali saya ke Temanggung, sepanjang perjalanan terlihat rambu-rambu tempat wisata. Maklum, Temanggung yang identik dengan udara sejuk disasar orang dari dataran rendah sebagai tempat berwisata. Cobalah berwisata ke sana. Yang penting, jangan lupa ngopi juga di sana.


 

Penulis: Arya Adikristya, mahasiswa magang di Otten Magazine. Bisa minum kopi, bisa juga tidak minum kopi. Sapa ia melalui akun Twitter/Instagram @adikristya dan Facebook fb.me/AadikristyaN
Editor : Mustika T. Yuliandri
Foto utama dari blog.umy.ac.id/duwikrisyanto/2014/10/14/asal-mula-nama-temanggung

cari-kopi

 

476 total views, 6 views today

Otten Coffee

Otten Coffee adalah coffee source terbesar dan penyedia alat-alat kopi terlengkap bagi para pencinta kopi Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.