3 KOPI TRADISIONAL VIET NAM YANG HARUS DICOBA

Di mana bumi di pijak, di situ kopi diteguk. Dan saya selalu berusaha untuk mencicipi kopi tradisional sebuah daerah agar bisa mencicip sedikit budayanya.

DAN Viet Nam adalah salah satu negara produsen kopi di dunia yang sekali lagi saya singgahi. Negeri ini begitu kaya dan tentunya murah meriah untuk dijelajahi. Kembali ke sini berarti harus kembali pada kopi enak, makanan sedap dan keriuhan kota dan desa yang warna-warni. Dan meski industri kopi spesialti bertumbuh begitu cepat seperti cinta yang menjalar di sanubari, tapi saya tampaknya masih gemar mencoba hal-hal berbau tradisional.

Karena kawan, kopi spesialti ada di mana-mana. Semua orang berlomba-lomba membangun kedai kopi terkeren dan metode dan teori yang terkadang memberi pusing saja. Kenapa kali ini saya tidak mencoba yang tradisional di Viet Nam. Mencicip rasa yang tak ada di belahan bumi lain. Untuk kamu yang juga ingin mengunjungi Viet Nam dan suka dengan kopi-kopi otentik, berikut setidaknya tiga menu kopi yang harus kamu coba.

Ca Phe Sua Da

Si kopi susu dingin bernama ca phe sua da ini adalah kebanggaan warna Viet Nam, kawan. Kemana pun kamu pergi kopi susu dingin yang tidak kekinian seperti negeri kita ada di mana-mana. Ca phe sua da disajikan dengan Viet Nam Drip. Komposisinya adalah robusta pekat yang sedap, susu kental manis, kadang-kadang sedikit bubuk kokoa dan tentu saja batu es. Ca phe sua da disajikan bersama teh tawar yang rasanya ringan. Di warung-warung berkursi mini orang-orang akan menunggu kopi menetes sambil bercakap-cakap. Memperlambat waktu sambil membaca koran atau berdiskusi.

Egg Coffee

Kedai-kedai kopi di Viet Nam pastilah menyediakan menu kopi yang satu ini. Konon Egg Coffee ini sudah ada sejak zaman perang dahulu dan dipercaya sebagai minuman penambah energi khususnya di pagi hari. Egg Coffee ini biasanya disajikan dalam cangkir ukuran kecil dan permukaannya berbusa lembut karena datang dari telur yang dikocok. Komposisinya terdiri dari kopi, susu kental manis, dan telur. Saya biasa menikmatinya dengan menggunakan sendok. Disendokkan pelan-pelan seperti makan pudding. Sedap!

Coconut Coffee

Kopi dengan campuran kelapa ini memang menjadi salah satu menu kopi andalan di Viet Nam. Coconut Coffee bisa dinikmati panas maupun dingin meski saya lebih prefer menikmatinya dingin. Rasa kelapa yang berpadu bersama kopi dan susu terasa begitu segar. Kedai kopi popular semacam Cong Caphe yang tersebar di Ho Chi Minh, Da Nang dan Hanoi ini adalah salah satu kedai yang popular dengan kopi kelapanya.

Foto utam dari : dantricdn.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.