3 MANFAAT DARI LIMBAH KOPI

Bicara soal industri kopi dari hulu ke hilir pastilah tak pernah jauh-jauh dari perkara limbah. Kopi dan prosesnya memang meninggalkan limbah yang jika tidak diolah dengan baik bisa merugikan sekitarnya.

BISA dibayangkan berapa banyak limbah yang dihasilkan kopi dari sebuah perkebunan kopi? Jika satu perkebunan saja bisa menghasilkan limbah sisa proses kopi (pemisahan ceri kopi dengan bijinya) sebegitu banyaknya bagaimana dengan seluruh perkebunan kopi di dunia? Ada berapa banyak limbah yang tersisa bukan? Tapi tenang, kini petani sudah begitu pintar. Dan dengan kepiawaian serta pengetahuan yang mumpuni, para petani dan orang-orang yang terlibat di industri kopi sudah mengolah limbah kopi menjadi beberapa hal yang bermanfaat.

Genjarnya isu lingkungan yang kerap digalakkan membuat pelaku industri kopi berpikir kreatif untuk mengolah limbah kopi. Limbah yang dihasilkan di perkebunan maupun di kedai kopi (berupa ampas) sudah bisa diolah tanpa dibuang begitu saja. Lalu apa saja yang bisa dihasilkan limbah kopi? Simak ulasan di bawah ini.

eksportir biji kopi

Diolah Menjadi Cascara 

Kini cascara telah menjadi idola yang mulai bisa dinikmati para peminum kopi dunia. Pun karena telah menjadi primadona, banyak petani yang mulai mengolah cascara mereka dengan tidak membuang limbah kopi sisa proses begitu saja. Cascara sendiri adalah teh dari kulit ceri kopi yang diolah sedemikian rupa dan kemudian dikeringkan. Setelah dikeringkan cascara kemudian bisa diseduh layaknya teh dan dinikmati seperti menikmati kopi dan teh. Cascara memiliki cita rasa fruity yang kuat. Dengan adanya cascara, limbah kopi kini mulai berkurang jumlahnya.

Sebagai Pakan Ternak

Sudah lama masyarakat di sekitar perkebunan kopi memakai limbah kulit kopi sebagai makanan ternak. Daripada dibuang begitu saja, mereka mengumpulkan limbah dan melimpahkannya kepada peternakan untuk selanjutnya diolah menjadi pakan ternak. Kulit ceri kopi dipercaya baik untuk ternak karena mengandung vitamin plus memiliki rasa yang manis sehingga disukai hewan ternak tersebut.

Sebagai Pupuk Kompos

Ternyata limbah kopi juga bisa dijadikan pupuk kompos yang ternyata baik untuk tanaman. Limbah kopi dinilai layak dijadikan kompos karena bisa diuraikan secara organik. Proses pengolahan dari limbah kopi menjadi kompos dilakukan secara aerobik yaitu memerlukan bantuan oksigen. Pupuk kompos dari limbah kopi ini menjadi alternatif para petani agar mengurangi limbah serta menjadi pilihan tepat mendapatkan pupuk untuk tanaman lain secara lebih ekonomis.

cari-kopi

3,782 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.