3 MINUMAN KOPI YANG (MUNGKIN) JADI TREN DI 2019

Seperti geliat industri lainnya di semesta ini, industri kopi juga akan memasuki era ketika tren baru muncul atau tren lama yang makin tersorot kehadirannya di 2019.

2018 adalah transisi untuk saya, antara hal-hal baik yang datang dan hal-hal buruk yang menepi ke lini masa lalu. Seperti banyaknya tingkat kehidupan yang kita jalani dan berubah seiring zaman, industri kopi dan minumannya juga mengalami perubahan. Di 2018 kemunculan isu-isu #zerowaste, #superfood dan hal-hal tentang kesehatan memengaruhi tren minuman kopi di 2019. Ya, setidaknya pelaku kedai kopi di dunia memprediksi hal ini. Lalu apa saja diramal akan bersinar atau setidaknya mulai bermunculan di menu kedai kopi? Berikut nama-namanya.

Superfood’ Coffee

Mungkin menu kopi seperti turmeric latte, mushroom coffee dan kopi dengan rempah yang berkhasiat tinggi sudah terdengar gaungnya di 2018. Tapi diramalkan di 2019, jenis kopi yang memiliki khasiat untuk peminumnya. Jika di 2018 di dalam satu kota menu-menu kopi ini mungkin hanya ada di dua atau tiga kedai kopi saja, mungkin di tahun ini 5 dari 10 kedai kopi akan menyediakan kopi ‘superfood’ ini di kedainya.

Credit : hartfamilychiro.com

Cascara

Teh dari ceri kopi ini bukan barang baru. Tapi meskipun barang lama, namun cascara tampaknya akan bertengger asyik di kedai-kedai kopi. Hal ini dipicu dari mulainya pertanian kopi yang mengusung tema #zerowaste dan meminimalisir pembuangan. Maklum dahulu cascara adalah limbah di perkebunan kopi, kini banyak petani yang mulai mengolah limbah ini menjadi minuman. Bahkan ceri kopi ini juga bisa diolah menjadi tepung dan aneka bahan makanan juga. Jadi jika cascara mulai merebak dimana-mana, jangan lupa dipesan ya. Hitung-hitung mengurangi limbah!

Vegan Drinks

Bicara isu lingkungan yang meningkatkan kesadaran para penikmat kopi, maka semakin banyak juga yang beralih menjadi vegan. Menu-menu kopi pun diramalkan akan lebih ‘ramah’ untuk para vegan. Jika selama ini non-dairy milk hanya ada di beberapa kedai kopi, maka di 2019 akan semakin banyak kedai kopi yang peduli mengenai hal ini. Karena susu dari produk non-dairy juga tak kalah nikmat kok kalau diracik dengan istimewa. Untuk pelaku kedai kopi, yuk mulai tambah aneka susu nabatinya. Ada almond. kedelai, dan kacang-kacangan lain agar semua bisa menikmati kopi!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.