3 PEMBERSIH DARI BAHAN ALAMI UNTUK ALAT KOPIMU

Jika kamu masih menggunakan deterjen untuk membersihkan alat kopimu, mari beralih pada pemberih alami untuk pengalaman seduh lebih baik.

DULU saya kurang peduli tentang kebersihan alat kopi. Biasanya setelah seduh dengan Aeropress atau Hario V60, saya mencucinya saja dengan deterjen pencuci piring. Padahal deterjen dan sabun cuci tidak disarankan untuk dipakai membersihkan alat seduh karena bisa meninggalkan residu dan aroma ‘khas’ yang akan mengganggu hasil seduh berikutnya.

credit : thekitchn.com

Tak jarang kita sering mendapati hasil seduhan yang beraroma sabun atau rasanya agak berubah. Bisa jadi karena sebelumnya alat seduh itu dicuci dengan deterjen dan aromanya tertinggal di sana.

Lalu bagaimana mengganti deterjen ini untuk membersihkan alat kopi dengan maksimal? Berdasarkan riset dan bertanya pada ahlinya, saya menemukan tiga pembersih alternatif untuk alat kopimu.

Cuka

Cuka dikenal sebagai zat kuat yang efektif dipakai untuk membersihkan aneka noda pada beragam material. Tak terkecuali alat kopimu. Sisa kopi pada Chemex, Kalita Flat Bottom atau cangkir bisa dibersihkan dengan maksimal.

Cara menggunakannya juga gampang. Tinggal siram alat kopimu dengan air biasa, lalu masukkan cuka pada wadah yang dicampur air panas. Setelah itu tuang dan gosok pada alat kopi yang ingin dibersihkan. Lalu bilas dan keringkan. Alat kopimu sudah pasti akan bersih seperti sedia kala.

credit: javapress

Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis dan lemon sudah diketahui khasiatnya dalam menyingkirkan noda kopi pada alat seduhmu. Kandungan di dalam jeruk nipis dan lemon secara ampuh menganggat residu kopi yang membandel di tiap alat kopi.

Cukup bilas alat kopi dengan air biasa. Lalu siapkan jeruk nipis atau lemon. Potong dua dan oleskan seluruh bagian alat seduh dengan jeruk nipis secara merata. Diamkan kira-kira dua menit lalu bilas dengan air hangat. Jangan lupa keringkan.

Baking Soda

Sudah bukan rahasia lagi jika baking soda yang biasa dipakai sebagai bahan pembuat kue ini mampu menghilangkan aneka noda, salah satunya noda kopi di alat seduhmu.

Cara menggunakannya juga mudah. Cukup siapkan wadah dan tuang baking soda tersebut. Kemudian campurkan dengan air hangat dan aplikasikan di alat kopimu. Setelahnya bilas dan alat kopimu bersih daari sisa-sisa kopi.

Foto utama dari ravenbait.com

 

 

 

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.