3 PROSES PENGERINGAN KOPI

Perjalanan kopi dari kebun hingga ke cangkir melewati banyak sekali tahap. Salah satu tahap penting itu adalah proses pengeringan kopi.

KOPI memerlukan proses pengeringan sebelum disangrai. Kadar air pada kopi harus diturunkan hingga mencapai 9-11 persen sebelum disangrai agar hasilnya maksimal. Nah, proses pengeringan kopi ini ternyata memiliki beberapa pilihan. Setidaknya ada 3 jenis proses pengeringan kopi yang biasa dilakukan di industri kopi dunia. Apa saja proses pengeringan kopi itu? Berikut jawabannya.

Credit : fratellocoffee.com
Credit : fratellocoffee.com

Proses Pengeringan Natural

Ini adalah proses pengeringan tradisional yang hanya mengandalkan sinar matahari langsung saja. Biasanya proses pengeringan ini adalah proses yang paling banyak dilakukan oleh petani di Indonesia. Caranya yang dilakukan pun cukup mudah. Hanya dengan meletakkan kopi yang sedang diproses di atas wadah berjaring dan dijemur langsung menghadap sinar matahari. Beberapa koperasi kopi sudah memiliki drying station atau rumah pengeringan yang dibuat sedemikian rupa agar matahari bisa menyerap lebih banyak dari berbagai sisi dan kopi akan lebih cepat kering. Proses pengeringan natural ini memiliki kelemahan jika cuaca sedang buruk atau memasuki musim penghujan.

Pada proses ini biasanya memakan waktu hampir 2 minggu tergantung kondisi alamnya. Juga agar hasil pengeringan dapat menghasilkan hasil maksimal, biasanya setiap 2-3 jam sekali kopi yang dijemur harus dibolak-balik dan diratakan tiap sisinya dengan mengganti posisi sebarnya. Hal ini dilakukan agar semua kopi bisa mendapatkan pengeringan yang merata.

Credit : slurp.coffee
Credit : slurp.coffee

Proses Pengeringan Otomatis

Maksud dari kata otomatis di sini adalah proses pengeringan kopi dilakukan dengan bantuan tenaga mesin. Mesin yang digunakan untuk mengeringkan kopi adalah box dryer atau biasa disebut dengan mesin pengering kopi. Biasanya kopi-kopi yang akan dikeringkan dimasukkan ke dalam coffee box dryer dan memakan waktu pengeringan kurang-lebih 16-18 jam saja. Jika dengan bantuan sinar matahari proses pengeringan bisa mencapai maksimal 2 minggu, maka dengan adanya dryer box ini proses bisa dipersingkat jauh lebih cepat. Dryer box dibutuhkan untuk menghindari cuaca buruk karena tidak bisa mengharapkan sinar matahari sebagai satu-satunya sumber yang bisa mengeringkan kopi. Tapi sayang tidak semua petani memiliki dryer box karena harganya yang cukup tinggi.

Proses Pengeringan Campuran

Seperti namanya, proses pengeringan campuran ini adalah gabungan antara proses pengeringan natural dengan otomatis. Awalnya kopi dikeringkan menggunakan sinar matahari seperti biasa. Lalu setelah kadar air pada kopi menurun hingga menyentuh 30 persen (lebih), pengeringan dilanjutkan dengan menggunakan dryer box. Proses pengeringan campuran mampu memberi hasil maksimal karena tidak memakan waktu yang lama dan juga mendapat asupan sinar matahari yang dinilai baik untuk kopi.

Foto utama dari brewsbrotherscoffee.files.wordpress.com

cari-kopi

 

 

5,279 total views, 9 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.