Tips

3 TIPS FOTO KOPI (COFFEETOGRAPHY) UNTUK PEMULA

ottencoffee


Tren kopi berjalan seiring dengan tren ‘foto kopi’ atau yang lebih dikenal dengan coffeetographyDi media sosial tren ini merebak begitu cepat dan dianggap sebagai salah satu hal paling happening saat ini.

ottencoffee

TAPI tak semua orang paham benar mengenai dunia coffeetograpy yang baru-baru ini telah menjadi ‘lahan baru’ di dunia fotografi. Setelah kemunculan food photography, coffee photography-lah yang disebut-sebut menjadi salah satu ranah paling heboh di media sosial khususnya Instagram. Berdasarkan ini, Otten Coffee sebagai salah satu online coffee store terbesar di Indonesia yang juga sangat menjaga feed Instagram @ottencoffee dengan foto-foto kopi nan indah sering mendapatkan pertanyaan seputar coffeetography ini. Fotografer di balik feed Instagram Otten Coffee Inez Japardi sempat saya wawancara secara ‘tidak sadar’ mengenai bagaimana mendapatkan foto kopi yang bagus. Dan jika kamu adalah pemula yang ingin mencuri ilmu seputar foto kopi, berikut 3 tips sederhananya.

Kenali Produk Kopinya

ottencoffee

Sebelum memfoto produk minuman kopi sudah dipastikan kamu harus mengenali minuman kopi tersebut. Jika tak kenal, tentulah akan kesulitan dan hasilnya tidak maksimal. Yang dimaksud dengan mengenali produk yang akan difoto adalah misalnya kamu akan memfoto cafe latte atau cappuccino, kamu harus paham benar dengan dua jenis minuman kopi ini. Minuman ini adalah minuman dengan foam dan latte art di permukannya. Jika terlalu lama difoto foam bisa ‘turun’ dan latte art bisa kacau. Nilai estetikanya pastilah menurun. Jadi sebaiknya foto sebelum apa-apa yang ada rusak dan berubah bentuk. Kenali apa yang mau kamu foto adalah salah satu kunci dari berhasilnya foto kopi kamu.

Tangkap Momen Secara Detail & Jeli

ottencoffee

Kopi adalah tentang proses bukan hanya tentang hasilnya. Jadi jika ingin foto kopimu menarik dan tidak membosankan cobalah menangkap momen-momen proses seduh kopi secara detail dan jeli. Sesekali kamu bisa memfoto proses blooming pada manual brew pour over. Atau kalau tidak kamu bisa memfoto momen ketika barista mencipta latte art bersama milk jug dan cangkir kopi. Bisa juga menangkap bagian kopi yang menetes saat di seduh dan juga saat kopi dituang yang diikuti asap mengepul sebagai bonusnya. Ada banyak sekali hal yang bisa diabadikan. Salah satunya momen-momen yang detail dan jeli saat proses penyeduhan.

Berani Bermain Angle 

ottencoffee

Sama seperti ranah fotografi lainnya, dalam coffeetography kamu juga harus berani bermain dengan angle. Cari sudut pandang yang menarik dari sebuah momen lalu abadikan dengan dalam sekali jepret. Jika bosan dengan angle yang satu mungkin kamu bisa mengeksplorasi dengan angle lain. Ada banyak teknik juga yang bisa ditiru seperti teknik flatlay. Flatlay sendiri adalah salah satu teknik paling banyak digunakan di dunia media sosial perihal foto-foto kopi ini.

Intinya, jangan pernah takut untuk mencoba dan mengeksplorasi kopi dari beragam sudut pandangmu. Coffeetography adalah ranah untuk bermain-main dengan kopi dan mengabadikannya agar bisa dinikmati ratusan pasang mata.

 

cari-kopi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4,341 total views, 535 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply