3 TIPS MERAYAKAN HARI BUMI ALA PENIKMAT KOPI

Berterima kasihlah kita kepada planet bumi yang menjadi satu-satunya planet di semesta tempat tumbuhnya kopi yang dicintai para penikmatnya.

HARI Bumi Internasional jatuh setiap tahunnya pada 22 April. Beragam cara dilakukan para penduduk bumi untuk merayakan tempat tinggal mereka yang kian hari kian tua dan rusak ini. Begitu pun para pecinta kopi seperti kita. Ada banyak hal yang bisa dilakukan khusus di Hari Bumi Internasional dan mudah-mudahan tetap dilakukan seterusnya. Bumi yang menjadi ibu tempat segalanya lahir dan berkembang sudah sepantasnya kita jaga, rawat dan cintai sepenuh jiwa. Tanpanya takkan tumbuh kopi tempat kebahagiaan mampu diteguk. Dan khusus untuk memeringati Hari Bumi Internasional, berikut ada tips sederhana merayakan ala pecinta kopi.

Selamat Tinggal Paper Cup!
Khusus di Hari Bumi usahakanlah tidak menggunakan paper cup barang sekali saja. Jika benar-benar membutuhkan asupan kopi secara cepat dengan coffee-to-go, bawalah coffee tumbler sendiri. Kamu tak tahu berapa banyak paper cup yang dibuang percuma begitu saja sesaat setelah selesai digunakan. Jangan mau menambah sampah lagi. Paper cup mungkin mudah saja mengurai, tapi pikirkan berapa lama yang dibutuhkan untuk meleburkan lid atau tutup dari paper cup yang terbuat dari plastik? Kalau bisa hadiahkan dirimu dengan coffee tumbler di Hari Bumi nanti. Ada banyak sekali pilihan mulai dari Keep Cup, Hario Uchi Mug, Goat Mug Story sampai Upper Cup bisa dijadikan pilihan istimewa.

Credit : earthday.org
Credit : earthday.org

‘Puasa’ Menggunakan Paper Filter

Untuk yang terbiasa menikamti filter coffee dengan menggunakan paper filter tentulah hidup berpuasa tanpa paper filter adalah hal yang sungguh sulit. Tapi tak ada salahnya mencoba untuk sedikit lebih eco-friendly di Hari Bumi Internasional ini. Seduhlah dengan metal filter dan jika tak ada sesekali seduh dengan french press atau manual methods yang tidak melibatkan paper filter. Tak apalah satu hari saja melakukan kebiasaan ngopi dengan cara berbeda. Mana tahu dengan mencoba hal baru yang lebih eco-friendly kebiasaan ngopi ke depannya akan lebih asik.

Manfaatkan Sisa Ampas Kopi

Sudah bukan rahasia jika ampas kopi memang banyak gunanya. Mumpung pas momennya kenapa tidak mengumpulkan semua ampas kopi dan olah kembali menjadi hal-hal berguna. Bisa dijadikan pengharum, body scrub sampai untuk menyuburkan tanaman. Merayakan Hari Bumi Internasional tak perlu melulu harus dengan hal-hal besar. Hal-hal kecil bermakna juga bisa mengubah begitu banyak hal.

Selamat Hari Bumi Internasional para penikmat kopi!

Foto utama dari waterstreetcoffeeroaster.com

 

135 total views, 7 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.