3 TIPS RAYAKAN IMLEK DENGAN KOPI

Di mana ada kopi di situ ada perayaan. Dan Imlek yang sebentar lagi akan datang sudah saatnya kopi diikutsertakan. Gong Xi Fa Cai!

PECINTA kopi pasti setuju jika di dalam perayaan besar kopi selalu dilibatkan. Tak hanya sebagai ritual dan rutinitas semata, kopi kini sudah diangkat derajatnya sebagai minuman yang selalu ada di berbagai kesempatan termasuk perayaaan Imlek. Imlek atau dikenal dengan Chinese New Year akan segera tiba. Tahun Ayam Api ini menjadi sebuah harapan baru bagi mereka yang merayakannya. Dan bagi kamu pecinta kopi yang juga merayakan hari istimewa ini, marilah bersama-sama merayakannya dengan sentuhan kopi. Berikut tiga tips merayakan Imlek tanpa kehilangan sentuhan kopi.

seduh-kopi-sendiri

Bangkitkan Kembali Semangat Kopi Tiam

Kopi Tiam adalah menu kopi yang tak bisa lepas dari masyarakat Tionghoa. Kedai-kedai kopi klasik dengan cangkir proselain khas bermotif bunga adalah dua hal yang tak bisa lepas dari Kopi Tiam. Di Imlek kali ini kenapa tidak mengunjungi kedai kopi lawas bersama kerabat dan sahabat. Nikmati secangkir Kopi O atau Kopi Peng ditemani roti bakar serikaya atau telur setengah matang. Chinese New Year tak melulu tentang baju baru dan makan besar bermewah-mewah. Mengenang kembali masa lalu sambil bersenda gurau juga mampu membangkit semangat kebersamaan yang tak kalah khidmatnya.

 

Credit : asiawebdirect.com
Credit : asiawebdirect.com

Rayakan dengan Yuanyang

Apa itu Yuanyang? Yuanyang adalah salah satu minuman kopi yang terdiri dari campuran teh (biasanya black tea), susu kental manis dan tentunya kopi. Yuanyang berasal dari Tiongkok dan menjadi minuman yang tetap dinikmati hingga kini. Kata ‘yuanyang’ sendiri berasal dari kata yang berarti ‘bebek mandarin’. Yang di dalam budaya Tiongkok menyimbolkan kesempurnaan cinta karena hewan ini biasanya selalu muncul bersama pasangannya. Yuanyang adalah perpaduan antara dua unsur yaitu kopi dan teh.Nah, mumpung momennya pas, kenapa tidak mencoba mencoba menghadirkan kopi yang satu ini di Chinese New Year. Ajak ibu, bapak, kakek, nenek dan seluruh keluarga bernostalgia menikmati enaknya kopi asal leluhur.

Credit : markmawson.wordpress.com
Credit : markmawson.wordpress.com

Parsel Kopi Bernuansa Serba Merah

Chinese New Year identik dengan kebersamaan. Banyak keluarga yang menyelenggarakan makan besar dan berkumpul dengan keluarga. Untuk kamu yang memiliki keluarga yang juga sesama pecinta kopi, kenapa tidak menhadiahi mereka dengan parsel kopi buatanmu sendiri. Kamu bisa mengisi keranjang hadiahmu dengan macam-macam alat kopi bernuansa Imlek yang merah merekah. Ada banyak sekali pilihan. Mulai dari cangkir kopi merah Acme Cup, coffee tumbler Keep Cup, atau Moka Pot Bialetti yang ikutan merah. Oh iya, kalau yang ingin kamu hadiahi itu barista, kamu bisa memilih barista tools semacam coffee tamper dan milk jug yang juga tentunya berwarna merah, bukan?

Selamat Hari Raya Imlek untuk pecinta kopi yang merayakan. Gong Xi Fa Cai!

Foto utama dari mashable.com

barista-tools

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.