3 TIPS SEDERHANA UNTUK KOPI HITAMMU

Tak ada yang sempurna begitupun dalam urusan kopi. Tapi setidaknya kamu tahu tipsnya untuk mendekati kesempurnaan rasa itu.

BEBERAPA tips untuk menikmati espresso, kopi tubruk dan filter coffee ini kami dapatkan dari berbagai sumber. Dan setelah dibuktikan sendiri ternyata memang benar adanya. Kami setuju dan akan terus mempraktikkannya. Untuk kamu yang ingin mencoba, sila intip tips berikut ini!

Aduk Espressomu

credit: getty images

Tak hanya bubur yang bisa diaduk, espresso pun juga bisa. Apakah kamu termasuk orang yang menikmati espresso tanpa diaduk? Tak mengapa, tak salah juga. Tapi coba sesekali menikmati espresso yang diaduk terlebih dahulu dan rasakan sensasi yang berbeda. Menurut James Hoffman, seorang coffee professional dan penulis The World Atlas of Coffee, espresso lebih bisa dinikmati ketika diaduk sebelum teguk. Espresso meninggalkan krema pada permukaan. Dan umumnya saat diteguk kita mencicip krema terlebih dahulu. Sehingga umumnya yang singgah pertama adalah pahit. Dengan mengaduk espresso sebelum diteguk, kamu bisa merasakan keseluruhan espresso itu sendiri. Sebuah harmoni dalam teguk yang bercampur sempurna. Jadi jangan heran jika espresso sering datang bersama sendok ya. Sendok kecil itu disarankan untuk digunakan.

Diamkan Kopi Tubrukmu 3-4 Menit

Credit : greatist.com

Kopi tubruk pastilah hadir bersama ampas. Tapi ampas tersebut bisa kok tidak ikut serta saat kita teguk. Caranya cukup mudah. Saat secangkir kopi tubrukmu hadir di hadapan, sila diamkan 1 menit dahulu biarkan dia berektstraksi. Kemudian aduk hingga rata. Lalu jangan buru-buru diteguk karena ampas masih mengambang di permukaan. Dan itu akan sangat tidak nyaman saat kamu teguk. Diamkan kurang lebih 3 menit. Semua ampas akan mengendap ke dasar cangkir dan kamu bisa menikmati kopi tubruk nikmat tanpa khawatir ampas kopi akan menempel di gigi.

Aduk Kopi Sesudah Seduh

credit: uberflip

Suka seduh dengan cara manual? Pour over, Aeropress atau yang lainnya? Saat selesai seduh jangan lupa untuk mengaduk terlebih dahulu kopi hasil seduhanmu itu. Bisa dengan menggoyangkan server atau mengaduk dengan sendok. Apapun asalahkan diaduk sempurna. Hal ini dilakukan agar kopi tercampur tepat. Karena seduhan yang jatuh pertama tentu berbeda dengan yang turun terakhir. Oleh karena itu, harus diaduk agar semuanya tercampur dan melahirkan cita rasa berimbang saat dinikmati. Jadi jangan heran ya kalau melihat barista menggoyang-goyangkan server kopi sehabis seduh. Goyang itu ada fungsinya kawan!

 

Foto utama dari shopify.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.