38 COFFEE LAB: PREFERENSI LAIN UNTUK MENIKMATI KOPI SPESIALTI

Kedai kopi ini mungkin tidak terlalu megah, tapi ia adalah (salah satu) pilihan ideal jika ingin menikmati sebenar-benarnya kopi spesialti.

BERADA di area Jalan Dagan yang penuh tempat makan, tepat di belakang sebuah pusat perbelanjaan cukup besar di kota Medan, 38 Coffee Lab menempati sebuah ruko tiga lantai yang terbilang biasa saja. Namun, kita bisa dengan gampang mendeteksi keberadaan kafe ini karena sebuah plang “38 Coffee Lab” terpampang nyata di depan rukonya. Dari luar, desainnya sebenarnya sudah cukup mencolok—menarik perhatian—dibandingkan dengan bangunan-bangunan di sekitarnya. Khas kedai kopi modern. Beberapa bangku dan meja di bagian depan, bola-bola lampu pijar yang digantung di langit-langit, dan dinding kaca yang memantulkan suasana ngopi di ruangan dalam.

38 Coffee Lab sesungguhnya bukan kafe yang asing, setidaknya bagi saya. Kafe ini dikelola oleh Jaya Pranata, Runner Up Indonesia Aeropress Championship 2017, yang belakangan kian sibuk dengan segudang kegiatan dan jadwal-jadwal yang sangat menyita waktunya. (Jika kalian ingin menemuinya di sini, maka sebaiknya datanglah di pagi hari karena sejak tengah hari konon ia sudah melanglang entah kemana).

38 Coffee Lab tampak luar
Jam operasional harap diperhatikan biar nggak zonk. :p

Memasuki dalam kedai kita akan disambut suasana yang hangat karena pendaran lampu-lampu kuning yang dominan. Ada beberapa bangku dan meja yang disusun berdekatan di lantai satu dan sebuah meja bar panjang berjarak tak jauh dari situ. Di meja bar, terdapat mesin espresso Victoria Arduino Black Eagle, dua grinder Simonelli, satu grinder elektrik Hario V60, dan sejumlah perlengkapan alat-alat seduh manual lainnya. Dari sini saja, seharusnya sudah kelihatan bahwa mereka tidak mau main-main untuk urusan kopi, meskipun baristanya suka bercanda dan main-main. Haha.

Pada pilihan single origin, mereka menghadirkan kopi-kopi yang berasal dari roastery luar dan juga Indonesia. Kebanyakan berasal dari roastery spesialti yang sudah familiar namanya. Biasanya pula, mereka selalu memiliki guest beans yang terus berganti setiap waktu. Maka jangan ragu untuk bertanya pada baristanya, apa menu kopi istimewa yang sedang tersedia saat kalian datang.

Jangan ragu bertanya pada baristanya.
Suasana ruangan dalam kafe.
Meja bar berisi seperangkat “alat tempur”.

Saya memesan Ethiopia (Duromina) fully washed dari Cupping Room Coffee Roasters yang tampak menggoda sekali. Diseduh dengan pour over V60 oleh Yopi, salah satu barista 38 Coffee Lab, kopi ini datang ke hadapan saya dengan harum yang semerbak. Saat dicicip, ia memberikan rasa yang tak kalah menawan. Aroma floral, white peach, dan lemon drops. Nah! Membaca tasting notes-nya saja sudah cukup membuat kalian sumringah, kan? Haha.

Sebagai pelengkap ritual ngopi saya adalah camilan favorit yang selalu saya pesan setiap kali ke sini: pisang goreng! Haha. Entah kenapa pisang goreng mereka selalu terasa enak sekali dan renyah dibandingkan dengan pisang-pisang goreng kekinian umumnya. Beberapa menit berikutnya, seporsi uyen (talas goreng) mendarat dengan manis. Camilan ini pun tak kalah yummy dan cocok sebagai teman ngopi.

Ethiopia (Duromina) yang menggoda.

 

Jika kalian sedang lapar, kafe ini juga menyediakan menu-menu yang bisa mengenyangkan perut. Seperti nama kafenya, 38 Coffee Lab, di sini mereka menghadirkan pula makanan-makanan yang cukup eksperimental, misalnya seperti Mie Aceh. Alih-alih menggunakan mie telur (seperti sajian mie Aceh lazimnya), mereka justru menggunakan pasta (yang dipakai untuk spaghetti) sebagai mie-nya. Namun sajiannya tetap dengan bumbu tradisional Aceh. Menarik kan?

Bila sedang bertandang ke Medan dan ingin menikmati kopi spesialti, singgah ke kafenya Jaya ini layak dicoba.

 

38 Coffee Lab

Jalan Dagan no. 38, Medan

Mon-Friday: 10am – 9pm
Saturday:  10am – 10pm
Sunday: 2pm – 9pm

___ 

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.