4 ALASAN AGAR TAK MALAS SEDUH KOPI SENDIRI

Banyak orang yang gemar minum kopi. Tapi tak banyak orang yang mau repot-repot menyeduh kopi sendiri.

MALAS adalah musuh besar hampir semua manusia di muka bumi. Malas juga sering menyerang penikmat kopi. Nah, karena kemalasan ini kadang merugikan diri sendiri dalam urusan ‘ngopi-ngopi’. Maka kali ini Otten Coffee ingin berbagi sedikit alasan kenapa setiap penikmat kopi harus seduh kopi sendiri dan menyingkirkan kemalasan jauh-jauh. Semoga terinspirasi ya. 

Credit : nyt.com
Credit : nyt.com

Kopi yang Diseduh Sendiri Biasanya Lebih Nikmat

Pernah nggak merasa bahwa kopi yang diseduh sendiri berbeda dengan kopi yang diseduhkan barista di kedai kopi? Yep, kadang perbedaan itu berdasar pada metode dan proses penyeduhan yang dipercayai setiap orang. Tak yang lebih tahu tentang dirimu selain dirimu sendiri. Hal itu berlaku juga untuk kopi. Tak ada yang lebih paham selera ngopi-mu selain dirimu sendiri. Oleh karena itu, biasanya kamu jauh merasa lebih puas menyeduh kopi sendiri ketimbang ngopi di tempat lain. Hal ini seharusnya menjadi alasan kuat agar kamu tak lagi malas menyeduh untuk diri sendiri. Karena percayalah, hanya kamu barista terbaik, setidaknya untuk dirimu sendiri. Jadi jangan pernah malas untuk seduh kopi ya.

Credit : rent.com
Credit : rent.com

Meningkatkan Kemahiran Seduh

Seperti kata seorang bijak “practice makes perfect”, maka itulah yang juga berlaku pada rutinitas seduh yang menyenangkan ini. Semakin sering kamu menyeduh kopi maka akan semakin sempurnalah kenikmatan kopi yang kamu hasilkan. Jika kamu malas menyeduh dan sering ‘berselingkuh’ dengan kopi instan, mau sampai kapan mahirnya di dunia kopi? Pompa semangat hingga penuh dan singkirkan rasa malas jauh-jauh. Bangunlah lebih pagi dan siapkan segala yang kamu butuhkan untuk menyeduh. Bermain-mainlah dengan suhu air, rasio air dan kopi dan lain-lain. Temukan kejutan bereksperimen saat menyeduh kopi. Semakin sering bereksperimen bukan tak mungkin suatu hari kamu bisa menjuarai kompetisi barista, bukan?

Credit : squarespace.com
Credit : squarespace.com

Seduh Sendiri Jauh Lebih Hemat

Sudah bukan rahasia jika seduh kopi sendiri akan jauh lebih hemat ketimbang ngopi di coffee shop. Kamu sudah memiliki alat seduh manual macam-macam jenisnya, kenapa nggak seduh sendiri saja, bukan? Tinggal beli single origin dan bisa dipakai untuk memenuhi rutinitas seduh berhari-hari. Jika secangkir kopi di coffee shop kira-kira 30 ribuan harganya, maka dengan single origin tertentu kemasan 200 gram seharga 60 ribuan sudah bisa dipakai ngopi berhari-hari. Seduhlah kopi sendiri dan rasakan hemat dan ekonomisnya jika dibandingkan ngopi di luar sana.

Credit : ncausa.org
Credit : ncausa.org

Unlimited Happiness!

Namanya juga seduh kopi sendiri, sudah pasti kuota ngopi-nya tak terbatas, bukan? Mau nambah satu cangkir tinggal tambah sendiri. Mau ngopi sebanyak dan semampunya tinggal seduh sendiri. Seduh kopi sendiri itu semacam kebebasan tak terbatas untuk ngopi sepuasnya. Ya, kata lainnya unlimited happiness. Juga bisa berbagi kebahagiaan dengan sahabat sesama penikmat kopi juga. Kamu seduh kopi buat mereka dan ngobrol sampai suka-suka. Karena bagaimana pun esensi ngopi itu berbagi, bukan?

manual brew

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

12 Comments
  1. Sangat menginspirasi. Ya biasanya saya terlalu malas bangun lebih pagi untuk menyeduh. Apalagi semuanya serba manual. Manual grinder, V60, manual roasting. Tapi memang, rasa kopi buatan sendiri lebih nikmat daripada kopi seduhan orang lain atau kopi sachet. Makanya terkadang saya menyesal tidak bawa kopi sendiri dari rumah. Thanks Otten.

  2. Bener banget mbak. Jadi kek lab sendiri dapurnya riset buat takaran pas ngopi. Apalagi sejak kehadiran alat seduh baru makin semangat nyeduh sendiri.

  3. nyeduh kopi sendiri di rumah malah nggak sempat krn nggak punya pembokat & keburu sibuk bebersih rumah 😀 Sempatnya di kantor, tapi jadinya milih alat yg nggak ribet cuci+bilas nya 😀

  4. Saya penggemar minum kopi buatan sendiri di rumah pakai V60 atau frenchpress. Mohon share dari teman2, apa fungsinya untuk manual brew V60 menuang airnya pakai kettle yang leher kecil panjang? Thx

    1. Esensi menggunakan V60 adalah tekanan air baik itu spiral maupun central. Apabila menggunakan kettle leher angsa kita bisa mengatur debit air yang jatuh dan membuat pola lingkaran secara lebih stabil. Selain itu seluruh bagian serbuk kopi bisa bersentuhan dengan air secara merata & konstan sehingga kopi akan lebih ter ekstraksi dengan sempurna.
      Faktor seperti teknik menuang, timing, suhu, jenis air & kadar mineral, besaran ukuran serbuk, kesegaran kopi juga patut diperhatikan kalau menggunakan alat sederhana tapi mengasyikkan seperti V60. Anda pasti akan kaget akan hasilnya, perubahan sedikit pada masing2 faktor akan menghasilkan rasa kopi yang berbeda2, event it just 2 Celcius hotter or colder .So just have fun, it more like playing in your playground 🙂 enjoy your V60

  5. Sejak mempunyai peralatan manual brewing, Coffee grinder, V60, Kalita, Gooseneck kettle, saya semakin semangat meracik kopi utk dinikmati bersama teman-teman di kantor. Tiada hari tanpa brewing coffee

  6. tak ada kata malas untuk mencoba, berkreasi dengan menyeduh sendiri akan mendapatkan satu kenikmatan tersendiri dalam segelas kopi yang kita buat….lets brewing to good taste more

Leave a Reply

Your email address will not be published.