4 ALASAN MINUM KOPI SEBELUM BEROLAHRAGA

Berolah raga itu baik untuk kesehatan. Minum kopi sebelum berolahraga ternyata lebih baik lagi.

Kita sering mendengar bahwa kopi baik diminum sebelum melakukan olah raga. Tapi mungkin beberapa orang belum tahu kenapa sangat disarankan minum kopi sebelum melakukan olah raga. Kopi adalah superfood atau lebih dikenal sebagai salah satu asupan stamina yang membantu kamu lebih aktif dan energik saat melakukan olah raga. Kopi tak hanya sekedar minuman mengusir kantuk, kafein yang ada padanya memberikan efek baik khususnya bagi mereka yang akan melakukan aktivitas work out.

 

Sebuah studi di Spanyol yang diterbitkan oleh International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengatakan bahwa atlet yang mengonsumsi kafein sebelum latihan terbukti membakar 15% kalori lebih banyak untuk tiga jam setelah latihan. Lalu apa lagi manfaat minum kopi sebelum work out? Berikut empat alasannya.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Penelitian di Jepang telah meneliti efek kopi pada sirkulasi darah mereka yang bukan peminum kopi. Setiap peserta meminum masing-masing secangkir kopi. Sebagian peserta meminum kopi berkafein dan sisanya meminum kopi tanpa kafein. Setelah itu para peneliti mengukur sirkulasi darah masing-masing peserta dan seberapa baik kafein bekerja pada pembuluh darah para peserta tersebut. Mereka yang meminum kopi berkafein terbukti mengalami peningkatan sirkulasi darah sebanyak 30% selama 75 menit daripada mereka yang minum kopi tanpa kafein. Di sini terbukti bahwa sirkulasi yang baik menghasilkan latihan yang baik karena otot manusia membutuhkan oksigen lebih banyak pada saat berolah raga.

Mengurangi Nyeri

Para ilmuan di University of Illinois menemukan fakta bahwa mengonsumsi kafein dua atau tiga cangkir kopi satu jam sebelum berolah raga dengan tingkat intensitas tinggi selama 30 menit terbukti mampu mengurangi nyeri pada otot. Dengan kata lain kafein membantu kamu berolahraga lebih keras dengan rasa sakit yang lebih sedikit.

Membantu Daya Ingat

Sebuah studi di Johns Hopkins University mengatakan bahwa kafein meningkatkan memori hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Mereka melakukan penelitian terhadap dua kelompok yang bukan peminum kopi. Satu kelompok diberikan 200 mg kopi dan satu kelompok lagi tidak. Setelah itu kedua kelompok ini memberikan beberapa potongan gambar dan diminta untuk mengingatnya. Kelompok yang meminum kopi terbukti mengingat lebih efektif daripada yang tidak. Hal ini terbukti bahwa kafein membantu daya ingat. Dan terbukti juga membantu mengingat beragam hal pada saat melakukan olah raga.

Pelestarian Otot

Dalam sebuah studi pada hewan yang dilakukan para ilmuan olahraga di Coventry University menemukan bahwa kafein membantu mengimbangi hilangnya kekuatan otot yang sering terjadi akibat penuaan. Efek paling jelas terlihat pada diafragma, otot utama yang digunakan untuk bernafas serta otot rangka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kafein membantu melestarikan kebugaran secara menyeluruh dan mengurangi resiko cedera yang berkaitan dengan penuaan.

 

Disunting dari time.com

2

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.