4 ALAT KOPI YANG MENGGUNAKAN KOMPOR!

Tidak semua alat kopi menggunakan tenaga listrik dan juga tenaga manusia. Beberapa alat kopi dirancang untuk diseduh menggunakan bantuan kompor. 

UNTUK beberapa orang menyeduh kopi haruslah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Penikmat kopi yang gemar seduh kopi di rumah memilki banyak pertimbangan sebelum berinvestasi alat kopi di rumah. Banyak yang memilih alat kopi manual karena tidak ingin terbebani dengan biaya listrik di rumah. Nah, salah satu yang manual itu adalah alat-alat kopi yang membutuhkan bantuan kompor dalam proses seduhnya.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui alat kopi apa saja yang menggunakan kompor, yuk simak di bawah ini!

Moka Pot

credit: theexoticbean.com

Alat kopi yang satu ini memang terkenal sebagai alat seduh manual yang menggunakan tenaga kompor. Di negeri asalnya Italia, Bialetti Moka Express dimiliki hampir seluruh warga sana dan menjadi salah satu alat dapur yang kerap digunakan tahun ke tahun. Kini Bialetti telah meluncurkan versi kompor induksi untuk mereka yang menggunakan kompor listrik di rumah.

Bellman Stovetop

Nah, inilah salah satu espresso maker manual yang menggunakan tenaga kompor. Jika kamu sedang mencari espresso maker tanpa listrik tapi menghasilkan kopi yang mumpuni, Bellman Stove Top bisa jadi pilihan. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan milk steamer. Jadi bisa bikin cappuccino dan caffe latte di rumah juga.

Turkish Coffee Pot

credit: sprudge

Suka kopi tradisional ala Turki? Nah alat kopi ini juga menggunakan kompor dalam metode seduhnya. Dulu Turkish Coffee memang menggunakan pasir panas, tapi seiring berjalannya waktu sudah menggunakan kompor bahkan di negeri asalnya sendiri. 

Syphon

Berbeda dengan alat kopi di atas, Syphon juga menggunakan kompor khusus yang biasanya berukuran kecil. Jadi tidak bisa menggunakan kompor seperti di dapur kita. Meski begitu, alat yang satu ini begitu unik karena mampu menghasilkan kopi enak dengan cara dan desain alat yang tak sama dengan alat lain.

Dari beberapa alat kopi yang menggunakan kompor, yang mana yang paling kamu suka?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.