4 AUTOMATIC GRINDER BERBUDGET DI BAWAH 3 JUTA

MESIN penggiling kopi adalah ‘mata pisau’ yang memegang peranan penting dalam proses mencipta minuman kopi. Oleh karena itu, Otten Coffee memilih 4 automatic grinder pilihan yang direkomendasikan khusus untuk kalian yang mencari mesin penggiling kopi otomatis dengan harga ekonomis serta berkualitas terbaik. Automatic grinder pilihan Otten Coffee ini rata-rata berbudget tak lebih dari 3 juta rupiah. Meski murah, kualitas yang diberikan tidak murahan. Kelimanya mampu memberi hasil gilingan terbaik untuk ritual seduh kopi setiap hari. Berikut empat automatic grinder rekomendasi dari Otten Coffee.

Credit : galleryplant.com
Credit : galleryplant.com

Hario V60 Electric Coffee Grinder

Grinder kopi dari Hario ini merupakan inovasi terbaru keluaran brand asal Jepang yang sudah lama malang melintang di industri kopi. Alat penggiling biji kopi elektrik ini didesain khusus dan ditujukan untuk penggunaan penyeduhan manual. Grinder elektrik baru dari Hario ini ideal bagi mereka yang ingin menggiling kopi langsung ke dalam dripper V60. Alat ini juga bisa disetel sedemikian rupa sehingga penggunanya bisa mengatur level gilingan sesuai kebutuhan, mulai dari halus (untuk espresso) sampai kasar (untuk syphon atau french press), maupun level diantaranya. Dengan kata lain, alat ini benar-benar instrumen yang tepat, ditandai dengan berbagai pengaturan yang tersedia untuk berbagai metode brewing. Kamu yang gemar menyeduh dengan metode manual brew akan sangat berbahagia jika memiliki grinder yang dibandrol seharga Rp. 2.950.000 ini.

Credit : firstcrack.com
Credit : firstcrack.com

Solis Scala 166

Grinder buatan Swiss yang berada di bawah merek Solis ini sudah lama menjadi sesepuh mesin penggiling kopi. Perusahaan Solis sendiri berdiri sejak tahun 1908 dan saat ini produk-produk mereka telah diekspor ke lebih dari 40 negara. Grinder Solis edisi Scala 166 ini merupakan mesin penggiling kopi yang memiliki conical burr, dengan kata lain grinder ini bisa menghasilkan hasil gilingan yang seragam dan presisi di setiap potongannya. Di saat bersamaan, conical burr pun tidak membuat mata pisau penggilingnya cepat panas sehingga tidak akan ikut memengaruhi rasa kopi yang telah digiling. Hasil ini sekaligus meghindari bubuk kopi terasa seperti ‘terbakar’. Grinder yang dibandrol seharga Rp. 2.099.000 ini bisa menghasilkan berbagai level gilingan mulai dari fine untuk espresso sampai coarse atau level gilingan sesuai dibutuhkan untuk membuat kopi-kopi drip, filtered coffee dan manualbrew, termasuk juga untuk kebutuhan menggiling kopi di café dan kedai-kedai kopi.

Credit : vtwonen.nl
Credit : vtwonen.nl

Welhome Coffee Grinder Conical Burr with Timer

Yang satu ini merupakan grinder kategori rumahan yang dikeluarkan oleh Welhome, sebuah anak perusahaan dari G.E.W asal Hong Kong yang sudah eksis selama lebih dari 35 tahun. Grinder yang dibandrol seharga Rp. 1.590.000 ini sendiri melengkapi seri-seri grinder tipe “home-use” yang diluncurkan oleh Welhome beberapa tahun belakangan.

Seperti halnya seri-seri grinder lain yang mereka keluarkan, grinder seri ZD-10 ini pun memiliki conical burr yang telah melalui serangkaian tes yang membuatnya cukup tahan uji dan awet untuk pemakaian dalam jangka lama. Conical burr-nya yang durable ini tentu saja ampuh untuk menjaga kualitas kopi yang akan diseduh.

Selain itu. Welhome Coffee Grinder Conical Burr ZD-10 juga bisa menghasilkan hasil gilingan yang konsisten dan rata di setiap partikelnya dimana hasil gilingan ini kemudian akan “diteruskan” ke kontainer yang sudah tersedia. Dengan beberapa grind size yang menjadi opsinya, Anda pun bisa membuat gilingan untuk espresso, kopi-kopi metode dripping, French Press, dan sebagainya. Plus, yang tak boleh dilewatkan adalah sebuah timer yang turut melengkapi “kecanggihan” fitur yang ditawarkannya. Dengan timer ini, Anda tentu saja jadi gampang menetapkan mau seberapa lama waktu penggilingan.

welhome grinder

Krups Burr Grinder GVX2

Automatic grinder yang satu ini memang paling pas untuk menemani rutinitas ngopi kamu setiap hari. Produk asal Jerman ini memang didesain simpel dengan kualitas burr yang tak diragukan. Setiap gilingan kopi yang dilakukannya mampu menjaga aroma kopi yang kelak akan dinikmati para penggunanya. Krups Burr Grinder yang dibandrol seharga Rp. 1.260.000 ini memang salah satu grinder best seller karena tak hanya ekonomis dan ramah di kantong tetapi juga memiliki kualitas dan fitur yang tak kalah dengan grinder jenis lain.

Krups Burr Grinder GVX2 terbuat dari plastik untuk body-nya dan stainless steel kualitas baiknya yang membuatnya terlihat kokoh. Dilengkapi dengan 17 level gilingan memungkinkan kamu untuk menggiling segala jenis kebutuhan, mulai dari espresso hingga french press. Hopper-nya mampu menampung 225 gram kopi dan karena ukurannya yang mini, grinder ini cocok diletakkan di mana saja di dapur atau coffee bar kamu.

Credit : edgefish371.wordpress.com
Credit : edgefish371.wordpress.com

Foto utama dari mamabee.com

 

 

 

grinder

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

9 Comments
    1. Gonta ganti biji kopi sih enggak masalah oom, grinder manapun (matic maupun manual) bisa dipakai. Yang masalah adalah bila gonta ganti metode brewing; baru deh ketahuan, beda grinding mechanism akan beda hasilnya. Bahkan, misalnya, hand grinder itu hasilnya enggak bisa dipakai untuk espresso machine, dst

  1. gan, katanya grinder utk “manual brew” kurang cocok utk “espresso”? apa benar begitu? katanya utk membuat “espresso” lebih baik gunakan grinder khusus?

    1. Bukan kurang cocok mas, tapi idealnya grinder dengan fungsi berbeda memang dipisahkan. Contohnya saja jika kita pergi ke kedai kopi biasanya mereka memiliki 2 grinder yang satu untuk manual brew dan satu lagi untuk espresso. Tapi kalau untuk penggunaan rumahan saya rasa tidak apa-apa 1 grinder. Asal mas memilih grinder yang cocok untuk menggiling manual brew ataupun espresso. Salam. 🙂

  2. saya baca di cikopi.com katanya grinder hario v60 dan solis scala hasil utk espressonya masih kurang halus. Yang benar yang mana ya? jadi bingung mau beli grinder buat rok presso.

  3. Krups gvx2 di setel paling kasar 17 tapi hasilnya kurang cocok untuk french press.
    Gimana ya caranya supaya hasilnya lebih kasar, sementara tidak dipakai untuk espresso

  4. Tolong kasih saran
    Saya lebih sering brewing espresso dengan mesin dan manual brew V60. Penggunaan di rumah.
    Antara Hario v60 electric coffee grinder dan Delonghi Dedica Grinder KG521, mana coffe grinder yang paling tepat dan bagus?

    Ardhianr
    Purbalingga

Leave a Reply

Your email address will not be published.