4 CARA KECIL UNTUK MENDUKUNG KEDAI KOPI LOKAL

Tak perlu melakukan hal besar untuk membantu industri kopi. Cukup dengan beberapa cara kecil namun dilakukan sering dan setulus hati.

BEBERAPA kedai kopi lokal mampu maju dan bertahan jika kita sebagai pengunjung dan komunitas di lingkaran itu bekerja sama untuk sama-sama memajukannya. Kedai-kedai kopi kecil di daerah kita memerlukan rangkulan dan dukungan yang sering bagi siapapun yang ingin industri ini maju. Tak perlu muluk-muluk, cukup dengan beberapa cara kecil yang dilakukan secara berkala mudah-mudahan bisa membuat kedai-kedai kopi ini diketahui dan bertahan serta mampu sama-sama #MengopikanIndonesia.

Sebarkan di Media Sosialmu

Jika menemukan kedai kopi baru dan menurutmu kedai kopi itu menyenangkan, tak ada salahnya untuk menyebarkan berita baik ini di media sosialmu. Unggah hal-hal menarik di kedai kopi kecil itu. Sehingga banyak orang di sekitarmu yang tertarik untuk mampir ke sana. Kekuatan media sosial tak bisa dipandang sebelah mata. Banyak hal-hal besar bermula dari sini.

Beri Masukan dan Kritik Positif

Kedai kopi yang baru buka biasanya belum stabil dari berbagai aspek. Entah rasa kopinya yang belum konsisten atau pelayanannya yang masih belum sempurna. Jika kamu ingin membuat kedai ini lebih baik ke depannya, mari berikan kritik positif. Bisa secara langsung maupun dengan mengirim pesan di media sosial mereka. Percayalah, tak ada yang sempurna, bahkan kedai kopi sekelas Starbucks pun masih ada error di sana-sini. Jadi jika ingin maju sama-sama, jangan ragu untuk memberi masukan dan kritik membangun.

Beri Ulasan Online

Familiar dengan Trip Advisor, Google Map, Hangout dan sejenisnya? Ranah online yang satu ini sangat membantu ‘calon-calon pengunjung kedai kopi’ untuk datang ke kedai kopi tersebut. Biasanya saya sendiri melihat kedai-kedai kopi di daerah atau negara lain melalui lini tersebut. Jadi jika kamu ingin kedai-kedai kopi lokal di sekitarmu juga mendapat ‘lampu sorot’ bagi siapapun yang ingin datang ke daerah itu, mari beri ulasan yang jelas dan baik. Sedikit banyak ulasanmu akan sangat membantu siapa saja yang ingin ngopi di daerah itu.

Beli!

Iya harus beli tanpa embel-embel harga teman. Karena jika kamu benar-benar ingin membantu industri kedai kopi kecil di daerahmu kamu harus menjauhkan ‘harga teman’, ‘harga kenalan’ dan gratisan dari kepalamu. Cara memajukan industri adalah turut serta membantu geliat ekonominya. Jadi meski kenal jangan lupa bayar ya!

 

Foto utama pinimg.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.