4 CARA MEMILIH BARISTA UNTUK KEDAI KOPIMU

Barista adalah nyawa bagi kedai kopi. Tanpanya kehadiran coffee shop bagaikan raga tanpa jiwa.

BANYAK pebisnis coffee shop pemula yang kesulitan mencari barista yang tepat untuk dipekerjakan di kedai kopi miliknya. Barista memiliki beragam karakter, dan untuk menyatukan karakter seorang barista dengan sebuah tempat baru yang terbilang newbie adalah persoalan yang susah-susah gampang. Menyatukan kedai kopi dengan seorang barista seperti menyatukan kepala dan hati dalam satu raga yang terkadang berbeda jalannya. Oleh karena itu, saya akan memberi tips sederhana bagaimana cara memilih barista yang cocok dengan coffee shop barumu.

bisnis-kopi

Wawancara Dia dengan Pertanyaan yang Tepat

Bagaimana pun wawancara kepada calon barista memiliki peran yang besar dalam kelanjutan kedepannya. Dari hasil wawancara kamu bakal tahu sedikit banyak tentang orang yang akan kamu pekerjakan. Tanyalah calon baristamu dengan pertanyaan-pertanyaan yang memberi jawaban spesifik. Tak melulu pertanyaan tentang keahlian, tetapi pertanyaan-pertanyaan yang mengulik passion mereka tentang kopi. Karena barista yang ahli dan mahir akan kalah dengan barista yang mencintai kopi dengan sepenuh jiwa. Kamu tentu mau barista yang berdedikasi tentang apa yang dia kerjakan, bukan?

Kamu Tahu Barista Apa yang Kamu Cari

Sebelum melakukan wawancara terhadap beberapa calon barista, kamu tentunya harus tahu dulu barista seperti apa yang kamu mau. Apakah kamu mau barista newbie yang masih belum “terkontaminasi” ciri dan karakter kedai kopi lain? Atau kamu mau barista expert yang kelak mahir beraksi di belakang coffee bar? Atau justru kamu mau barista biasa saja tapi menyenangkan dan memiliki skill komunikasi yang baik saat menghadapi pelanggan? Apapun itu kamu harus putuskan dulu barista seperti apa yang benar-benar kamu cari.

pecinta-kopi-sejati

Pilih Barista yang Memiliki Passion Terhadap Kopi

Bagaimana cara mengetahui calon barista tersebut menganggap kopi lebih dari sekedar pekerjaan yang dilakukan untuk uang? Jawabannya ada pada saat tahap wawancara. Kamu bisa menyusun beragam pertanyaan yang kelak menghasilkan jawaban yang bersimpul “calon barista ini memiliki passion di kopi”. Tanya juga apa kontribusi yang bisa dia lakukan terhadap kedai kopimu dan seberapa besar cintanya dalam mengeksplorasi industri kopi yang ada. Jawaban adalah kunci, bahasa tubuh adalah tambahan serta eye contact adalah rahasia dari gabungan ketiganya.

Kamu Mencari Barista atau Bartender?

Banyak pebisnis yang keliru antara barista dan bartender. Keduanya memang berada di bidang beverages tapi sama sekali melakukan kedua hal yang berbeda. Pastikan dulu siapa yang benar-benar kamu putuskan sebelum melakukan fase wawancara face to face. Barista dan bartender adalah dua profesi berbeda yang juga biasanya masih sering dianggap sama oleh masyarakat awam.

barista-tools

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Kaka terimakasih banyak untuk sharing ilmunya, nambah pahala terus untuk setiap pembacanya hehe. makasih banyaaaakk, izin dipake yah ilmunya.
    Apik banget. Suka 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.