4 CARA UNTUK MEMANFAATKAN KOPI SISA  

Peminum kopi manapun sewaktu-waktu bisa tidak mampu menghabiskan kopinya. Kalau sudah begitu, solusinya bagaimana?

SEBERAPA sering kamu tidak menghabiskan kopimu? Kalau sering, lain kali kamu harus lebih cermat mengukur kebutuhan ngopimu sendiri. Pertanyaannya lainnya, kalau kopimu tidak habis, lalu diapakan? Dibuang?

Solusi paling tepat untuk itu adalah: jangan buru-buru dibuang. Karena ada beberapa cara untuk menikmati kembali sisa kopi seperti berikut.

1. Campur es krim

Es krim punya karakteristik rasa yang dianggap cocok dengan kopi. Tak heran, ada menu bernama affogato yang merupakan campuran es krim vanila dengan espresso panas. Tapi, karena kopi biasanya sudah mendingin, es krim bisa menjadi pelengkap saja. Meski rasanya tidak akan sama dengan affogato. Kalau kamu suka memasak, bisa juga sisa kopi itu menjadi bahan campuran alternatif membuat es krim, ketimbang memakai susu.

 

affogato

2. Campur adonan kue

Lagi-lagi, kalau kamu suka memasak, sisa kopimu bisa dijadikan bahan campuran adonan kue. Ini akan memberi rasa dan aroma kopi pada kue. Selain itu, warna gelap pada cairan kopi juga akan mempengaruhi warna adonan. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menambahkan perisa dan pewarna makanan identik kopi lagi. Serba alami! Oh ya, sisa ini bisa juga untuk bahan campuran membuat puding.

3. Jadikan es batu

Malas mengolahnya? Cukup masukkan ke dalam wadah pencetak es batu, lalu bekukan di lemari pendingin. Jika sudah beku, kamu bisa menikmatinya dengan cold brew atau minum dingin lainnya yang cocok dengan selaramu.

iced-coffee
Jadikan es batu kopi saja.

4. Panaskan ulang

Ini adalah cara paling sederhana untuk menikmati kopi yang tak habis sekali konsumsi: panaskan ulang! Kamu cukup memasukkannya ke dalam panci, lalu memanaskannya tapi tidak perlu mencapai titik didih.

Meski kesegaran seduhannya tidak sama dengan seduhan pertama, setidaknya masih bisa dinikmati kembali. Lebih nikmat jika ditambahkan mentega seperti bulletproof coffee. Atau bisa juga kamu tambahkan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, sereh, jahe, atau kapulaga. Daripada terbuang?

 

Kalau kamu, sisa kopi enaknya dibikin jadi apa?


Disunting dari treehugger(dot)com
Penulis: Arya Adikristya, mahasiswa magang di Otten Magazine. Bisa minum kopi, bisa juga tidak minum kopi. Sapa ia melalui akun Twitter/Instagram @adikristya dan Facebook fb.me/AadikristyaN
Editor : Yulin Masdakaty
Foto utama diambil dari Tumblr kelseyahayden. Foto lainnya dari letthegoodindotcom dan tv3dotcom

cari-kopi

495 total views, 4 views today

Otten Coffee

Otten Coffee adalah coffee source terbesar dan penyedia alat-alat kopi terlengkap bagi para pencinta kopi Indonesia.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.