4 CIRI BARISTA YANG BAIK

Barista itu kemudi di sebuah kedai kopi. Tanpanya kedai kopi takkan bisa berjalan dengan pasti.

BARISTA itu lakon paling vital di sebuah kedai kopi. Dia adalah aktor di balik bar, kunci penting yang menjadi pemberi kebahagiaan. Jadi ada beberapa ciri barista yang baik. Tak perlu harus tampan, cantik, berpakaian mahal atau justru bertato. Cukup dengan empat poin berikut ini agar barista itu bisa dikatakan baik.

Tepat Waktu

Sebuah kedai kopi tak membutuhkan barista yang hanya bisa membuat kopi nikmat tapi selalu saja terlambat. Jika dia tidak bisa menghargai waktu maka dia mungkin juga tidak menghargai profesinya. Pun jika selalu telat hal tersebut akan mengganggu work flow di balik coffee bar. Satu kali terlambat bisa mengakibatkan tertundanya banyak hal. Seperti sebelum coffee shop buka biasanya barista harus kalibrasi terlebih dahulu, mencek segalanya dan mengisi kembali biji kopi dan lain-lain. Jika telat bagaimana menganggulangi semua ini sebelum kedai dibuka?

credit: thestar

Mampu Bekerja di dalam Tim

Barista tak akan bekerja sendirian di kedai kopi. Ada rekan barista, ada supervisor, ada owner dan tentunya ada kostumer. Jika kamu tidak bisa bekerja di dalam tim bagaimana kamu bisa bekerja dengan kondusif menghasilkan bercangkir-cangkir kopi nikmat. Barista yang baik adalah barista yang melebur bersama timnya, tidak ingin menonjolkan diri sendiri dan mampu bersenang-senang bersama rekan yang lain.

Haus Pengetahuan & Tak Henti Belajar

Barista yang baik takkan pernah merasa cukup dan selalu merasa butuh belajar. Jadi barista yang baik biasanya takkan pernah berhenti mengeksplorasi ilmu kopinya. Dia belajar dari mana saja dan siap mendengar kritik saran dari sekelilingnya. Karena kopi adalah sebuah ilmu yang setiap hari berkembang, maka seperti itulah seharusnya seorang barista yang tak pernah cukup belajar.

Selalu Peduli Kebersihan

Tak hanya kebersihan diri seperti apa yang dikenakan, kebersihan rambut, tangan, kuku dan lain sebagainya. Tetapi juga kebersihan barnya. Coba kamu perhatikan, para barista biasanya membersihkan secara langsung mesin espresso, sisa kopi pada grinder, sisa susu pada frother dan lain-lain di sekitarnya. Para barista haruslah aware tak hanya perihal rasa pada kopi tetapi juga apa-apa yang ada di sekelilingnya.

Senyum

Sia-sialah semua ilmu, semua yang dikenakan dan semua hal yang kamu racik untuk pelangganmu jika kamu tak mengenakan hal terpenting di dunia: senyuman. Barista yang baik selalu tersenyum, menyambut dengan keramahan. dan yang terpenting mampu membuat pelanggannya nyaman.

Jadilah barista yang paling tidak memiliki empat poin di atas ini. Kamu tak perlu menjuarai kompetisi apapun untuk tampak hebat karena yang paling penting adalah poin-poin sederhana ini yang membuat kamu tak mudah dilupakan.

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.