4 HAL YANG DILAKUKAN BARISTA SELAIN MEMBUAT KOPI

Barista memang bertugas menyeduh kebahagiaan dalam secangkir kopi. Tapi kawan, pekerjaan barista sebenarnya tidak sesederhana itu.

SAYA suka sekali ngobrol dengan banyak teman barista yang saya temui. Menurut saya barista di sebuah kedai kopi adalah ‘juru kunci’ dan ilmu pengetahuan yang banyak mengandung hal-hal menarik. Teman-teman barista juga gemar berbagi kisah dan cerita ajaib yang terkadang membuat saya takjub atau senyum-senyum sendiri. Suatu hari saya bertanya pada ‘sang peracik kopi’ ini. Apakah pekerjaan barista benar-benar pure hanya membuat kopi saja? Jawabannya tidak. Barista ternyata tak hanya bertugas sebagai pembuat kopi, tapi mereka juga melakukan hal-hal berikut yang mungkin belum kita ketahui.

Membersihkan Coffee Bar

Ya, kawan. Barista itu bekerja di balik coffee bar dan bertanggung-jawab penuh dengan apa-apa yang ada di sana. Termasuk menjaga kebersihan mesin espresso dan tetek-bengek yang ada di sana. Tidak ada cleaning service yang bertugas khusus untuk membersihkan ini semua. Karena baristalah yang bertanggung-jawab sekaligus paling tahu perkara membersihkan area bar ini. Tak hanya membersihkan mesin espresso, mereka juga membersihkan hal-hal lain seputar coffee bar.

Credit : fiftiness.com
Credit : fiftiness.com

Itu kenapa jarang sekali kamu melihat coffee bar berantakan tak karuan karena biasanya barista langsung membersihkan barnya sesaat setelah meracik kopi mereka. Ampas kopi, sisa memanaskan susu dan lain sebagainya dibersihkan langsung setelah kopi diracik. Tak berhenti di situ, saat kedai kopi tutup segalanya dibersihkan secara menyeluruh.

Membuat Minuman Selain Kopi

Jangan kira barista itu kerjanya membuat kopi saja. Barista bertugas untuk meracik semua minuman yang ada di menu kedai kopi meskipun minuman itu tidak mengandung kopi sama sekali. Misalnya aneka jus, aneka minuman cokelat, teh hingga aneka signature drinks yang ada di sana. Tapi jangan khawatir, barista itu paling senang jika mendapat orderan kopi. Buat mereka tak ada yang lebih menyenangkan selain meracik kopi karena kopi berada di strata teringgi minuman. Berada di puncak tertinggi dari deretan minuman lain di buku menu.

Credit : sdcoffeetea.com
Credit : sdcoffeetea.com

Membersihkan Area Kedai Kopi

“Kami harus berbagi tugas secara bergantian untuk membersihkan area coffee shop setelah kedai tutup,” kata seorang barista Starbucks yang saya kenal baik. Jadi kalian harus tahu bahwa barista juga harus merangkap sebagai ‘tukang bersih-bersih’ bagi kedai kopi tempatnya bekerja. Ternyata tanggung jawab barista tidak hanya sebatas urusan meracik kopi saja tetapi merangkum keseluruhan kedai kopi meskipun tidak semua kedai kopi memberi tugas kepada baristanya untuk bersih-bersih.

Menerbitkan Senyum Di Wajahmu

Yang terakhir ini adalah tugas paling mutlak bagi semua barista di semesta raya. Karena apalah arti kopi paling nikmat jika senyum pelanggan tak hadir secara cuma-cuma. Barista yang berhasil adalah barista yang mampu menularkan kebahagiaan dari secangkir kopi yang lahir dari tangannya.

 

Foto utama dari thebalance.com

barista tools

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.