4 HAL YANG HARUS DICOBA PECINTA KOPI SAAT TRAVELING

 

BANYAK dari kita yang tak ingin melewatkan kopi saat melakukan perjalanan. Saat berjalan-jalan ke tempat baru, kadang kita terlalu sibuk untuk mengunjungi landmark dan destinasi wisata di sana sehingga mengesampingkan ritual minum kopi yang biasanya tak pernah kita lewatkan. Kita sering pasrah dengan menikmati kopi yang disediakan hotel pada saat sarapan meski kita tahu rasanya jauh dari nikmat.

Karena saya orang yang gemar melakukan perjalanan dan tak mau melewatkan menikmati kopi nikmat di mana saja, maka saya akan berbagi tips untuk kamu yang ingin bertualang tapi tak mau terganggu ritual minum kopinya. Berikut beberapa tipsnya.

  1. Bawa Sendiri Kopimu

Seenak-enaknya kopi di negeri orang (di kota orang), masih lebih enak kopi kita sendiri. Bagaimana pun nikmat kopi di hotel mewah atau coffee shop megah, tetap kopi yang biasa kita minum dan tahu bagaimana cara prosesnya adalah yang paling nikmat. Bawa sendiri biji kopimu. Jika kamu tak memiliki manual grinder yang bisa dibawa kemana-mana, bawalah kopi yang sudah digiling. Dengan memiliki kopi sendiri kamu juga bisa berhemat tanpa mengeluaran budget khusus buat ngopi saaat traveling.

  1. Beli Coffee Gears Portable

Jika kamu benar-benar pecinta kopi sejati dan sering melakukan perjalanan, sudah saatnya berinvestasi dengan membeli alat-alat kopi yang memang diciptakan untuk para traveler. Saya sendiri sering membawa Cafflano saat melakukan perjalanan. Cafflano saya nilai cukup memenuhi kebutuhan kafein saya dan juga karena saya suka menikmati kopi yang diseduh manual. Jika kamu pecinta espresso, Handpresso dan Minipresso juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Intinya, mulai sekarang kamu harus menabung untuk membeli sebuah alat kopi yang menemani perjalanan.

  1. Ngopi Di Kedai Kopi Lokal

Cobalah sejenak keluar dari zona aman minum kopi. Tinggalkan Starbucks atau kedai kopi internasional yang memang tersebar di mana saja. Saat traveling cobalah ngopi di kedai kopi lokal. Nikmati suasana dan kopi layaknya orang-orang lokal. Coba nongkrong dan ngobrol dengan barista atau orang-orang yang juga mencintai kopi. Karena kita tahu di setiap tempat pasti memiliki keunikan tentang kopi mereka sendiri. Misalnya waktu saya ke Viet Nam saya menikmati minum kopi di kaki lima. Duduk di bangku kecil di pinggir jalan sambil menyesap pelan-pelan kopi yang dihasilkan Vietnamese Drip Coffee layaknya orang lokal.

  1. Melipir ke Kebun Kopi

Jika kamu kebetulan traveling ke kota atau negara penghasil kopi, kenapa tidak menyempatkan waktu untuk bermain-main ke kebun kopinya. Tak ada yang lebih seru dari melihat langsung ‘rahim’ tempat biji-biji nikmat ini lahir. Selain itu kamu juga bisa ngobrol langsung dengan petani yang berkontribusi besar atas setiap kenikmatan di cangkir kopimu. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat langsung bagaimana kopi di proses dengan sempurna. Kebun kopi adalah titik awal lahirnya biji hitam yang dicintai hampir seluruh manusia di dunia dan kamu sebagai pecinta kopi pasti tak mau melewatinya.

 

Kalau kalian apa saja yang kalian lakukan saat traveling? Share with us ya.

cafflano

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. kalau saya, selalu sempatkan mampir ke kedai kopi lokal dan nyoba kopi lokal. terkahir kali saya ke malang, nyoba kopi karlos (karang ploso) natural, manual brew pake v60. manis dan rasa tape singkong sangat terasa sekali. dengan hawa kota malang yang dingin, dan seakan-akan makan tape singkong cair, tubuh benar-benar terasa hangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.