4 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM SEDUH KOPI SENDIRI

Penikmat kopi pemula umumnya hanya memerhatikan teknik seduh agar kopinya enak. Padahal sebelum seduh ada beberapa hal esensial yang harus benar-benar diperhatikan. 

DULU sebelum bisa seduh seperti sekarang, saya kerap menyesali kenapa kopi yang saya seduh rasanya jauh dari kopi yang dibeli di kedai kopi. Saya kira perkara teknik seduh saja masalahnya. Rupanya sebelum seduh ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil seduhan bisa nikmat maksimal. “Teknik seduh hanyalah salah satu bagian saja biar kopimu enak, sebelum seduh ada yang harus diperhatikan agar rasanya tak salah,” kata seorang teman kopi saya. Tak mau menyimpan tips ini sendirian, saya akan berbaginya dengan kamu sang pemula seduh kopi. Ingat ini untuk pemula bukan untuk yang ahli!

Beli Biji Kopi bukan Bubuk Kopi

Ini esensial apalagi jika kamu sudah punya penggiling kopi. Bayangkan kamu memakan buah yang sudah kamu potong 3 hari lalu dan baru memakannya sekarang. Kurang lebih seperti itulah kesegaran kopi meski tak seekstrim itu secara analogi. Kopi yang segar digiling sesaat sebelum seduh. Hasil seduhmu beli kopi biji dan bubuk sudah pasti akan berbeda.

Menyimpan Kopi dengan Benar

Kita sering abai dalam menyimpan. Padahal kopi yang tak disimpan di wadah kedap udara kesegarannya akan hilang secara drastis seiring berjalannya waktu. Dan ini akan memberi efek besar pada hasil seduhan. Coba perhatikan kedai-kedai kopi favoritmu? Bagaimana mereka menyimpan kopinya?

Gunakan Air yang ‘Baik’

Pada dasarnya kopi adalah air dan kopi itu sendiri. Air yang tidak baik akan mengakibatkan kopi yang tidak enak. Di kedai kopi biasanya menggunakan air mineral berkualitas baik dengan pH yang cukup. Jadi jangan heran jika saat seduh di rumah hasil seduhanmu berbeda dengan yang di kedai kopi meski biji kopinya sama. Mungkin salah satunya adalah perkara air yang kurang baik.

Perhatikan Kebersihan Alat Kopi

Poin terakhir ini adalah salah satu poin tersakral. Percuma sedahsyat apapun kopimu atau sejago apapun teknik seduhmu jika alat-alat kopimu tidak higienis maka akan menghancurkan semua elemen yang ada. Jadi pastikan alat kopimu bersih. Bersih dari debu, bersih dari sisa aroma sabun bekas cuci, bersih dari sisa seduh kopi semalam. Juga bisa menggunakan pembersih alat kopi khusus yang tersedia sesuai dengan kebutuhanmu

Selamat seduh para sobat pemula. Semoga ngopi kita lebih berkualitas ya!

 

Foto utama dari wordpress-static.prelo.co.id

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.