4 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI BIJI KOPI

Seperti membeli bahan makanan dan minuman lainnya, membeli biji kopi juga tentunya tak bisa sembarangan.

KOPI adalah benda sensitif dan detail. Tak hanya sensitif dan detail dalam proses penyeduhan, kopi juga harus benar-benar diperhatikan dari biji awal sebelum dia diseduh. Karena jika kamu membeli biji kopi yang salah, maka bisa dipastikan akan merusak cita rasa yang ada di dalamnya. Atau mungkin yang lebih parah jika salah membeli biji hal tersebut bisa mengganggu kesehatan para peminumnya. Di artikel kali ini, Otten Coffee akan memberikan informasi lima hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli biji kopi. Selamat membaca.

Berlisensi Organik

Biji kopi berlisensi organik maksudnya di sini adalah biji kopi tersebut bebas dari bahan kimia seperti herbisida dan pestisida. Biasanya beberapa perkebunan kopi menggunakan bahan kimia yang diperlukan untuk proses produksi kopi untuk menjaga tanaman kopi dari hama dan jamur yang mengganggu. Jika kamu tak tahu biji kopi yang kamu beli itu berlisensi organik atau tidak, silakan tanya langsung kepada penjual tempat kamu membeli biji kopi itu. Benar-benar pastikan darimana dan bagaimana biji kopimu berasal dan diproses. Kamu tak mau kan menyeduh kopi yang sumber tanamannya mengandung residu bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan para peminumnya?

Bebas Mikotoksin

Miskotoksin adalah jamur alami yang biasanya tumbuh di tanaman yang berbiji seperti kopi. Yang termasuk ke dalam mikotoksin antara lain aflatoksin,T-2 toxins, ochratoksin, rubratoksin dan vomitoksin yang memiliki efek samping membuat kamu merasa gelisah atau terlalu bersemangat jika mengonsumsinya. Kopi organik sangat rentan terkena mikotoksin ini. Biji kopi harus dijaga tingkat kelembabannya dan dikontrol ketat cara pengolahannya agar tak terjangkit mikotoksin. Jadi sebelum membeli biji kopi kamu, pastikan kepada produsen atau penjualnya bahwa biji kopi mereka terbebas dari mikotoksin.

 

Roasting Level

Coffee expert pasti sudah tahu biji kopi yang disangrai di level mana yang harus mereka beli. Karena kopi yang disangrai light, medium dan dark, memiliki selera, pasar dan kebutuhan masing-masing. Belilah biji kopi yang disangrai sesuai dengan keperluan dan selera kamu. Jangan lupa bertanya di level manakah biji kopi ini disangrai agar sesuai dengan cara seduh yang kelak kamu aplikasikan.

Single Origin or Coffee Blend

Sebelum membeli biji kopi pastikan biji apa yang ingin kamu seduh? Biasanya orang-orang gemar membeli biji single origin untuk manual brew method. Single origin adalah biji kopi yang berasal dari satu daerah tertentu dan tidak dicampur dengan kopi dari daerah lain. Sedang coffee blend adalah kopi yang di dalamnya terdapat biji kopi dari beberapa sumber berbeda. Nah, sebelum membeli biji kopi, alangkah lebih baik mengetahui diseduh dengan cara apa kopi yang kamu beli. Setelah itu baru kamu tentukan single origin atau coffee blend yang kelak kamu beli.

 

Inilah empat hal yang harus kamu ketahui sebelum membeli biji kopi, kalau kamu kira-kira ada lagi nggak yang kamu lakukan sebelum membeli biji? Share with us ya.

 

 

 

 

Disunting dari foodmatters.tv

 

 

cari-kopi

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Kalau belum punya langganan tempat beli kopi, usahakan beli kopi dalam jumlah sedikit 100-200 gr supaya gak kecewa kalau ternyata kurang memuaskan. Di pasar tradisional banyak yg jual biji kopi aneka harga/jenis, cobain aja satu2 dlm jumlah kecil krn harga yg mahal belum tentu enak..

Leave a Reply

Your email address will not be published.