4 IDE BISNIS DI DUNIA KOPI DENGAN MODAL RINGAN

Kopi ternyata tak hanya sebatas minuman nikmat yang ujung-ujungnya dijadikan hobi. Kini, sudah banyak pecinta kopi yang menjadikan hobinya ‘lahan empuk’ untuk menambah penghasilan.

BAGAIMANA bisa? Tentu saja bisa. Banyak orang yang sukses yang memulai usahanya melalui hobi. Oleh karena itu, dengan merebaknya industri kopi akhir-akhir ini banyak yang awalnya hanya peminum kopi yang lama-lama tertarik menjalankan bisnis di dunia kopi. Sayangnya banyak yang merasa kalah sebelum berperang dikarenakan tersandung modal yang besar. Padahal andai saja kalian tahu bahwa untuk memulai bisnis di dunia kopi tak melulu harus mengeluarkan modal yang besar namun jeli melihat peluang. Mau tahu empat ide berbisnis di dunia kopi tanpa modal yang melilit pinggang? Berikut beberapa bisnis tersebut.

coffee-truck

Berbisnis Cold Brew

Tren cold brew atau kopi seduh dingin yang sekarang sedang marak-maraknya bisa kamu manfaatkan dengan membuat brand cold brew kamu sendiri. Tak perlu kafe atau kedai kopi besar, yang kamu perlukan adalah kepiawaian menjual melalui social media marketing yang sungguh sangat efektif. Modalnya? Kamu hanya memerlukan sebuah alat seduh dingin yang harganya mulai dari dua ratus ribuan (seperti Hario Mizudashi Coffee Pot) hingga jutaan (Dutch Lab). Ada beberapa alat pembuat cold brew or cold drip yang bisa kamu pilih sesuai kantong dan kebutuhan. Beberapa pengusaha cold brew bahkan menggunakan alat seduh manual pour over untuk meracik kopinya. Selain alat seduhnya, kamu juga harus melakukan eksperimen dengan beberapa biji kopi yang sesuai dengan brand cold brew kamu. Untuk urusan ini disarankan bertanya pada sang ahli. Jangan lupa pikirkan botol dan kemasan menarik agar daya tarik masyarakat untuk membeli menjadi semakin kuat. Bagaimana? Bisnis ini sama sekali tak membutuhkan modal besar lho.

coldbrew

Penjual Biji Kopi

Untuk bisnis yang satu ini sangat memungkinkan untuk tidak mengeluarkan modal sama sekali. Yang kamu butuhkan hanyalah koneksi dengan roaster, pabrik kopi dan petani kopi. Apa yang kamu perlukan? Yang kamu perlukan hanyalah menjual kembali biji-biji kopi dari mereka ke berbagai orang (bisa ke coffee shop atau perorangan). Tentunya kamu akan mendapatkan untung yang lumayan karena kamu membeli bijinya dengan harga yang lebih murah dari tangan pertama. Sebelum menjual yang kamu perlukan adalah ketelitian memilih biji mana yang terbaik dan layak jual. Jika memungkinkan kamu bisa saja me-rebrand kembali biji-biji kopi ini dengan brand kamu sendiri. Dengan begini kamu dengan mudah memiliki usaha jual-beli biji kopi dengan modal yang tentu saja ringan.

coffee-beans

Kedai Kopi Manual

Meskipun sederhana, bukan berarti kedai kopi yang akan kamu bangun ini tak berkualitas. Kedai kopi tak melulu soal mesin espresso mahal, sofa-sofa mewah dan sebuah tempat fancy yang modalnya ratusan juta rupiah. Jika kamu benar-benar berniat membuat kedai kopi yang berkualitas, kamu bisa membuat konsep kedai kopi dengan alat seduh manual. Semua alat-alat kopi yang akan kamu gunakan di kedai kopimu harganya tak ada yang mencekik leher. Untuk menghasilkan espresso, kamu bisa membeli Rok Presso atau Bellman sebagai penggantinya. Tak memerlukan listrik, bukan? Selain itu sediakanlah manual brew lengkap seperti V60, Chemex, Aeropress dan lain-lain. Kamu juga tak perlu menjual menu makanan berat karena kedai kopimu benar-benar dikhususkan untuk menu kopi layaknya coffee shop specialty. See? Siapa bilang membangun kedai kopi itu melulu mahal?

rokpresso

Coffee Truk atau Gerobak Kopi

Di Indonesia sepertinya masih jarang gerobak kopi atau istilah kerennya coffee truck yang menjajakan kopi dengan berkeliling dan nongkrong di pinggir jalan. Di luar negeri sendiri (khususnya Eropa, Amerika dan Australia) hal ini adalah hal yang lumrah. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal ringan. Pertama tentukan dahulu menu kopi apa saja yang ingin kamu jual, apakah hanya cold brew atau minuman kopi panas lainnya. Jika sudah kamu tentukan saatnya membuat gerobak yang bisa dikemudikan dengan motor ataupun sepeda. Buatlah desain yang semenarik mungkin dan terlihat mencolok dari kejauhan. Bisa dipastikan bisnis coffee truck ini akan sangat menarik karena pelakunya masih sedikit.

coffee b

Nah, inilah empat ide bisnis di dunia kopi dari kamu. Kira-kira kamu punya ide menarik lainnya tidak? Share with us!

 

Foto dari housefour.com, fastcompany.net, k4rgo.files.wordpress.com, youtube.com, kinfolk.com

 

49,618 total views, 2 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

28 Comments
  1. Di Indonesia, gerobak kopi sudah banyak bermunculan, terutama di tempat-tempat ramai seperti Monas. Namun kebanyakan mereka tidak fokus hanya menjual kopi, namun juga minuman lain. Dan tampilan gerobaknya pun belum seprofesional yang ada di luar negeri.

    Ini bisa jadi referensi yang pas untuk berjualan kopi gerobak. Kira-kira habis berapa ya kak mendesain gerobak kopi yang asyik dan bagus seperti di luar negeri itu?

  2. Saya lahir di kota kopi Sidikalang..sudah lama ingin mengembangkan usaha yang berkaitan dengan kopi. Selam ini masih terkendala dengan pematangan ide dan modal.
    Saya terinspirasi dengan gerobak kopi. Di kota tempat saya tinggal sekarang, blm pernah lihat gerobak kopi….

  3. Hi, saya sangat tertarik dengan dunia kopi, kebetulan saya anak dari petani kopi di daerah penebel tabanan, kopi yg saya mau tonjolkan adalah robusta kami, karena beberapa saat yg lalu saya sempat kerja di sebuah coffee shop specialty yg sengaja ingin menonjolkan keunikan rasa daripada kopi bali. Setelah membuat sample kopi dr kebun sendiri, temen saya yg sekaligus roasternya bilang kalo kopi saya unik untuk jenis robusta karena ada rasa krim dan fruitynya. Maka dari itu saya sangat ingin sekali memperkenalkan kopi robusta keluarga kami yg mana saya ingin membuatnya sebagai spesialty. Karena kita tahu sendiri kalo robusta biasanya hanya dipakai sebagai pencampur dr kopi arabika. Mohon masukan dan saran2 agar saya bisa mewujudkan keinginan saya ini membuat kopi robusta keluarga kami sebuah specialty coffee robusta.. terima kasih..

  4. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Peluang usaha cafe sederhana berikut artikel yang terkait tersebut di TIPS SUKSES USAHA CAFE SEDERHANA MODAL KECIL

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja…kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

  5. artikelnya sangat menginspirasi
    saya sedang mencari biji kopi robusta ( green bean robusta) butuh dalam jumlah besar
    Apabila ada yang punya bisa menghubungi saya di wa 0897 0643 478 atau email di [email protected]. Terima Kasih

  6. Saya Maulana dari Banda Aceh, saya ingin menawarkan produk kopi Aceh kami yang mendunia dengan aneka aroma baik robusta maupun arabica. saya akan berikan penawaran yang menarik bagi siapa saja yang ingin bekerjasama. Silahkan kontak saya di [email protected]

  7. Ide cukup menarik, bisa di aplikasikan.
    Kebetulan saya juga punya kopi arabica dari temanggung, dengan keunikan aroma tembakau

  8. hallo ,,
    saya ingin membuka sebuah kedai/warung kopi ,atau cafe di daerah saya di Tarakan kalimantan utara, yang saya butuhkan sekarang ini adala seorang yang dapat berkreasi membuat sebuah kopi dan sejenis minuman dingin lainnya, mungkin teman2 bisa membantu saya dalam mencri org seperti ini.
    mohon informasinya ???

  9. Hallo,,,
    Bos semua, saya punya banyak kopi Robusta dengan kualitas tinggi. Sudah di Roasting. jika ada agan-agan di antara ini bisa membantu saya untuk penjualan atau mau nyoba / beli. silahkan hubungi saya WA (0878 5906 8738). Senang sekali jika saya bisa berbisnis dengan agan-agan disini. Di tunggu yaa.. 🙂

  10. Saya penikmat kopi tadinya begitu jalan ke luar negeri banyak sekali ditemukan kopi gerobak..saya sempet melihat dikuningan ada Mobil kopi cuma terlalu weww kalau dibuat referensi ide ini sangat pass dikembangkan di Indonesia kerenn

Leave a Reply

Your email address will not be published.