4 KEBIASAAN PENTING YANG BISA DITIRU BARISTA PEMULA

Para barista memang ditempa untuk menyeduh kopi dan memberi kebahagiaan setelahnya. Tapi tak banyak yang tahu barista tak melulu soal rasa pada cangkir tapi melingkupi banyak hal yang mengerucut menjadi kesatuan penting: kebahagiaan para pelanggannya.

BICARA soal kebaristaan pastilah tak terlepas dari soal talenta dan gairah di balik coffee bar. Geliat industri kedai kopi specialty yang bertumbuh akhir-akhir ini memungkinkan lahirnya banyak para barista pemula yang diharap mampu memuaskan para penikmat kopi. Barista pemula adalah tunas yang suatu hari nanti akan menjadi peracik kopi ahli. Tapi sebelum kita jauh-jauh bicara soal masa depan yang kelak menjadi baristars, mari berbagi sedikit informasi dasar yang mungkin bisa ditiru dan diaplikasikan oleh siapa saja yang ingin menjadi barista atau justru baru terjun ke dunia seduh-racik kopi ini.

Credit : thelastbestplates.com
Credit : thelastbestplates.com

Barista tak hanya soal talenta, rasa, dan kopi, tetapi juga kebiasaan yang kelak mendorong terciptanya semua harmoni di kedai kopi tempat dia berpijak. Untuk menjadi barista tangguh, berikut intip 4 kebiasaan yang bisa ditiru para barista pemula. Ingat, barista ada kemudi yang tak boleh membawa ketersesatan. 😀

Minum & Seduh Segala Jenis Kopi

Seperti layaknya pecinta kopi pada umumnya, para barista pemula pastilah memiliki kopi atau single origin favorit mereka. Tapi kamu tidak bisa melulu menikmati kopi kesukaanmu itu. Kamu harus mencoba dan menikmati beragam jenis single origin dari mana saja dan menemukan ‘formula’ jitu bagaimana dan menemukan kenikmatan di dalamnya dengan terus menerus menyeduh. Pun hal ini juga berlaku untuk metode seduh. Pour Over V60 adalah favoritmu tapi dalam bidang ini favorit tetap harus dikesampingkan. Seduhlah dengan beragam cara dan jadilah ahli dari banyak metode. Jangan malas, jangan mau cepat puas.

Credit : ahouseinthehills.com
Credit : ahouseinthehills.com

Selalu Perhatikan Kebersihan

Kopi adalah minuman yang kelak masuk dan mendarah daging di tubuh manusia. Tak ada pecinta kopi yang mau menikmati kopi yang lahir dari barista yang tak awas soal kebersihan. Sebagai pemula kamu harus tahu begaimana bekerja dengan ritme yang tepat di belakang kopi bar. Meracik kopi, memanaskan susu, membersihkan segalanya sesaat kopi selesai diracik. Perhatikan kebersihan cangkir, kebersihan coffee tamper, milk jug, paper filter dan lain-lain secara detail. Percayalah barista yang bersih adalah pangkal kopi enak.

Credit by scaa.org
Credit by scaa.org

Bersenang-Senang dengan Tim Kerja

Kedai kopi itu semacam dunia kecil yang di dalamnya terdapat banyak sekali keseruan. Sebagai barista pemula kamu harus membiasakan diri untuk bersenang-senang sembari bekerja. Tak hanya melakukan keseruan dengan mengenal para pelanggan, kamu harus juga membiasakan diri bersenang-senang dengan sesama rekan kerja. Tim kerja yang kokoh adalah pangkal coffee shop yang sukses. Tak ada persaingan antar rekan kerja, yang ada hanyalah saling berbagi ilmu dan membantu satu sama lain. Jika tim kerjamu sudah asik, pastilah menjadi barista tak akan ada beban yang berarti.

Credit by nnimgt-a.akamaihd.net
Credit by nnimgt-a.akamaihd.net

Baca, Baca, Baca

Jangan kira ilmu meracik kopi tak berkembang seperti ilmu-ilmu lain yang ada di semesta. Oleh karena itu, kamu harus tetap update pengetahuan kopimu agar tak ketinggalan tentang rupa-rupa hal yang baru di industri kopi. Barista pemula yang notabene ilmunya belum banyak haruslah banyak membaca dan juga banyak bertanya.. Kopi berkembang dan kamu juga harus mengembangkan ilmumu agar berkembang pesat dan menjadi barista hebat.

 

Foto utama dari thecutthroatjournal.com

 

barista tools

 

 

 

 

 

 

4,368 total views, 10 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.