4 KEUNTUNGAN MEMBELI BIJI KOPI SENDIRI

Selain untuk dikonsumsi sendiri atau bersama, membeli sendiri biji kopi juga lebih banyak keuntungannya.

SETIAP orang pasti punya pengalaman pertama, entah cinta pertama, barang mahal yang dibeli dari kantong sendiri pertama, termasuk biji kopi pertama. Coba diingat-ingat, kapan pertama kali kamu membeli biji kopi sendiri? Varian kopi apa saja yang waktu itu dibeli? Berapa jumlahnya? Menghabiskan berapa rupiah? Pertanyaan-pertanyaan ini yang bisa menjawabnya, ya, kita masing-masing.

Yang jelas, membeli biji kopi dari sebuah roastery artinya membantu melariskan biji kopi dagangan si penjual. Tapi kamu sebagai pembeli, ternyata juga kecipratan untung – tentunya selain untuk minum sendiri. Apa-apa saja keuntungannya?

1. Lebih irit

Punya stok biji kopi sendiri juga berarti bisa menekan biaya ngopi (di kedai kopi). Dengan kata lain, ongkos yang mesti dikeluarkan lebih murah ketimbang ngopi di kedai-kedai. Kamu bisa giling, seduh, dan minum dari biji kopi yang kamu beli. Tapi dengan catatan kalo kamu punya alat-alatnya.

Kalau tidak punya, coba pakai cara ala saya saja. Kamu cukup datangi kedai kopi langganan, lalu minta baristanya menyeduh pakai biji kopimu sendiri. Cara ini sudah saya buktikan sendiri.

Pengiritan biaya ini bukan cuma asumsi. Saya pernah membeli 250 gram kopi Bom Buah dari Cianjur, Jawa Barat, seharga Rp 95 ribu. Dengan jumlah kopi sebanyak itu, saya bisa minum kopi setidaknya 25 kali – dengan asumsi tiap gelas berisi 10 gram dan dihargai sekitar Rp 3 ribuan. Ini jelas lebih murah ketimbang satu cangkir kopi spesialti pour over di kedai langganan saya di Salatiga dengan harga rata-rata Rp 15 ribu (di kota besar seperti Jakarta barangkali bisa lebih mahal). Apalagi, karena saya bawa biji kopi sendiri, harganya bisa turun menjadi Rp 8-10 ribu – cuma mengganti ongkos tenaga, air, dan penggunaan alat-alat seduh. Bahkan, kadang-kadang mereka kasih gratis!

Saya menggunakan cara ini kalau sedang mengalami keterbatasan alat, biaya, atau sedang malas bikin sendiri. Tapi jangan keterusan, ya. Nanti stok kopi mereka malah mubazir.

Membeli biji kopi sendiri juga bisa membuat lebih hemat.
Membeli biji kopi sendiri juga bisa membuat lebih hemat.

2. Bahan ngobrol sesama peminum kopi

Selain buat minum sendiri, kamu juga bisa berbagi biji kopi kepada siapa saja. Cara ini bisa membangun hubungan sesama penikmat kopi. Biasanya, kopi yang kamu bawa bisa membawa segudang bahan obrolan seputar kopi. Mulai dari biji kopi pembelianmu, hingga topik-topik lain.

Topik-topik obrolan yang biasanya muncul misalnya seperti “ini kopi apa?”, “belinya di mana?”, “dari daerah mana?”, dan pertanyaan-pertanyaan serupa. Ragam obrolan mengalir sejak kamu membawa biji kopi sendiri. Nikmati.

Kopi juga bisa dijadikan bahan obrolan.
Kopi juga bisa bahan sharing sesama pencinta kopi.

3. Promosi home roastery dan petani

Dengan membeli biji kopi, sebetulnya kamu sudah membantu mengangkat nama petani dan roastery yang bersangkutan. Kalo kopi yang kamu beli cocok dengan selera teman-temanmu, bukan tidak mungkin – di lain waktu – mereka akan mencari kopi itu langsung dari produsennya.

 

4. Eksperimen sendiri

Penjelajahan rasa kopi memang nggak ada habisnya. Barangkali orang dulu tidak pernah membayangkan ada cold brew marijuana, kopi mentega, kopi sirup lavender, namun nyatanya sekarang ada semua. Itu semua bermula dari eksperimen resep.

Kalau kamu punya biji kopi sendiri, alat komplit, waktu luang banyak, sempatkan buat eksperimen resep. Siapa tahu resepmu diminati banyak orang lalu jadi tren? Pun, kesempatan eksperimen ini bisa menambah pengalamanmu seputar kopi.

 

Lalu, sudahkah kamu punya stok biji kopi sendiri?


Penulis: Arya Adikristya, mahasiswa magang di Otten Magazine. Bisa minum kopi, bisa juga tidak minum kopi. Sapa ia melalui akun Twitter/Instagram @adikristya dan Facebook fb.me/AadikristyaN
Editor : Yulin Masdakaty
Foto utama diambil dari drivencoffeedotcom. Foto lainnya dari foodmatters(dot)com dan ameblo(dot)jp

 

cari-kopi

39 total views, 8 views today

Otten Coffee

Otten Coffee adalah coffee source terbesar dan penyedia alat-alat kopi terlengkap bagi para pencinta kopi Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.