4 NEGARA (YANG TERNYATA) PENGHASIL KOPI

Kopi tumbuh dengan misterius di tanah-tanah terpilih. Dan tak banyak yang tahu bahwa lima negara berikut ini ternyata juga menghasilkan kopi.

BICARA soal kopi maka nama negara seperti Indonesia, Brazil, Ethiophia, Viet Nam, Panama dan Kolombia langsung muncul di kepala kita. Tak heran, karena negara-negara ini diberkahi dengan tanah subur tempat tumbuhnya kopi. Negara-negara ini juga merupakan penghasil kopi terbesar dunia yang mampu memenuhi kebutuhan peminum kopi di seluruh dunia. Tapi, di samping para negera produsen ini, tahukah kamu ada beberapa negara yang ternyata juga menghasilkan kopi meski jumlahnya tak sebesar negara-negara yang disebutkan tadi. Mau tahu negara mana saja yang menghasilkan kopi secara tak diduga dan belum diketahui khalayak ramai? Berikut daftar negaranya.

Republik Demokratik Kongo

Kongo dan Rwanda hanya dipisahkan oleh perbatasan politik dan African Great Lake. Seperti diketahui bahwa Rwanda menghasilkan kopi di dataran lebih rendah di daerah Burundi yang menyebabkan Kongo juga berpotensi menghasilkan kopi dengan kualitas yang tak kalah baik. Kini, berkat bantuan Durham, seorang NC raoster dari Counter Culture Coffee, di Kongo didirikan sebuah coffee washing station pertama di Kongo. Ini akan membantu produksi kopi di Kongo yang tak kalah dengan negara-negara tetangganya. Jenis kopi yang telah dirilis diberi nama Tsheya. Nama ini diambil dari komunitas terbesar di mana kopi itu sendiri diproses. Yang menjadi penghalang berkembangnya produksi kopi di Kongo tentu saja kondisi politiknya. Semoga kopi asal Kongo ini bisa berkembang pesat dan memuaskan peminum kopi (paling tidak) di negara asalnya ya.

China

Semua hal bisa dibuat di China. Setidaknya begitulah pepatah yang menggambarkan betapa negara dengan penduduk paling banyak di dunia ini sunggu sangat ‘kreatif’. Banyak orang mengetahui bahwa China dan tehnya adalah dua hal yang tak terpisahkan. Teh di China adalah budaya dan ritual. Masyakatnya meminum teh sama seringnya dengan bernafas. Tapi tak banyak yang tahu bahwa negara ini juga menghasilkan kopi bahkan menjadi eksportir kopi dalam jumlah besar. Adalah Provinsi Yunnan, tempat kopi tumbuh dengan subur. Kopi-kopi yang dihasilkan di sini biasanya lebih banyak diekspor ke luar negeri. Salah satu perusahaan yang menggunakan kopi asal Yunnan ini adalah Nestle. Yep, meski tak kedengaran gaungnya, China ternyata memiliki kopi yang tak kalah dari negara-negara lain di dunia.

Uganda

Negara lain di Afrika Timur yang tak diketahui menghasilkan kopi berkualitas adalah Uganda. Uganda adalah salah satu negara penghasil kopi di dunia. Tetapi teknologi dan edukasi masyarakatnya menyebabkan negera ini sedikit lebih tertinggal dari negara tetangganya Rwanda dan Kenya. Kopi tumbuh di ketinggian 1.800 dan 2.200 meter yang dengan ajaib menghasilkan beberapa varietas yang berbeda. Sayangnya petani kopinya sendiri tidak tahu mengelola kopi mereka dengan maksimal. Hal ini juga menyebabkan harga kopi di Uganda dibandrol sangat rendah. Orang-orang yang terlibat di industri kopi Uganda tidak mengekplorasi kopi mereka secara maksimal. Padahal Uganda sendiri sangat berpotensi menjadi produsen kopi-kopi pilihan.

 

Yaman

Kopi dan Yaman sebenarnya memiliki sejarah di masa lalu. Kopi di Yaman di panggng masa lalu berjuang mempertahankan kredibilitas. Kopi di sini merupakan budaya sejak dulu tapi dihantam dengan para petani masa lalu yang mengganti tanaman kopi dengan tanaman qat atau khat karena dulu kopi harganya amat sangat rendah. Meski begitu kamu harus tahu bahwa bumi Yaman mampu menghasilkan kopi. Dan kini menanam kopi kembali sepertinya telah digiatkan lagi. Pemerintah mulai mendukung petani yang ingin kembali menanam kopi. Di Yaman kopi diolah secara alami dan tradisional. Pengolahan yang sungguh tak biasa di mata dunia kopi Dunia Barat. Kopi Yaman penuh dengan rasa rempah-rempah herbal karena di tanam di lahan yang lebih kering. Keunikan kopi Yaman juga karena ditanam di ketinggian lebih dari satu mil. Dan petani melihat ini sebagai potensi. Yaman, meski sedikit tertinggal, mampu bersaing menghasilkan kopi-kopi luar biasa.

drinks.seriouseats.com

2

309 total views, 6 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Saya pernah dengar negara tetangga kita PNG jg penghasil Kopi dengan kualitas n cita rasa yg baik, hanya saja harga Kopi disana dikuasai para tengkulak yg mematok $ 1 USD per kilo greenbean.

Leave a Reply

Your email address will not be published.