4 PEMANIS YANG LEBIH SEHAT UNTUK KOPIMU

Para pecinta kopi bilang ‘jangan ada gula di antara kita’. Tapi kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk menikmati kopi sesuai selera kita.

BANYAK pecinta kopi yang enggan mencampurkan gula pada kopinya. Padahal terkadang kita ingin menikmati kopi yang tak hanya pahit saja. Sebenarnya bukan kopi manisnya yang salah, tapi pengaruh gula yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberi efek buruk pada tubuh kita.

Jadi jika kamu ingin sekali menikmati kopi ‘yang manis’, ada beberapa alternatif ‘pemanis’ yang lebih sehat dari gula. Dan beberapa pemanis ini memberikan rasa yang tak hanya manis saja, namun keunikan lain yang membuat rasa kopimu terasa lebih sedap. Nah, apa saja pemanis yang lebih sehat dan bisa dicampurkan ke kopimu sebagai alternatif pengganti gula? Berikut jawabannya.

credit: sallyhershbergerfaceplace

Bubuk Cokelat

Ingat, bukan bubuk cokelat yang manis ya. Namun bubuk cokelat organik yang memiliki kandungan tinggi protein dan potassium. Selain mengandung banyak nutrisi, bubuk cokelat juga memberikan rasa nikmat pada kopimu. Daripada dicampur gula atau kental manis, mending dicampur bubuk cokelat yang lebih sehat, kan?

Sirup Mapel

Yakin sirup mapel lebih baik dari gula? Yakin. Karena menurut para ahli sirup mapel organik mengandung antioksidan yang jumlahnya hampir sama dengan buah beri-berian. Tapi ingat sirup mapel yang baik adalah sirup mapel natural dan bukan artifisial.

Madu

Sudah bukan rahasia lagi jika madu memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Rasa manis madu yang alami ini dinilai sangat baik dicampurkan dengan kopimu terutama di pagi hari. Rasa uniknya memberikan kekhasan yang lebih sedap pula. Seduh kopi seperti biasa dan campurkan beberapa sendok teh madu untuk kopi manis yang lebih sehat.

Credit by panels.com

Kayu Manis

Kayu manis sudah dikenal kama sebagai campuran kopi. Bahkan di Meksiko sendiri menu kopi dengan kayu manis menjadi secara turun temurun dan dikenal masyarakatnya sebagai Cafe de Olla. Kayu manis memberi rasa manis dan aroma yang unik pada kopimu. Dan hebatnya kayu manis mengandung banyak kebaikan salah satunya sebagai antiinflamasi yang baik untuk kamu.

 

Foto utama dari pixabay.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.