4 RAHASIA MEMBUAT KOPI LEBIH MANIS TANPA GULA

Banyak yang orang yang tak mau mengonsumsi kopi karena takut akan pahitnya namun enggan menambakan gula karena beragam alasan. Lalu adakah cara yang membuat rasa kopi lebih manis meski tanpa gula?

KOPI dan pahit adalah sepasang kekasih yang tak mungkin dipisahkan. Jika kamu berharap bahwa sisi pahit kopi dapat dihilangkan dengan begitu saja, maka sungguh salah kaprah. Meski sisi pahit pada kopi tak dapat dihilangkan, namun kopi bisa disiasati dan ditimbulkan rasa manisnya meski tanpa gula. Gula bukan satu-satunya elemen yang membuat secangkir kopimu lebih manis. Ada beberapa alternative lain yang membuat cita rasa pahit kopi sedikit tersamar. Apa saja rahasianya? Berikut jawabannya.

Credit by healthforeach.com
Credit by healthforeach.com

Pilihan Biji dan Profile Roasting-nya

Jika kamu tak dapat menikmati kopi, maka yang kamu rasakan hanya pahitnya saja. Oleh karena itu, nikmatilah beragam jenis kopi dari berbagai single origin yang ada. Kopi memiliki karakteristik dan notes yang berbeda-beda. Kopi-kopi tertentu memiliki ‘rasa manis’ bawaan yang bisanya dikenal dengan ‘catatan rasa’. Kopi-kopi tertentu tak melulu pahit dan earthy. Ada juga yang memiliki karakter sweetness, fruity, herbal, flowery dan lain-lain sebagainya. Jika kamu tak mau kopi yang pahit pilihlah kopi-kopi yang after taste-nya menyebutkan catatan yang tadi disebutkan. Selain itu, sebelum memilih kopi yang ingin dikonsumsi, sila baca atau Tanya roast profile-nya. Pilihlah yang di level light atau at least light to medium. Jika sudah berada di level dark atau Italian roast, bisa dipastikan kopi tersebut pahit sekali. Selain itu, suhu air yang tinggi dan level gilingan yang fine juga bisa memengaruhi rasa pahit kopi.

Credit by wallpaper web.org
Credit by wallpaperweb.org

Madu

Madu sering menjadi alternatif peminum kopi sebagai campuran untuk menyamarkan rasa pahit pada kopi. Kopi hitam semacam long black dan Americano yang biasa kamu konsumsi dengan gula, kini bisa digantikan dengan madu. Bagaimana dengan rasanya? Rasanya nikmat tak terkira. Rasa manis madu yang khas melebur sempurna pada pahit kopi hangat. Saya sendiri belum pernah menikmati kopi dicampur madu di Indonesia. Tapi pernah menikmati kopi dengan madu ini di Utara Thailand seperti di Kota Chiang Mai dan Chiang Rai. Di sini peminum kopi sepertinya terbiasa menyampurkan madu pada kopi mereka. Baik kopi seduh dingin maupun kopi seduh hangatnya. Yuk dicoba!

Credit by panels.com
Credit by panels.com

Susu

Sudah bukan rahasia lagi kalau susu adalah teman setia kopi dalam satu tegukan. Menu-menu espresso base banyak melibatkan susu sebagai campuran kopi. Memang benar, susu yang dipanaskan memberikan rasa manis pada pahitnya kopi. Itu kenapa pada secangkir cappuccino, café latte, flat white dan piccolo latte sebenarnya tidak disarankan lagi ditambakan dengan gula karena sesungguhnya kandungan susu di sana sudah memberi rasa manis.

Credit by wallpaper.com
Credit by wallpaper.com

Kayu Manis dan Bubuk Cokelat

Selain dijadikan taburan di atas cappuccino dan café latte, bubuk kayu manis dan bubuk cokelat juga bisa dijadikan campuran kopi yang menambah rasa manis. Selain rasa manis, kayu manis juga memberikan aroma khas yang membuat kenikmatan pada kopi semakin meningkat. Bubuk cokelat apa lagi. Rasa manisnya melebur sempurna pada pahit kopi. Masukkan bubuk kayu manis atau bubuk cokelat secukupnya lalu aduk dengan merata. Kopi pahitmu kini hanya tinggal nama. Oh iya, kamu juga bisa memilih alternatif seperti creamer, whip cream, sirup hazelnut, sirup mocha dan sirup-sirup campuran lainnya sesuai selera.

cari-kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

27 Comments
  1. kirain trik bikin kopi lebih manis tanpa gula & pemanis lainnya, ternyata cuma click-bait doang.. -_-‘
    kirain trik menggeser tasty note kopi-kopi berkarakter spicy jadi sweet ato gimana, ternyata cuma alternatif lain utk meredam karakter kopi sbg buah doang.. -_-‘

    kalimat “alternatif seperti creamer, whip cream, sirup hazelnut, sirup mocha dan sirup-sirup campuran lainnya sesuai selera.” jelas membuktikan penulisnya cuma suka minuman-manis-yg-ada-sedikit-rasa-kopinya..

    1. Sebuah komen yang sangat ‘manis’ sekali ya. Saya sudah pernah menulis artikel mengurangi rasa pahit terhadap kopi tanpa embel-embel pemanis lainnya. Dan jika masnya mengira saya suka minum kopi yang manis-manis saja sebaiknya kita memang harus ngopi bareng. Biar segala tuduhan yang tak mendasar ini segera luruh diseduh kopi. Thanks anyway. 😀

  2. Hello Coffee Lover,
    Cukup mengejutkan yah, hanya karena tulisan diatas kita para pecinta kopi bisa terpancing emosi kita.

    Salut buat Prajuritkecil99 atas tanggapan tulusan Mustika dengan santai namun menyejukan.

    Buat Mustika,
    Dengan anda konsisten terus menulus tentang kopi, bagi saya menunjukan bahwa kecintaan dan pengetahuan anda terhadap kopi jauh lebih dalam dibandingkan kita kita yang hanya bisa menikmati kopi.

    Salam

  3. Mestinya lebih dikhususkan ke pengganti gula putih. Menurut saya pemanis paling “mengena” untuk kopi adalah gula enau (aren). Karakter kopi menyatu dengan gula aren yg masih penuh dengan “inpurity”-nya.
    Btw,… anda menyebutkan salah satu alternatif adalah madu??? saya pernah “bereksperimen” dgn barang satu ini,… dan seperti madu memang hanya cocok sebagai alternatif gula untuk teh, maaf mungkin ini hanya selera saya. Untuk susu, bubuk kakao dan kayu manis saya setuju.

    1. Hai mas. Terima kasih komentarnya. Selera tiap penikmat kopi berbeda. Mungkin mas kurang cocok dengan madu tapi orang-orang di Thailand Utara menikmati kopi mereka dengan ini. Pun beberapa teman di Medan juga mengaku lebih cocok dengan madu ketimbang gula putih. 😀

      1. Selalu mengikuti tulisan mba Mustika. Bagi saya pribadi sangat bermanfaat sekali. Dan sering saya copas share di grup fb saya ( tentu nya menyertakan link web otten coffee ) terima kasih untuk share pengalaman dan ilmu nya mba.

  4. sudah lama punya colddrip nya bruer dari otten, selalu pake skm biar dapet rasa “manis” tapi nga sreg di lidah. setelah baca artikel ini baru coba dengan bubuk kayumanis, creamer cair n bubuk coklat (salah satu dicoba bervariasi) n hasilnya oke banget sekarang. trims banget mba Mustika atas sharringnya

  5. Gw siy sukanya aga pahit tanpa ada rasa lain, kalo pengen manis nambahin gula dikiiit banget. Masiy blom brani eksperimen dengan kopi tubruk. Soalnya dapet kiriman udah di grind itu juga alus banget jadinya mesti pake v60. Mudah2an kiriman selanjutnya aga kasar

  6. boleh nimbrung Mbak Mustika? Saya pernah coba seduh kopi pakai air tebu yang dipanaskan/ didihkan. It was not bad at all and I’m sure it is LESS CALORIE.

  7. Pernah dalam suatu perjalanan sy di daerah pelosok sumatera selatan, saya disuguhi kopi dicampur durian.
    Mbak Mustika sbg penulis pernahkah menulis artikel ttg kopi yg dicampur durian atau campuran2 lain yg blm pernah atau jarang didengar oleh para penikmat kopi?

  8. Pengalaman kemarin minum kopi lagi setelah bertahun-tahun ga minum karena lambung ga cocok dan berasa pengen pingsan, setelah setengah dipaksa minum kopi asli (bukan sachet) oleh teman ternyata aman dan beda rasanya, sayangnya berasa pahit banget karena ga pakai gula (karena takut berpengaruh ke lambung), mau pakai madu juga sayang krn madu kalau kena seduhan air panas hilanglah setengah lebih nutrisinya. ada saran supaya sy bisa menikmati secangkir kopi manis 🙂

  9. Saya peminum kopi pemula, mohon maaf kl salah, saya setuju kl kopi jgn dicampur dengan sirup2 apapun krn ternyata rasa kopi menjadi berubah, saya lebih setuju kl pahitnya kopi bisa ” diakalin” dengan suhu air dan halusnya ukuran bubuk kopinya, percobaan bbrp kali cold brew coffee bs menjadi pilihan agar kopi tdk terlalu pahit apalagi kl kita sedu kopi tsb dengan ukuran yg cip kasar , apakah pendapat saya benar, mohon masukan dr teman 2 kopi lover

  10. saya penggemar kopi non gula, suka kopi murni tanpa pemanis gula… Pemanis saya gunakan buah2 an.
    Bahkan durian saya dapatkan pengalaman ketika di Port Klang – MY. Dan di daratan selatan Thailand. Kopi Durian (racikan biji kopi aseli dan buah durian), sangat nikmat.

    Kopi dg kombinasi buah kurma. Nikmat juga.

    Kopi racikan khas Arab, saya dpt kan lsg dg para penjaga malam di sekitar Mekah. Racikan Kopi murni, bubuk kapulaga, bubuk kayu manis dan bubuk vanila, cukup manis. pahit nya tetap dapat, rasa manis samar masih bisa kita nikmati.

    Bravo Coffee Lover

Leave a Reply

Your email address will not be published.