4 TIPS MEMILIH SINGLE ORIGIN SESUAI SELERAMU

Kopi itu seperti manusia, banyak ragam, banyak rupa. Ada ratusan single origin yang tersebar di seluruh dunia. Sayangnya, tidak semua mampu merebut hati kita.

MENEMUKAN kopi yang sesuai dengan selera kita seperti menemukan pasangan. Jika tak tepat, takkan menghasilkan nikmat. Karena kopi ini perkara selera, maka selera saya dengan selera kamu tentu berbeda. Kopi yang menurut saya enak sekali, mungkin menurut kamu justru kebalikannya. Berdasarkan pengalaman saya dan beberapa rekan barista, kami menyimpulkan 3 tips sederhana dalam menemukan single origin yang sesuai selera kamu.

Lihat dari Proses Kopinya

Jika kamu menyukai kopi yang clean dan bright maka single origin yang tepat buatmu adalah yang washed process atau paling tidak semi-washed. Sedangkan jika kamu menyukai tipe cita rasa single origin yang bold fruit atau terkadang wine, mungkin pilihan bisa jatuh kepada natural process. Proses kopi sangat memengaruhi rasanya. Dan dengan mengetahui proses kopi sebelum membeli kamu mungkin bisa menemukan di mana selera kopimu berada.

Altitude atau Ketinggian Kopi Ditanam

Seperti diketahui setiap single origin biasanya menyertakan ‘ketinggian’ di mana kopi itu ditanam. Sebelum membeli coba perhatikan atau paling tidak tanya dengan penjualnya setinggi apa kopi tersebut ditanam. Semakin tinggi perkebunan kopi tersebut maka notes yang dihasilkan akan semakin ‘manis’. Semakin tinggi kebunnya, semakin tinggi sweetness dan better acid-nya. Jika kamu menyukai sweetness pada kopimu, sila pilih single origin yang ditanam di ketinggian tertentu.

Foto dari osu.edu

Beda Daerah, Beda Rasa

Single origin setiap daerah sudah pasti berbeda-beda notes-nya. Sangat diperlukan untuk membaca tasting notes di setiap kemasan kopi yang hendak kamu beli. Semisal biji kopi Afrika umumnya memiliki cupping notes fruity dan complex. Jika kamu menyukai rasa yang seperti itu, mungkin ‘jodohmu’ memang benar-benar kopi dari Benua Hitam.

Level Sangrai

Sudah bukan rahasia lagi jika level sangrai memengaruhi rasa kopi. Suka yang bold and bitter? Pilihlah single origin yang disangrai pada level medium to dark or dark and beyond. Suka yang light? Pilihlah light roast atau paling tidak light to medium roast. Semuanya berdasarkan selera saja. Karena dalam kopi semua sah-sah saja.

8,465 total views, 6 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.