4 TIPS MENEMUKAN KEDAI KOPI SAAT LIBURAN

Kemana pun kaki berjalan, pasti ujung-ujungnya yang kamu cari adalah kedai kopi juga.

HAL ini sama seperti yang terjadi pada saya dan teman-teman seperkopian lainnya. Saat melakukan perjalanan ke luar kota, luar negeri atau tempat baru lainnya, kami selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi kedai kopi di kota atau desa tersebut. Selain ingin merasakan suasana baru di tempat baru, kedai kopi biasanya mewakili sedikit banyak budaya dan kebiasaan minum kopi masyarakatnya. Itu kenapa ritual ngopi ini sayang sekali rasanya jika dilewatkan begitu saja.

Tapi sayangnya menemukan kedai kopi di tempat baru juga susah-susah gampang. Apalagi kedai kopi spesialti yang memang beneran nikmat rasa kopinya. Berdasarkan pengalaman, saya mau berbagi sedikit tips bagaimana menemukan kedai kopi yang (mudah-mudahan) tak mengecewakan.

Media Sosial

Sudah pasti media sosial adalah ranah jitu mencari kedai kopi. Saya biasanya mengandalkan Instagram atau bertanya di Twitter. Di Instagram biasanya saya mencari dengan tagar kedai kopi dan kota yang dituju. Misalnya #kedaikopijogja, #coffeeshopjogja, #ngopidijogja, #kopijogja. Bisa juga langsung search di kolom pencarian dengan kata kunci seperti yang di tagar tadi. Cara ini cukup ampuh karena kita bisa menemukan kedai kopi sepaket dengan foto-foto yang diunggah pengunjung. Jadi tak hanya menemukan akun kedai kopinya, tapi juga foto orang lain yang mampir ke sana. It works most of the time!

Blogwalking

Ini penting. Review orang-orang mengenai kedai kopi di mana saja bisa dijadikan patokan sebelum main ke kedai kopi. Coba cari blog kuliner atau blog kopi yang sering mengupas tuntas kedai kopi. Di sini kamu biasanya bisa menemukan informasi dengan lebih jelas dan lengkap. Ya namanya juga review pasti lebih lengkap daripada postingan di Instagram. Kamu bisa cari tahu mulai dari lokasi, tempat, harga, rasa hingga tetek bengek lainnya yang bisa kamu jadikan bekal sebelum main ke kedai kopi di tempat baru.

 

Photo credit by entrepreneur.com

Trip Advisor

Bagaimana pun situs perjalanan yang satu ini pernah membantu saya menemukan kedai kopi khususnya di daerah-daerah seperti Myanmar dan lain-lain. Karena situsnya internasional biasanya saya menggunakan ini saat mengunjungi luar negeri. Plus biasanya para wisatawan mancanegara mengulas dengan jujur.

Majalah Online

Tentu yang ini pasti tidak pernah kamu lewatkan. Salah satu majalan online seperti Majalah Otten mengulas beragam kedai kopi yang membantu kamu menemukan kenikmatan di tempat-tempat baru nan menyenangkan.

 

366 total views, 10 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.